Toyota Hilux Single Cabin Jadi Mini Manhauler, Tugas-tugas Yang Bakal Dibantu Toyota Hilux Rangga

by Ivan
Toyota Hilux Single Cabin jadi mini manhauler

Perusahaan karoseri asal Bogor, Delima Jaya merilis sebuah modifikasi Toyota Hilux Single Cabin yang dirombak secara khusus menjadi mini manhauler.

Manhauler sendiri merupakan kendaraan yang direkayasa untuk mengangkut sejumlah karyawan di area pertambangan. Umumnya memakai basis light truk, sehingga terobosan yang dibikin Delima Jaya pada Toyota Hilux Single Cabin menjadi satu hal yang unik.

“Pengerjaan Toyota Hilux Single Cabin mini manhauler ini kami garap 30 hari kerja dengan spesifikasi teknis jumlah tempat duduk bisa menampung kapasitas 12 orang penumpang. Model kursinya sederhana namun kami bikin ergonomis dengan konfigurasi saling berhadapan,” terang Winston Wiyanta, Direktur Delima Jaya Group.

Ubahan bagian belakang Toyota Hilux mini manhauler

Ubahan bagian belakang Toyota Hilux mini manhauler

Demi keamanan saat melaju di medan tambang, Toyota Hilux Single Cabin tersebut turut dimodifikasi menyeluruh utamanya di bagian belakang. “Kami juga menambahkan Hilux ini dengan roll over bar – super structure sebagai perlindungan ketika mobil terguling, single rear door easy access, bodyworks full galvanneal dengan anti karat, fire extinguisher 2 kg powder ABC, body insulation dan PU body paint – oven system,” urai Winston.

Baca juga  Toyota Hilux Facelift Mengaspal, Apa Saja yang Berubah?

Beberapa kelengkapan lain mencakup AC double blower Denso, kaca film tempered, hingga lampu kabin LED. “Bagi konsumen yang berminat, pengerjaan mini manhauler ini berkisar Rp 95-125 juta dengan garansi 1 tahun untuk craftsmanship karoseri,” tambah Winston.

Kabin Hilux mini manhauler didesain model kursi berhadapan untuk 12 penumpang

Kabin Hilux mini manhauler didesain model kursi berhadapan untuk 12 penumpang

Secara keseluruhan penampilan luar Toyota Hilux mini manhauler ini terlihat sederhana dengan nuansa putih membalut sekujur bodi. Bahkan komposisi rodanya pun tetap biasa pakai pelek kaleng (besi) warna silver berukuran 17 inci dibungkus ban 225/70 R17.

Toyota Hilux Single Cabin dipilih sebagai basis mini manhauler lantaran sasis yang kokoh dan siap terjun bahkan di kondisi jalan yang berat. Website resmi Toyota Indonesia sendiri masih memajang line-up Hilux Single Cab dalam 3 varian.

Ada Hilux Single Cabin bensin 2.0 M/T (Rp 281,9 juta). Dan dua varian Hilux Single Cabin diesel yakni 2.4 DSL M/T (Rp 302,6 juta) dan 2.4 DSL 4×4 M/T (Rp 405,5 juta). Meski begitu pilihan kendaraan komersial Toyota bakal semarak karena di website Toyota Indonesia banner Toyota Hilux Rangga yang sudah resmi muncul sehingga tugas-tugas Hilux Single Cabin akan banyak dibantu oleh Toyota Hilux Rangga ke depannya.

Baca juga  Harga Toyota HiAce Commuter Tahun 2024 Mobil Spesialis Travel Makin Atraktif

Spesifikasi Toyota Hilux Single Cabin

Toyota Hilux Single Cabin hadir dalam 3 varian

Toyota Hilux Single Cabin hadir dalam 3 varian

Dari tiga varian Hilux Single Cabin, yaitu 2.0 Gasoline 4×2 M/T, 2.4 Diesel 4×2 M/T, dan 2.4 Diesel 4×4 M/T perbedaan menonjol ada di sisi kekuatan mesin.

Untuk Toyota New Hilux S Cab berbahan bakar bensin memiliki tipe mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga maksimum sebesar 139 PS pada putaran 5.600 rpm.

Berbeda dengan diesel yang menggunakan tipe mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc serta memiliki tenaga maksimum 149,6 PS mulai putaran 3.400 rpm.

Secara keseluruhan, bodi Toyota Hilux Single Cabin sangatlah sederhana. Hal ini lantaran Toyota ingin mempertahankan desain minimalis dan condong mengutamakan aspek fungsionalitas karena paling diperlukan adalah performa untuk kebutuhan niaga. Terlihat dari ukuran dek belakang yang terhitung luas. Dengan komposisi panjang 2.350 mm x lebar 1.575 mm x tinggi 480 mm.

Sementara untuk interiornya juga tergolong luas meski desain dasbor simpel didominasi warna hitam dengan beberapa kelengkapan baru. Sebut saja tombol AC dan pengaturan ketinggian setir agar pengemudi bisa merasa nyaman selama mengendarai mobil ini plus tersebarnya beberapa ruang penyimpanan. Sementara untuk fitur keselamatan tersedia airbag di berbagai sisi, rem ABS dan EBD, dan Immobilizer untuk memberikan keamanan maksimal.

Baca juga  Harga Toyota Hilux Box 2023, Mobil Pendingin Kapasitas Besar

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika