Thursday, October 6, 2022

Spesifikasi Honda N-Box Custom, Lawan Sepadan Suzuki S-Presso?

by Baghendra Lodra
spesifikasi honda n-box custom - eksterior tampak depan

Mobil imut asal Jepang, Honda N-Box Custom resmi masuk Indonesia lewat pemegang merek Honda Prospect Motor (HPM). Kendaraan berjenis kei car ini tampil di Senayan Park pada 1-26 September 2022. Bagaimana spesifikasi Honda N-Box Custom tersebut dan berapa harganya?

Sayang sekali, HPM menampilkan N-Box di Tanah Air bukan untuk dipasarkan. Hingga sekarang, mobil yang dimensinya mirip-mirip Suzuki S-Presso tersebut masih sekadar dipamerkan.

Walau demikian, bukan tidak mungkin Honda N-Box resmi masuk Indonesia untuk dijual pada kemudian hari. Apalagi pemina mobil kei car di Tanah Air cukup besar. Terbukti, N-Box bahkan telah dijual oleh importir umum (IU) di Indonesia dengan banderol Rp 700 jutaan.

Nah buat yang belum tahu N-Box, ini merupakan mobil mungil Honda yang dijual di Jepang. Generasi pertamanya diperkenalkan pertama kali pada November 2011. Kemudian N-Box generasi kedua hadir pada September 2017 dan dijual hingga kini.

Sebagai sebuah kei car, Honda N-Box pakai mesin kecil 660 cc yang dilengkapi dengan perangkat turbo. Ada pula teknologi keselamatan canggih Honda Sensing yang menyertainya.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Honda N-Box Custom? Apakah lebih baik dari Suzuki S-Presso yang secara dimensi mirip? Berikut informasi lengkapnya:

banner atas

Eksterior Boxy dengan Dimensi Ringkas

spesifikasi honda n-box custom - eksterior

Dimensi Honda N-Box sedikit lebih mungil dibanding Suzuki S-Presso

Di Jepang, mobil Honda N-Box sesungguhnya punya beberapa varian. Nah yang ditampilkan di Indonesia ini adalah N-Box Custom Special Edition L Style + Black. Ciri khasnya punya tampilan modern dengan banyak sudut. Ambil contoh bagian lampu depan menggunakan gaya seperti huruf C.

Baca juga  Sejarah Honda Freed di Indonesia, MPV Seumur Jagung!

Lalu untuk warna bodi two tone dengan atap hitam. Sementara kelir bodinya menggunakan platinum white pearl. Tidak ketinggalan bagian velg pakai ukuran 15 inci juga dicat hitam dengan di bagian bibirnya menggunakan warna khas metal.

Bodinya sama seperti N-Box lain yaitu boxy dengan sliding door atau pintu geser di kanan dan kiri. Alhasil untuk keluar masuk penumpang ke kabin sangatlah mudah.

Dimensi Honda N-Box

  • Panjang: 3.395 mm
  • Lebar: 1.475 mm
  • Tinggi: 1.790 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2.520 mm
  • Velg: 15 Inch

Interior Honda N-Box Custom Sungguh Nyaman

spesifikasi honda n-box custom - interior

N-Box punya konfigurasi bangku yang sangat fleksibel

Walau dimensinya sangat ringkas, tapi ternyata spesifikasi Honda N-Box Custom untuk interior cukup lega. Di dalam kabinnya bisa menampung 4-orang secara nyaman.

Lalu tema warna interiornya pakai dominan hitam. Posisi transmisi ada di dashboard, kemudian panel instrumen dibuat agak tinggi di balik kemudi.

Bicara aura modern, Honda N-Box Custom Special Edition L Style + Black ini memiliki banyak tombol baik di setir dan bagian dashboard. Ada pula head unit layar sentuh besar di tengah-tengah.

Baca juga  Jajaran Mobil Modifikasi Honda di Virtual Auto Salon 2021

Kemudian yang juga menarik, joknya sudah dibalut kulit. Tiap-tiap jok sudah memiliki headrest. Ada pula handrest untuk masing-masing baris bangku, baik depan dan belakang.

Hal menarik lain, jok depan dan belakangnya bisa diatur maju dan mundur sesuai kebutuhan. Misal untuk jok belakang kalau kamu mau bawa barang yang besar, bisa geser agak maju. Sementara untuk mendapatkan kenyamanan duduk penumpang, bisa dorong ke belakang. Jarak mainnya sekitar 19 cm.

Jok belakangnya juga bisa dilipat rata lantai, kalau memang barang yang mau diangkut oleh Honda N-Box lebih banyak lagi. Istimewa bukan?

Fitur-Fitur Modern

spesifikasi honda n-box interior

N-Box sudah dilengkapi Honda Sensing

Spesifikasi Honda N-Box Custom dalam hal fitur tidaklah perlu diragukan. Mobil ini meski mungil, memiliki teknologi modern. Beda jauh dengan Suzuki S-Presso yang masih minim fitur

N-Box punya Honda Sensing yang meliputi adaptive cruise control hingga collision mitigation brake system (CMBS). Lalu soal keselamatan berkendara ditunjang pula anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), tidak ketinggalan traction control (TCS). Hadir pula airbag yang mengelilingi kabin, melindungi penumpang depan dan belakang.

Performa Mesin dengan Turbo

spesifikasi mesin honda n-box custom

N-Box pakai mesin cuma 660 cc tapi punya induksi turbo

Bagaimana performa mobil mungil ini? Spesifikasi mesin Honda N-Box Custom pakai mesin turbo 660 cc. Lebih kecil kubikasinya dibanding S-Presso, tapi performanya tidak beda jauh. Di atas kertas, mesin turbo N-Box bisa mengeluarkan torsi puncak hingga 104 Nm pada 2.600 rpm dan tenaga maksimal 64 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Peluncuran HR-V Terbaru, 23 Maret 2022?

Soal konsumsi BBM, Honda mengklaim bisa menghemat hingga 20,2 Km/liter dengan metode WLTC. Semntara untuk metode JC08, catatan irit terbaiknya 25,6 Km/liter.

Di Jepang, N-Box juga memiliki opsi mesin tanpa turbo. Jantung mekanis 660 cc itu bisa mengeluarkan 65 Nm pada 4.800 rpm dan tenaga maksimal 58 PS pada 7.300 rpm.

Walau tidak terlalu buas, tapi soal irit jagonya. Mesin ini bisa menghemat hingga 27 Km/liter dengan metode JC08.

Harga Honda N-Box Custom

harga honda n-box di Indonesia

Importir Umum memasukkan Honda N-Box ke Indonesia dengan harga kisaran Rp 700 juta

Kalau di Jepang, harga N-Box Custom Special Edition L Style + Black dijual mulai 2.039.400 Yen atau setara dengan Rp 200 jutaan. Lalu bagaimana dengan harganya di Indonesia?

Ya hingga sekarang, mobil ini memang belum dijual. Kemungkinan besar kalau masuk Indonesia secara resmi pun, banderolnya tidak mungkin semurah itu. Pasalnya di Jepang, kei car dapat subsidi. Beda kalau masuk Tanah Air, tentu tanpa subsidi.

Gambarannya IU sudah pernah membawa N-Box untuk dijual di Indonesia, banderolnya tembus Rp 700 jutaan. Cukup mahal bukan? Jadi memang kelasnya bukan setara dengan Suzuki S-Presso. Bisa dikatakan N-Box adalah mobil mungil versi para sultan.

Itulah tadi bahasan soal spesifikasi Honda N-Box Custom dan kisaran harganya kalau masuk Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika