Yamaha RZR 94 Sang Jawara, Bukan Restorasi Kaleng-Kaleng

Moladin – Motor jadul (jaman dulu) emang udah ketinggalan zaman, tapi siapa sangka kalau Yamaha RZR keluaran 1994 rajin jadi jawara kontes modifikasi.

Kayak motor milik Bro Ridwan Gumilar ini, motor yang memang jarang kesentuh buat dipakai harian, oleh sang owner disulap jadi motor kontes. Hasil restorasinya, bukan kaleng-kaleng.

Motor ini sukses mencuri perhatian, Ridwan gak asal merestorasi tapi juga memberkan warna baru pada ubahan motornya. Modifikasi ala Mothai jadi keinginannya.

Kali ini Bro Ridwan menggandeng Pakde Riyanto dari bengkel Auto 55K di Cicaheum, Bandung, Jawa Barat. Yamaha RZR benar-benar beda banget, berhasil menyabet banyak juara pada beberapa event kontes modifikasi Mothai diseputaran Bandung.

 

Kawasaki Versys-X 250

*Angsuran mulai dari

 

Restorasi Total, Airbrush Motif Livery Ala RZR

Untuk menunjukkan restorasi RZR bukan kaleng-kaleng, keseluruhan barang yang digunakan dikumpulkan secara bertahap. Semua part di dapat langsung hasil dari hunting di dunia maya, maupun tanya sana-sini untuk dapatkan part orinya.

“Pada bagian bodi tangki dan fairing pastinya dikembalikan seperti tampilan awal. Hanya saja ditambah ornament ala Mothai supaya pas dengan tema modifikasi yang kental aroma motor Thailand,” ujar Ridwan Gumilar yang juga menyediakan part Yamaha RZR untuk dijual.

Restorasi kental di sektor segitigaRestorasi kental di sektor segitiga | Foto: Contributor Moladin

Kemudian seluruh bagian part motor di cat dengan teknik airbrush terutama di area fairing, tangki dan bodi. Adapun pilihan cat-nya adalah warna biru dengan ditambah motif airbrush livery ala RZR.

“Pengecatan lihat referensi motor standar pabrik meskipun diubah warnanya. Lalu untuk livery-nya saya nggak mau main sticker, jadi langsung saja di-airbrush pada seluruh bagian motor. Adapun motifnya menyerupai tampilan asli pabrikan, tapi dengan sentuhan sedikit berbeda supaya manis dilihatnya,” jelas bapak anak satu ini.

 

Suzuki Satria F150 All New

*DP mulai dari

 

Ban Cungkring dan Aksesoris Kinclong Khas Mothai

Karena restorasi ini bergaya Mothai, nuansa Thailand tetap ditonjolkan. Bisa dilihat pada bagian kaki-kaki, sokbreker original Yamaha RZR adopsi pelek cungkring ukuran 1.40-17 depan dan 1.40-17 belakang. Pelek tersebut dipadukan ban ukuran 50/90 depan dan 60/80 belakang.

Ala Mothai berasa di kaki-kaki cungkring dan kromAla Mothai berasa di kaki-kaki cungkring dan krom | Foto: Contributor Moladin

“Begitupun disk brake. Tampilannya bergaya Mothai dengan pernak-pernik unik yang terpasang mulai dari kepala babi (kaliper) Brembo 4 piston, disk brake Nissin, dengan paduan tromol depan milik Yamaha Champ dengan sedikit sentuhan krom agar selalu tampak resik,” bangga Ridwan yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat.

Jok papas juga khas MothaiJok papas juga khas Mothai | Foto: Contributor Moladin

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *