Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Operasi Lilin 2023, Polri Siapkan 79 Ribu Personel Amankan Libur Nataru

by Firdaus Ali
Operasi lilin 2023, Polri siapkan 79 ribu personel

Giat Operasi Lilin 2023 mulai berjalan malam ini (21/12) untuk mengamankan musim libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dalam hal ini, pihak kepolisian menyiapkan 79 ribu personel yang tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Dilansir dari laman Humas Polri, Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, sebanyak 79 ribu personel Polri akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Personel tersebut akan dibantu oleh 59 ribu personel TNI dan pemerintah daerah.

“Untuk personel polri 79 ribu dan TNI 59 ribu serta dibantu pemerintah daerah terdiri dari berbagai satgas, tadi juga rekan-rekan lihat kesiapan personelnya ini adalah langkah awal pengamanan Natal dan tahun baru, adapun bilamana ada bencana sudah dilakukan langkah-langkah antisipasi, TNI siap membantu kepolisian untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2024,” ujar Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto setelah Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, (21/12).

Agus juga menyampaikan bahwa Polri telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Salah satu langkah antisipasi tersebut adalah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang berpotensi mengalami kepadatan arus mudik dan arus balik.

Baca juga  47.603 Km Jalan Nasional dan 2.816 Km Jalan Tol Operasional Siap Dukung Musim Libur Nataru 2023

“Kita tahu akan ada 107 juta orang yg akan mudik, dari tempat kritis salah satunya di Cipali, disitu ada traffic yg kita perhatikan dan dilakukan rekayasa lalu lintas, yg kedua di Ketapang Gili manuk, yg ketiga di merak,” ucap Jenderal Bintang Tiga tersebut.

Selain itu, Polri juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini dikarenakan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Dari riset banyak sekali yg menggunakan motor namun kita sarankan jangan mudik menggunakan motor oleh karena itu kita siapkan mudik gratis bagi masyarakat,” tutup Agus.

Operasi Lilin 2023 Disiapkan 101 Pos Pengamanan

Operasi lilin 2023

79 ribu personel Polri siap dukung Operasi Lilin 2023. Foto: Istimewa

Operasi lilin 2023 didukung 79 ribu personil Polri dan 59 ribu pasukan dari TNI yang siap amankan musim libur Nataru tahun ini. Kemudian, pihak kepolisian juga telah menyiapkan 101 pos pengamanan yang tersebar diberbagai wilayah.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan mengatakan, sebanyak 129.923 personel Polri akan dikerahkan dalam Operasi Lilin 2023. Personel tersebut akan dibagi ke dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas).

Baca juga  47.603 Km Jalan Nasional dan 2.816 Km Jalan Tol Operasional Siap Dukung Musim Libur Nataru 2023

“Operasi pusat ini terdiri dari 7 satgas, prefentif, satgas tindak, Gakkum, Humas dll, tentunya semua kita kemas, masing-masing satgas sudah tahu peran masing-masing untuk bertujuan terciptanya keamanan selama Nataru ini,” jelas Ramadhan.

Ramadhan juga mengatakan, Polri telah mendirikan 101.000 pos pengamanan di seluruh Indonesia. Pos-pos tersebut terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

“Tentu kita telah mendirikan pos, seluruh Indonesia ada 101.000 pos, kita dirikan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu juga,” kata Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan juga menjelaskan bahwa Polri memiliki strategi untuk memonitoring puncak arus mudik, khususnya pada tanggal 22 Desember dan arus baliknya pada tanggal 26 Desember.

“Kita juga memiliki strategi memonitoring puncak arus mudik khususnya di 22 Desember dan arus balik nya di 26 desember, nantinya kita lakukan one way sesuai dengan kondisi,” pungkas Ramadhan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika