by

3 Rekomendasi Modifikasi Honda Blade, Bisa Ditiru!

Bagi kamu yang ingin modifikasi Honda Blade kesayangan, kamu wajib baca ulasan berikut ini.

Honda Blade merupakan salah satu produk motor bebek bergaya sport yang pertama kali mengaspal di tanah air pada tahun 2008 yang lalu. Ketika itu memiliki kapasitas mesin 110 cc. Seiring perjalanannya, Honda Blade yang hadir selama 10 tahun di Indonesia dihentikan produksinya pada tahun 2019 lalu dengan kapasitas mesin terakhir 125 cc.

Meski cukup dikenal baik di Indonesia, hadirnya Honda Blade memang tak selaris Honda Supra atau varian motor bebek lainnya dari merek pesaingnya seperti Yamaha Jupiter ataupun Suzuki Shogun.

Meski demikian, bukan berarti Honda Blade tak digemari oleh masyarakat Indonesia. Terbukti dengan hadirnya beberapa komunitas pengguna motor Honda Blade yang ada di Indonesia.

Pun demikian, tak sedikit pula pemilik Honda Blade yang melakukan modifikasi dengan beragam gaya. Baik bergaya touring, racing maupun gaya yang meniru motor besar.

Seperti disampaikan oleh Haris Setiawan penggawa dari HRS Motor. Bahwasanya, pada zamannya ada beberapa pemilik Honda Blade yang datang ke bengkelnya untuk melakukan modifikasi.

“Dulu sih ada ya beberapa kali yang datang ke sini buat modifikasi Honda Blade. Tapi makin ke sini sudah enggak pernah lagi ada yang bawa Honda Blade buat modifikasi ke sini,” papar Haris yang biasa dipanggil Viray.

Baca juga  5 Kekurangan Honda PCX 150, Layak Dibeli?

Viray menceritakan, kala menangani modifikasi Honda Blade rata-rata pemiliknya meminta dimodifikasi sebagai motor touring atau bergaya motor balap.

“Paling banyak minta dimodifikasi bergaya motor touring sih,” tukas Viray.

1. Model Touring Cocok untuk Modifikasi Honda Blade

Modifikasi Honda Blade
Ilustrasi Honda Blade Touring

Seperti yang diutarakan oleh Viray tadi, kebanyakan bikers pengguna Honda Blade yang datang ke bengkelnya untuk memodifikasi motor menjadi motor touring.

Menurut Viray ini merupakan modisikasi yang paling gampang. Karena tak banyak ubahan yang dilakukan. Melainkan hanya menambah beberapa aksesoris yang dibutuhkan untuk mendukung konsep touring yang diinginkan.

“Untuk konsep atau gaya touring, biasanya motor Honda Blade ini cuma ditambahkan aksesoris seperti box, hand guard, tubular, dan lampu tambahan,” jelas Viray.

Untuk modifikasi model ini, menurut Viray juga tidak memakan waktu yang lama. Waktu pengerjaan biasanya hanya 1 hari tergantung pada ketersediaan aksesoris pendukung untuk modifikasi model touring ini.

2. Honda Blade Racing

Modifikasi Honda Blade
Modifikasi Honda Blade Racing

Tak hanya modifikasi bergaya touring saja, Viray juga pernah menangani modifikasi Honda Blade dengan gaya motor balap.

Baca juga  4 Kekurangan Honda CB150R Streetfire Terbaru Dibanding Rival

Untuk modifikasi model ini disampaikan oleh Viray pemilik Honda Blade tidak cuma memodifikasi secara tampilan saja, tapi juga melakukan modifikasi pada bagian mesinnya.

“Ya enggak mungkin juga kalau cuma merubah penampilan. Cuma tampilannya saja yang sporty tapi larinya lemot,” ujar Viray sambil tertawa.

Untuk modifikasi model balap sendiri ada beberapa ubahan yang dilakukan pada bagian bodi motor bebek. Lalu penggantian velg, ban dan juga pengurangan di beberapa bagian bodi motor seperti sepatbor dan juga bagian leher motor.

“Buat model balap, biasanya ada beberapa bagian bodi motor yang dikurangi supaya menunjang kesan motor sport nya,” tukas Viray.

Selain itu, untuk melengkapi kesan sport nya perlu juga dilakukan pewarnaan ulang atau repaint motor. Supaya kesan sportnya semakin kuat.

“Supaya makin kelihatan sporty, warna motor juga harus diubah. Biasanya pakai warna-warna yang terlihat beda dan segar. Bukan cuma di bagian body saja, tapi juga bagian velg biar aura sportyhya makin kuat,” ujar Viray.

Bagian mesin juga tidak luput dari sentuhan modifikasi. Agar makin menguatkan kesan sportnya bahian mesin minimal dilakukan porting polish atau bisa juga dilakukan bore up silinder mesin. Supaya ada keseimbangan antara tampilan dan performa motor.

Baca juga  Beda Honda CBR250RR SP Vs Standar, Beli yang Mana?

“Minimal sih porting polish saja, biar tarikan motor rada enteng. Bagian knalpot juga diganti dengan knalpot model racing biar makin keren,” papar Viray.

3. Gaya Honda Blade Adventure

Modifikasi Honda Blade
Ilustrasi Honda Blade Adventure

Dikatakan oleh Viray, ada juga pemilik motor bebek Honda Blade yang datang ke bengkelnya untuk memodifikasi tampilan motornya menjadi motor adventure layaknya moge seperti BMW GS 1200.

Untuk modifikasi model ini menurut Viray juga tidak terlalu sulit. Pasalnya hanya sedikit ubahan yang dilakukan.

Viray hanya melakukan perubahan pada bagian kaki-kaki motor Honda Blade dan sedikit menambahkan ornamen atau aksesoris guna melengkapi tampilanya.

“Shockbreaker depan biasanya diganti dengan yang lebih panjang jadi motor bakalan kelihatan lebih tinggi. Untuk melengkapi tampilannya, ditambahkan juga sepatbor ala-ala motor BMW GS 1200 biar kesan adventure nya makin kelihatan,” jelas Viray.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi modifikasi Honda Blade yang bisa kamu terapkan pada motor kesayangan kamu.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru