by

Beli Motor atau Rumah Dulu? Pertimbangkan Hal Ini

Moladin – Keadaan finansial yang cukup mapan di usia muda jadi salah satu kebanggaan, apalagi bisa sampai membeli barang mewah seperti beli motor atau rumah untuk menunjang kehidupan berumah tangga.

Rumah adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Mengingat harganya tidak murah, menjadikan seseorang harus berpikir lebih untuk membeli. Sementara itu, kendaraan seperti motor memang bukan kebutuhan utama, tetapi kehadirannya sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari. Nah, beli motor atau rumah dulu? Simaklah pertimbangan berikut.

 

Sekarang Lebih Membutuhkan Motor atau Rumah?

Dealer Motor HondaPenting mana? Membeli motor atau rumah?

Dalam membeli sesuatu, pastikan apakah itu sekadar keinginan atau memang dibutuhkan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan terbaik agar uang yang dikeluarkan sepadan dengan daya guna atau memenuhi kebutuhan utama saat itu.

Jika Anda masih tinggal bersama orang tua, rumah bukanlah kebutuhan yang mendesak saat itu. Sebaliknya, kendaraan seperti motor dapat menunjang kegiatanmu sehari-hari atau sebagai sarana transportasi dalam mengantarkan orang tua.

Pertimbangan di atas tidak bersifat mutlak. Bagi Anda yang ingin hidup mandiri, membeli rumah bisa menjadi keputusan tepat. Namun, memiliki kendaraan pun tidak kalah penting. Sebagai jalan tengah, sewalah kos atau kontrakan, lalu maksimalkan kendaraan Anda untuk mendapatkan pemasukan tambahan seperti menjadi pengemudi ojek online.

Dengan membeli rumah secara kontan di waktu yang tepat, misalkan, ketika sudah naik jabatan, akan lebih Anda butuhkan, daripada membelinya dengan tergesa-gesa atau tanpa perencanaan matang.

Baca juga  Ini Efek Motor Kekurangan Oli, Jangan Sampai Diabaikan!

 

Honda PCX 150 All New 14950 89270 large
Honda PCX 150 All New

*Angsuran mulai dari

 

Menghitung Cash Flow dan Gaji Tiap Bulan

Sebelum membelanjakan gaji yang Anda dapatkan, hitunglah terlebih dahulu pengeluarannya meliputi apa saja. Jika belum menutupi untuk membayar cicilan rumah atau motor, sebaiknya urungkan terlebih dahulu niat tersebut.

Namun, jika Anda terpaksa harus memilih salah satu, sebaiknya gaji tersebut untuk mencicil motor. Pengeluaran untuk transportasi sehari-hari meski tidak terlalu besar, tetapi saat dikalkulasikan lumayan untuk mengisi tabungan.

 

Tentang Besaran Cicilan

Bagan Kredit Motor VarioBesaran cicilan motor juga harus diperhitungkan

Jika membandingkan besaran cicilan antara rumah dan motor, cicilan rumah memerlukan jangka waktu yang panjang dan mengalami kenaikan setiap bulan. Berbeda dengan motor, meski Anda memilih uang muka yang paling rendah, lama cicilan tidak sepanjang rumah. Kalau suatu saat motor mengalami kerusakan, biayanya pun tidak akan terlalu banyak mengurangi simpanan Anda.

 

Kapan Rencana Menikah?

Mempertimbangkan poin ini dapat sangat membantu Anda untuk memutuskan membeli rumah atau motor terlebih dahulu. Jika belum akan menikah dalam waktu dekat, membeli motor sangat disarankan. Sementara rencana pernikahan setidaknya tiga sampai empat tahun lagi, memprioritaskan rumah adalah keputusan tepat.

Agar semua kebutuhan dapat berjalan bersama, memilih rumah dengan harga rendah adalah jalan alternatif untuk saat ini sembari mengumpulkan dana lebih.

Baca juga  Tarikan Bertenaga, Supra X 125 Fi Enak Buat Ngebut

 

Mencari Jalan Alternatif

Pernahkan Anda mendengar tentang rumah bersubsidi? Pengadaan ini sudah ada di berbagai kota di Indonesia, jadi Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Rumah bersubsidi dibanderol dengan harga 100 juta dengan luas tanah 60 meter dan luas bangunan 30 meter. Dalam program ini, Anda bisa mencicil rumah selama 20 tahun, karena cicilan per bulan hanya berkisar 700 ribu sampai satu juta.

Dengan begitu, gaji yang Anda dapatkan bisa dibagi untuk dua kebutuhan yaitu mencicil rumah dan motor, karena sama-sama tidak memberatkan.

 

Mana Investasi yang Lebih Menguntungkan?

Baik motor dan rumah dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Namun, dengan membeli motor, pengeluaran dapat kembali sedikit demi sedikit dengan memanfaatkanya lebih selain sebagai sarana transportasi sehari-hari.

 

Tips Kredit Motor

Dealer HondaBandingkan antara dealer yang satu dengan yang lain

Dari ulasan di atas, membeli motor memang lebih diutamakan untuk kebutuhan sekarang. Agar berimbang dengan kebutuhan lain, mengambil kredit motor bisa menjadi pilihan tepat untuk membagi pengeluaran. Adapun tips kredit motor sebagai berikut:

1. Menghitung Nilai Cicilan

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit motor, hitunglah besaran cicilan dibanding gaji yang didapat. Idealnya, jangan sampai 30% dari total gaji.

2. Melakukan Survei dan Perbandingan

Anda mungkin dapat menemukan dealer dengan mudah, tetapi jangan terburu-buru mengambil keputusan. Datangilah beberapa dealer untuk menemukan penawaran yang paling menarik.

Baca juga  Apa Sih Perbedaan BPKB Lama dan BPKB Baru?

3. Menemukan Leasing Terbaik

Biasanya, pihak dealer akan merekomendasikan leasing untuk Anda. Namun, penawaran ini pun tidak harus Anda ambil. Carilah informasi juga sebanyak mungkin untuk mendapatkan yang terbaik dan sesuai kebutuhan Anda.

 

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

 

4. Memilih Penawaran Leasing Terbaik

Setidaknya, ada dua hal yang menjadi pertimbangan Anda dalam memilih leasing terbaik yaitu besaran bunga kredit dan fasilitas pembayaran yang ditawarkan. Pastikan semuanya tidak akan memberatkan Anda.

5. Pastikan Motor Mendapat Asuransi

Ketika motor sudah di tangan Anda, berarti risikonya pun akan menyertainya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan apakah kredit motor tersebut sudah meliputi asuransi. Setelah itu, tanyakan perihal pengambilan BPKB setelah proses cicilan selesai.

Rumah memang kebutuhan utama, tetapi kebutuhan akan transportasi sangat dibutuhkan untuk saat ini. Agar berjalan seimbang, ikutilah program rumah bersubsidi dan ambillah kredit motor di tempat terpercaya seperti Moladin. Selain itu, prosesnya pun cepat dan mudah. Anda bahkan bisa melakukannya dengan menggunakan ponsel. Selamat mencoba!

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru