Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kapan Toyota Hilux Diesel Hybrid Hadir di Indonesia?

by Tigor Sihombing
Toyota Hilux Diesel Hybrid

Pasar pikap kabin ganda di Eropa siap menyambut kehadiran Toyota Hilux Diesel Hybrid yang diklaim membawa peningkatan tenaga dan efisiensi dibanding para pendahulunya.

Toyota Hilux Diesel versi Mild-Hybrid ini tentu akan memberikan tenaga ekstra pada powertrain diesel yang versi awalnya sendiri sudah terbilang buas.

Untuk mesin Toyota Hilux Diesel Hybrid hadir dengan mesin bakar 2.800cc 4 silinder dan sudah dilengkapi turbocharger, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 201 hp dan torsi sebesar 500 Nm.

Toyota Hilux Diesel hybrid ini mengusung sistem hibrida ringan 48 volt dengan motor tunggal yang terintegrasi ke dalam powertrain, menambahkan kekuatan sebesar 12 kilowatt atau setara 17 dan torsi ekstra 65 Nm.

Artinya secara keseluruhan double cab terbaru ini memiliki tenaga gabungan sebesar 218 Hp serta torsi maksimal 565 Nm.

Mengutip dari laman Autocar, Toyota Hilux Diesel Hybrid menggunakan baterai lithium 48V yang siap memberikan daya untuk motor, dan karena konsep hibridanya bersifat ringan, tidak ada mode listrik penuh.

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

Meskipun begitu, Toyota menyatakan bahwa Hilux Hybrid 48V memiliki efisiensi lima persen lebih tinggi di pompa bahan bakar dibandingkan dengan powertrain diesel standar.

Hal ini disokong oleh upgrade stop-start sistem lebih optimal, hingga diklaim mampu meningkatkan performa kendaraan meski tengah terjebak kemacetan. Berkat motor listrik, mesin dapat mati lebih lama dalam situasi lalu lintas yang sangat padat.

Toyota juga melakukan penyesuaian dengan putaran idle diesel, menguranginya hingga 600 rpm untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun Toyota menyebutkan peningkatan efisiensi sebesar lima persen, data spesifik mengenai penghematan bahan bakar belum sepenuhnya tersedia.

Siap Off-Road

Toyota Hilux Diesel Hybrid

Toyota Hilux Diesel Hybrid mulai didistribusi pertengahan 2024, Indonesia kapan?

Hilux Hybrid 48V tidak hanya menawarkan powertrain yang lebih oke. Pikap ini bakal dilengkapi mode berkendara lebih advance dengan sistem Multi-Terrain Select Toyota. Terdiri dari mode berkendara Dirt, Mud, Rock, Sand, Deep Snow, atau opsi Automatic yang membiarkan komputer memilih mode terbaik menyesuaikan jalan yang dilintasinya.

Baca juga  Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks Dijual Rp 1 Miliar

Untuk memastikan Hilux tetap andal di medan off-road, komponen elektrik dirancang agar tahan air, memungkinkan pikap kabin ganda ini melibas ganangan air setinggi 27,5 inci.

Meski tidak secepat Toyota Tacoma Hybrid yang ditawarkan di Amerika Utara, Hilux Hybrid 48V 2024 memberikan alternatif yang tangguh. Tacoma menggunakan powertrain I-Force Max 2,4 liter yang mencapai daya 326 hp.

Saat ini, belum ada angka efisiensi bahan bakar yang diumumkan untuk Tacoma, sehingga kita harus menunggu untuk melihat mana di antara keduanya yang lebih hemat BBM,

Bagi pembeli di Eropa, Hilux Hybrid 48V 2024 akan tersedia untuk pembelian pada pertengahan tahun 2024, dengan format eksklusif dalam versi Double Cab. Toyota Hilux Diesel Hybrid menawarkan penyegaran yang memukau untuk penggemar truk yang menginginkan kombinasi daya dan efisiensi.

Lantas kapan kiranya Toyota Hilux Diesel Hybird akan hadir di Indonesia? Sepertinya akan masih lama mengingat Thailand saja baru menelurkan Toyota Fortuner mesin Mild Hybrid.

Demikian ulasan terkait Toyota Hilux Diesel, simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Toyota Hilux Camper Van, Intip Modifikasi dan Harganya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika