Yamaha XMAX Pak Polisi, Modifikasi Matic Dinamis dan Stylish

Moladin – Aiptu Gunawan yang seorang Polisi asal Cirebon ternyata hobi dan punya selera tinggi soal modifikasi, gak heran kalau beliau memodifikasi tunggangan kesayangannya Yamaha XMAX dengan gaya yang yang gak biasa.

Yamaha XMAX yang jadi alat transportasinya dari rumah ke Kantor Samsat di kawasan Ciledug, wilayah timur Kabupaten Cirebon tampil ngejreng berkat adanya kelir ‘Kuning Ngejreng’.

Nah, mau tahu kan ubahan apa saja yang jadi dilakukan Bpk. Polisi yang satu ini? Nih simak ulasan detail modifikasinya.

 

Yamaha Xmax 250

*DP mulai dari

 

Modifikasi Karya Sendiri

Setiap hari Aiptu Gunawan touring menggunakan motor ini. Karena rata-rata jarak tempuhnya bisa capai 80 km, dalam perjalanan pergi pulang alias PP.

Makanya wujud asli Yamaha XMAX yang sejatinya sudah berperawakan besar dan kokoh, pun dimodifikasi agar lebih maksimal guna mendukung beragam aktivitasnya.

Tak ayal Aiptu Gunawan coba untuk sedikit merubah tampang Yamaha XMAX agar tampak beda dan bikin pede saat riding. “Untuk bentuknya saya kepengen lebih condong pada Matic yang dinamis dan berpadu pada konsep stylish,” ujar bapak yang mengerjakan modifikasinya itu sendiri.

Asyiknya lagi, modifikasi ini dikerjakan sendiri ditengah waktu luang dalam kesibukan beliau. Saat dapat waktu senggang seperti lepas pulang kantor atau pas libur kerja, modifikasi dilakukan yang sebagian besarnya hanya beli parts bolt-on alias tinggal pasang.

“Tapi ada juga beberapa part yang harus diakali dengan bantuan tukang bubut. Seperti pasang double cakram untuk buat dudukan piringan juga dudukan kaliper di tabung sokbreker satunya,” ujar Aiptu Gunawan yang tugas di Baur STNK Samsat Ciledug, Polres Cirebon.

Double Cakram XmaxDipasang double cakram | Foto: Contributor Moladin

 

Acuan Modifikasi, Touring Nan Elegan

Acuan modifikasi Aiptu Gunawan mengarah pada konsep Matic touring. Motornya tidak mengalami banyak ubah bentuk, tapi hanya utamakan pasang piranti detail variasi pendukung sesuai tema modifnya tersebut.

Makanya beberapa part aksesoris pasang di bagian utama matic, diantaranya tebeng penahan angin alias windshield produk dari Geba Part Bandung yang modelnya lebih tinggi juga lebar.

Pada sektor bodi lain seperti cover spidometer, dek tengah, penutup bagian boks CVT di custom serat carbon. “Biar komposisinya ideal, saya juga pasang part temperatur suhu mesin, baut kecil dan peranti kecil lainnya yang ikut mendongkrak tampilan,” imbuhnya.

Part variasi ala racingPart variasi ala racing tetap dibutuhkan | Foto: Contributor Moladin

Supaya terlihat nyaman nan elegan, model jok juga disesuaikan. Alas bokong tersebut menggunakan model jok dari miliknya Yamaha XMAX 400 keluaran Eropa. Meski sekilas mirip, namun kelenturan kulit pembungkus jok dan juga bagian alas busa dirasa lebih sintetis dan empuk.

Jok Yamaha XmaxModel jok Yamaha XMAX 400 khas Eropa | Foto: Contributor Moladin

Sehingga kesan nyaman pun didapat ketika riding jauh sekalipun. Juga tidak membuat panas saat lama berada di atas motor.

 

Yamaha Lexi

*DP mulai dari

 

Warna Ngejreng Dipadu Sokbreker Premium

Biar Nampak kontras dan selaras dengan warna dari rompi dinas Polisi. Cover bodi diberi efek tambahan berupa kelir kuning ngejreng pada dasar warna bodi kelir hitam dan motif karbon. Lapisan warna kuning tersebut memang bukan dari cairan cat, namun sticker khusus yang di-wrapping disebagian bodi XMAX.

Warna ngejreng yang ditampilkan XMAX, makin oke disandingkan komponen premium. Bisa lihat di area roda belakang, big matic ini pakai sokbreker model tabung merek Ohlins.

Sokbreaker ohlinsPeredam kejut Ohlins | Foto: Contributor Moladin

“Yang penting bisa bikin kokoh daya beban motor yang besar, serta kuat dalam menopang berat saat dikendarai,” tutur Gunawan yang doyan touring jarak dekat maupun jauh dengan sesama anggota Satlantas Polres Cirebon ini.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *