Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Penjualan Mobil Mild Hybrid Suzuki Laris, Sumbang 49% Penjualan!

by Firdaus Ali
Penjualan mobil Suzuki hybrid

Penjualan mobil mild hybrid Suzuki laris dibeli oleh masyarakat Indonesia. Tercatat, sumbangsihnya mencapai 49% dari total penjualan mobil penumpang Suzuki sepanjang tahun 2023.

Menjelang akhir tahun 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperoleh tren positif dalam penjualan mobil mild hybrid Suzuki.

Sejak awal peluncuran mobil mild hybrid Suzuki pada pertengahan tahun 2022, Suzuki melihat adanya perkembangan minat konsumen hingga pada bulan November 2023 ini. Catatan terkini menunjukkan, Suzuki dapat mencetak peningkatan penjualan mobil hybrid sebesar 21% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Peningkatan ini diperoleh dari akumulasi penjualan 3 kendaraan hybrid Suzuki yaitu All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid dengan dominasi sebesar 49% dari total penjualan passenger car di bulan November 2023. 

biaya perawatan ertiga hybrid

Penjualan mobil mild hybrid Suzuki raih tren postitif

“Pada November ini, kami menerima catatan penjualan yang positif, khususnya dari segmen kendaraan passenger yang telah disematkan teknologi hybrid. Untuk penjualan hybrid mengalami peningkatan hingga 21% pada November 2023 jika dibandingkan dengan Oktober 2023,” jelas Randy R Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS. 

“Dari angka ini, kami melihat bahwa orientasi masyarakat perlahan berubah, yang saat ini sudah semakin peduli akan pentingnya penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan. Konsumen kami dapat bijak memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing dengan mempertimbangkan faktor ukuran, fitur dan teknologi untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara, hingga biaya kepemilikan, layanan aftersales, dan efisiensi penggunaan bahan bakar sehari-hari,” tambahnya.

Berpegang pada komitmen untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan, Suzuki memulai langkah memadukan antara mesin konvensional dan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) pada beberapa kendaraan seperti All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid.

Menariknya, dua dari tiga kendaraan hybrid yang dipasarkan Suzuki merupakan hasil produksi dalam negeri. Tercatat bahwa pada November 2023 lalu, 90% penjualan mobil mild hybrid Suzuki merupakan hasil produksi lokal atau buatan pabrik Suzuki di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Langkah ini merupakan wujud dari kompetensi dan keseriusan Suzuki untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan yang berkualitas namun dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat luas.

Pulau Jawa Mendominasi Pasar Mobil Hybrid Suzuki

Penjualan mobil Suzuki hybrid

Salah satu diler Suzuki di Jakarta

Bila memetakan persebaran penjualan mobil mild hybrid Suzuki di Indonesia, maka pasar penjualan hybrid Suzuki masih didominasi oleh Pulau Jawa. Jabodetabek sendiri menjadi daerah yang berkontribusi paling tinggi yaitu sebesar 48%, kemudian diikuti oleh wilayah Jawa Timur dengan kontribusi sebesar 15%, disusul oleh Jawa Tengah sebesar 7%, dan Jawa Barat sebesar 6%.

Sedangkan untuk provinsi di luar pulau Jawa, yang saat ini juga mulai mengadopsi tren kendaraan ramah lingkungan berasal dari Provinsi Bali dan Kalimantan Timur. Persebaran di area-area tersebut menjadi cerminan kapabilitas mobil mild hybrid Suzuki yang tangkas digunakan pada kondisi geografis yang beragam.

Saat penggunaan di area perkotaan dengan lalu lintas yang padat, kendaraan hybrid Suzuki yang sudah dilengkapi teknologi SHVS memungkinkan adanya pemanfaatan fitur seperti Engine Auto Start-Stop yang membantu meminimalisir penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang kendaraan. Kondisi dari penjualan Suzuki di bulan November 2023 tersebut, menjadikan perbandingan penjualan yang seimbang antara passenger car sebesar 50.1% dan 49.9% untuk commercial car.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika