Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Alphard Hybrid, Mobil Baru Toyota di GIIAS 2023?

by Tigor Sihombing
Bocoran mobil baru Toyota di GIIAS 2023

Bocoran mobil baru Toyota di GIIAS 2023 seru untuk dinanti. Apalagi kabarnya, pabrikan berlogo T telah menyiapkan produk elektrikfikasi untuk pameran akbar tersebut dalam waktu dekat. Salah satu bocoran yang kami dapat adalah meluncurnya MPV mewah, Alphard Gen-4 dengan teknologi Hybrid.

“Alphard baru pasti kami launching (di Indonesia), tapi nanti kami infokan lebih lanjut. Siapa tahu di GIIAS, siapa tahu bukan di GIIAS,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Aton Jimmi Suwandy disela acara test drive Yaris Cross di Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Wajar kalau Alphard Gen-4 masuk Indonesia, karena memang permintaannya cukup banyak. Di Tanah Air, MPV tersebut merupakan salah satu barang wajib untuk orang kaya.

Ditambah lagi, Alphard 2023 dengan kode bodi AH40 ini sudah lebih modern, pakai platform TNGA-K (Toyota New Global Architechture) yang merupakan rangka unibody untuk mobil Toyota terbaru berukuran menengah hingga full size. 

Masuk ke Interior Alphard terbaru juga lebih nyaman dibanding model lama. Jarak antara jok baris pertama dan baris kedua bertambah 5 mm, begitu juga dengan baris ketiga yang lebih panjang 10 mm. Alhasil penumpang punya leg room yang lebih luas.

Baca juga  Prediksi 11 Mobil Terbaru Tahun 2021 di Indonesia

Kemudian di langit-langit di jok penumpang baris kedua ada Super-Long Overhead Console yang memiliki banyak tombol pengaturan untuk kenyamanan. Hadir pula dua moonroof di kiri dan kanan untuk masing-masing orang yang duduk di jok baris kedua.

Bicara mesin, Alphard 2023 memiliki opsi bensin 2.500 cc 2AR-FE dan hybrid A25A-FXS 2.500 cc. Paling menarik adalah mesin hybridnya, lantaran bisa menghasilkan tenaga hingga 250 PS dan sangat irit BBM dengan catatan 17,5 km/liter.

Toyota Siapkan Mobil Hybrid untuk GIIAS 2023

mobil baru toyota di giias 2023 - toyota rav4

Toyota RAV4 PHEV kemungkinan bakal dijual di GIIAS 2023

Selain Toyota Alphard Gen-4, masih ada kemungkinan lain untuk mobil baru Toyota di GIIAS 2023. Hanya saja fokusnya tetap teknologi elektrifikasi.

“Tahun ini ada lagi (mobil hybrid), tapi tunggu segmennya apa dan lain-lainnya. Pokoknya lihatlah nanti di GIIAS atau dekat-dekat GIIAS,” kata Anton.

Bicara mobil hybrid, sesungguhnya Toyota memiliki banyak amunisi yang belum masuk Indonesia. Ambil contoh Toyota Raize dengan teknologi e-smart hybrid yang sudah hadir di Jepang. Ini menarik, lantaran Raize menggunakan jenis series hybrid.

Baca juga  Toyota Prius 2023 Resmi Hadir, Futuristik!

Dengan kata lain, mesin bensin Raize Hybrid hanya hadir sebagai generator untuk isi baterai. Sementara roda digerakkan langsung oleh motor elektrik. Efeknya tentu rasa berkendara bakal seperti mobil listrik.

Kemudian kemungkinan lain mobil baru Toyota di GIIAS 2023 adalah Toyota RAV4 PHEV yang sudah ditampilkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) pada Maret 2023. Maka GIIAS pada Agustus 2023 bisa menjadi waktu yang tepat untuk bisa mobil ini dijual di Tanah Air.

Prediksi lain, Toyota bakal menampilkan Avanza dan Veloz Hybrid di GIIAS 2023. Ini wajar, mengingat para kompetitor sudah menabuh genderang perang lebih dulu di segmen LMPV 7-seater dengan teknologi hybrid. Ambil contoh Suzuki Ertiga Hybrid, lalu Mitsubishi juga berjanji siap meluncurkan Xpander Hybrid pada tahun 2024.

“Banyak hal yang belum confirm, tapi kalau ditanya keinginan (mobil hybrid Rp 300 jutaan)? Kami ingin lebih banyak lagi (mobil hybrid). Target kami adalah elektrifikasi, karena mengurangi emisi karbon dan mengurangi juga penggunaan BBM,” jelas Anton Anton.

Baca juga  3 Kekurangan Mobil Kembar Raize-Rocky Dibanding Rival

GIIAS tahun ini bakal berlangsung di ICE BDS pada 10-20 Agustus 2023. Di GIIAS 2023 Toyota adalah satu dari lebih dari 30 merek mobil otomotif yang terlibat. Antara lain ada Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, VW, Wuling, dan lain-lain.

Demikian ulasan bocoran mobil baru Toyota di GIIAS 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika