by

Maxi Yamaha Substitusi Kampas Rem Dengan Pendahulunya, Nih Simak!

Moladin – Kampas rem Maxi Yamaha ternyata bisa di substitusi dengan varian pendahulunya lhooo. Belakangan, pengguna motor Maxi Yamaha mulai banyak ber-sliweran di jalan.

Beredarnya matic pabrikan berlogo garputala yang memiliki bodi gambot seperti Yamaha Nmax, Aerox 155 dan Lexi, pertanda kalau produk ini mulai disukai konsumen. Itu artinya perputaran komponen fast moving pada tunggangan ini juga cepat, salah satunya adalah kampas rem.

Tanpa disadari oleh penggunanya, ternyata kampas rem matic Yamaha Nmax, Aerox 155 dan Lexi punya kesamaan dengan motor Yamaha pendahulunya. Dengan begitu komponen pada tunggangan ini ada banyak pilihan substitusi, terutama pada bagian kampas rem-nya. Berikut produk yang bisa dipakai.

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

Kampas Rem Depan Pakai Mio M3 Series

Seperti dipaparkan diatas kalau kampas rem Maxi Yamaha bisa substitusi dengan produk Yamaha pendahulunya adalah benar. Dimulai dari komponen rem depan Maxi Yamaha yang terbukti kampas rem-nya bisa comot punya varian matic Mio M3 Series.

Baca juga  Review LED Projie Vinyx Cree U7, Bikin Rider Makin Pede Dijalan

“Karena sering berhubungan langsung dengan sparepart, saya akhirnya tahu kalau kampas rem depan Maxi Yamaha bisa pakai punya Yamaha lain seperti Mio M3 series. Terlihat dari caliper yang dipakai masing-masing motor bentuknya sama. Makanya kadang saya suka kasih tawaran ke konsumen untuk memilih produk sesuai dananya,” ujar Apeng pemilik toko spare part Apeng Motor di jalan Pramuka Raya, No. 03, Sawangan, Depok.

Alasan Apeng memberi pilihan produk terkadang ada konsumen yang datang tidak cukup membawa uang tapi komponen harus diganti. Makanya biar tetap safety ditawarilah produk serupa dari varian lain yang sudah pasti harganya lebih murah.

Maxi Yamaha Substitusi Kampas Rem Dengan Pendahulunya, Nih Simak!Kampas Nmax, Aerox dan Lexi bisa pasang punya Mio M3 series | Foto: Contributor Moladin

Untuk perbandingan, kampas rem depan Yamaha Nmax berkode 2DP-F5805-00 harganya sekitar Rp 75 ribuan. Sementara Yamaha Mio M3 berkode 2BM-F5805-00 biasanya dijual lebih murah yaitu sekitar Rp 50 ribuan. Dan penggunaan kampas depan Mio tersebut juga berlaku buat Yamaha Aerox 155 maupun Lexi.

Baca juga  Yamaha R15 Dirombak Jadi R6, Biaya Modifikasinya Fantastis!

 

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

Rem Cakram Belakang Nmax Pakai V-Ixion Lawas

Jika semua bagian rem depan Maxi Yamaha usung tipe cakram, namun beberapa varian masih andalkan rem belakang tipe teromol macam Aerox 155 dan Lexi. Bahkan keduanya pun punya kode part yang sama yaitu 5BP-F530K-00.

“Setahu saya, kampas rem belakang teromol pada Aerox 155 dan Lexi kodenya memang sama. Dan setelah dicek ternyata keduanya sama dengan kode part kampas rem belakang motor sport Yamaha Scorpio. Sedangkan alternatifnya bisa juga pakai punya Mio M3 series,” imbuh pria yang murah ketawa.

kampas rem belakangKampas rem belakang Nmax bisa pakai V-ixion Lama | Foto: Contributor Moladin

Harga kampas rem belakang asli buat Aerox 155, Lexi dan Scorpio dijual sekitar Rp 50 ribuan. Sedangkan kampas rem teromol Mio series sedikit lebih murah, yaitu berkisar Rp 45 ribuan.

Lalu bagaimana dengan Yamaha Nmax yang ternyata dilengkapi dengan rem cakram belakang. Apakah ada part substitusi dengan motor lain yang bisa dipasang ke Nmax ?

Baca juga  KTM Resmi Rilis Duke 790 dan Adventure 790, Harganya Ratusan Juta?

“Kampas rem cakram belakang Yamaha Nmax bisa pakai kampas rem cakram depan punya Yamaha V-ixion lawas. Kebetulan kode part-nya sama yaitu 5C1-F5805-00. Harga kurang-lebih Rp 50 ribuan,” tutupnya.

Yamaha Lexi

*DP mulai dari

Nah, dengan adanya substitusi part ini selain lebih mudah di dapat tentu bisa lebih hemat juga ya Moladiners! Tetapi perlu di ingat membeli part yang sesuai jauh lebih disarankan, supaya pengereman motor maksimal.

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru