by

3 Penyebab Atap Mobil Bocor dan Akibat Buruknya

Penyebab atap mobil bocor ada beberapa faktor, umumnya disebabkan karena kualitas karet-karet yang sudah tidak layak pakai. Hal tersebut tentunya harus segera diatasi agar kebocoran tidak menjadi lebih parah.

Kebocoran bukan hanya terjadi pada atap rumah saja, namun juga bisa terjadi pada atap mobil. Dalam beberapa kasus, beberapa pemilik mobil mengalami kebocoran pada atap mobilnya saat mobil digunakan dalam cuaca hujan.

Hal tersebut tentunya sangat tidak membuat nyaman. Bukan tanpa alasan, masuknya air ke dalam kabin interior mobil bisa menyebabkan bau apek yang menyengat. Selain itu juga bisa merusak dan menimbulkan bercak pada jok mobil, utamanya yang berbahan fabric.

“Kebocoran pada atap mobil harus segera diatasi. Sebab jika dibiarkan terlalu lama bisa merusak bagian-bagian interior mobil dan pastinya menimbulkan bau apek pada kabin interior,” terang Pak Bandot, salah satu mekanik bengkel spesialis bodi mobil di kawasan Tangerang Selatan (30/9/2021).

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut penyebab atap mobil bocor, mari kita simak ulasan berikut.

Ini yang Menyebabkan Atap Mobil Bocor

penyebab atap mobil bocor
Ilustrasi atap mobil rusak

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab atap mobil bocor umumnya terjadi karena karet-karet yang kualitasnya sudah tidak layak pakai alias sudah getas.

Di samping itu ada penyebab lain seperti atap yang sudah keropos. Nah, ingin tahu detail apa saja yang menyebabkan bocornya atap mobil?

Baca juga  Kenali Fungsi Thermostat Mobil dan Ciri Kerusakannya

1. Karet moulding getas

Penyebab atap mobil bocor yang pertama umumnya disebabkan karena kondisi karet moulding yang sudah getas.

Karet moulding posisinya berada dibagian atas mobil yang pastinye terkena panas matahari dan air hujan secara terus menerus. Jadi wajar jika mobil yang usianya lebih dari 15 tahun kondisi karet mouldingnya sudah getas dan rusak bahkan robek.

Akibat dari getas atau rusaknya karet moulding adalah air yang seharusnya mengalir di atas atap mobil akan masuk melalui celah yang disebabkan rusaknya karet moulding tersebut.

“Karet moulding yang getas bisa menyebabkan karet tersebut robek atau posisinya bergeser. Imbasnya jelas air akan masuk ke interior melalui celah yang seharusnya tertutup oleh karet moulding tersebut. baiknya ganti dengan yang baru agar masalah kebocoran selesai,” tambah Pak Bandot.

Kebocoran yang disebabkan oleh karet moulding yang rusak biasanya akan terlihat bocor dari pilar A dan pilar C.

2. Karet kaca getas

Penyebab atap mobil bocor selanjutnya adalah karet kaca yang sudah getas atau renggang. Akibatnya jelas air akan mudah masuk ke kabin interior jika kondisi karet kaca sudah getas atau rengang.

Baca juga  Segini Biaya Kuras Oli Matic, Benarkah Murah?

“Jika kualitas karet kaca masih bagus namun hanya renggang masih bisa diperbaiki dengan menempelkannya kembali dengan menggunakan sealant. Namun jika kondisinya sudah getas baiknya diganti dengan karet kaca yang baru,” jelas Pak Bandot.

3. Atap mobil keropos

penyebab atap mobil bocor
ilustrasi atap mobil keropos

Penyebab atap mobil bocor selanjutnya adalah disebabkan karena atap mobil keropos. Umumnya kebocoran akan parah jika penyebabnya atap yang keropos.

Atap mobil yang keropos umumnya disebabkan karena faktor usia mobil atau pemilik mobil kurang merawatnya dengan baik.

“Atap mobil bocor itu umumnya disebabkan karena pemiliknya kurang merawat mobil dengan baik. Misalnya jarang dicuci, sering parkir di tempat terbuka atau air di lingkungan tempat tinggalnya mengandung kadar gram yang cukup tinggi,” terang Pak Bandot.

Atap mobil yang sudah keropos tentunya harus segera diperbaiki dengan mengganti dengan yang baru. Dalam hal ini mobil harus segera dibawa ke bengkel spesialis bodi untuk diperbaiki dan diganti dengan atap yang baru.

Akibat atap mobil bocor

penyebab atap mobil bocor
Atap bocor bikin kabin bau apek

Bocornya atap mobil jelas menganggu kenyamanan berkendara dan penumpang mobil. Adapun ada beberapa akibat yang dari bocornya atap mobil tersebut.

Ruang kabin bau apek

Rembesan atau bocor pada atap mobil yang amsuk ke dalam kabin interior tentu akan menimbulkan bau apek. Sebab saat melakukan perjalanan tentunya kaca mobil akan ditutup semua dan menggunakan AC.

Baca juga  5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matik Rusak, Perhatikan!

Nah, dengan kondisi tersebut ditambah adanya endapan air di beberapa bagian akibat bocor tersebut akan menimbulkan bau apek.

Merusak jok mobil

Selain menimbulkan bau apek, bocornya atap mobil juga bisa merusak jok mobil utmanaya yang berbahan fabric atau beludru. Pada bagian jok akan muncul bercak dan juga bisa menimbulkan bau apek juga.

Plafon interior mobil rusak

penyebab atap mobil bocor
Ilustrasi plafon interior mobil yang bocor

Bocor pada atap mobil tentunya akan merusak bagian palfon intrior mobil. Plafon akan menjadi kendor, muncul bercak bahkan bisa robek dan menimbulkan bau tidak sedap.

Kenyamanan berkendara terganggu

Bau apek, jok basah tentunya menyebabkan kenyamanan berkendara akan terganggu dan perjalanan akan terasa capek.

“Berkendara itu harus nyaman, baik untuk pengemudi atau penumpangnya. Sebab jika nyaman psikologis dan fokus pengemudi bisa terkontrol dengan baik. Namun jika tidak nyaman bisa menimbulkan gusar dan mengemudi tidak fokus,” jelas Aris selaku Servis Advisor Daihatsu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab atap mobil bocor. Jika mobil kamu mengalami kebocoran jangan panik, segera bawa mobil kesayanganmu ke bengkel resmi atau bengkel spesialis bodi untuk dicek dan diperbaiki kebocoran tersebut.

Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru