Friday, February 3, 2023
Banner

Penjualan Daihatsu Hingga Juli 2021, GranMax Pikap Juaranya

by Firdaus Ali
penjualan daihatsu

Penjualan Daihatsu naik di awal semester dua tahun 2021. Total raihan selama bulan Januari sampai Juli 2021 pada retail mencapai 77.402 unit.

Catatan ini naik 30,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara penjualan wholesales (pabrik ke diler) tercatat di angka 84.111 unit, naik 63,9 persen dibandingkan periode sebelumnya.

“Daihatsu bersyukur, penjualan tahun 2021 ini mencapai hasil positif dibandingkan tahun lalu didukung oleh berbagai program pemerintah dalam menggairahkan sektor industri otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Hasil capaian positif Daihatsu tidak lepas dari kebijakan pemerintah kepada industri otomotif melalui relaksasi diskon pajak (PPnBM). Selain itu, Pemerintah juga tetap memberikan izin untuk operasional produksi dan ekspor yang tentunya tetap dengan protokol kesehatan yang ketat di tengah perpanjangan PPKM level 4 dari tanggal 10 sampai 16 Agustus 2021 untuk wilayah Jawa dan Bali.

Yang menarik dari data yang dibeberkan pihak Daihatsu adalah pemuncak penjualan pada Januari hingga Juli 2021 ini adalah dari jenis mobil komersial, yaitu Daihatsu GranMax pikap.

Baca juga  Sigra Kalahkan Xenia, Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2022

Tercatat penjualan Daihatsu GranMax pikap pada semester dua ini mencapai 21.520 unit untuk retail dan untuk wholesales diangka 22.469 unit.

Pendongkrak penjualan Daihatsu naik di semester dua selanjutnya adalah Daihatsu Sigra yang menduduki posisi runner up dengan catatan angka 18.455 unit untuk penjualan retail dan 19.038 unit penjualan wholesales.

Sementara untuk posisi tiga, sempat dan lima diduduki oleh Daihatsu Terios diangka 11.226 unit untuk retail dan penjualan wholesales diangka 10.452 unit. Kemudian posisi keempat ada Daihatsu Ayla dengan mencatat penjualan sebesar 10.233 unit (retail) serta 10.920 untuk penjualan wholesales.

Sedangkan diposisi kelima daihatsu GranMax (MB) dengan capaian angka 6.888 unit untuk retail dan 7.282 untuk wholesales.

Penjualan Daihatsu Rocky

penjualan daihatsu

Daihatsu Rocky masih menempati urutan dua terbawah

Ada hal menarik lainnya dari data penjualan Daihatsu yang kami terima. Yaitu Daihatsu Rocky berada di urutan kedua dari posisi paling buncit yang ditempati Daihatsu Sirion dan Daihatsu Luxio.

Daihatsu Rocky yang awal kemunculannya digadang-gadang akan mendominasi penjualan segmen city car ternyata hanya mampu meraih angka 1.512 unit untuk penjualan retail dan 6.538 unit untuk penjualan wholesales.

Baca juga  Gran Max Jadi Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2021

Meski demikian penjualan Daihatsu Rocky patut diapresiasi karena sudah mencapai total retail dan wholesales sebanyak 8.050 unit pada catatan kali ini. Angka yang lumayan untuk mobil yang baru dirilis pada April 2021 lalu. Ditambah lagi kemunculannya ada di tengah situasi ekonomi yang belum stabil karena pandemi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penjualan Daihatsu naik di semester dua tahun 2021. Jika berniat memberli mobil, saat ini merupakan yang tepat karena ada diskon PPnBM dari Pemerintah dan tentunya promo kemerdekaan dari diler-diler.

Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika