Senin, September 26, 2022

6 Mobil Honda Paling Irit BBM, Tembus 30 km/liter!

by Tigor Sihombing
konflik rusia dan ukraina

Kali ini Moladin akan merekomendasikan deretan mobil Honda paling irit BBM. Memilih mobil yang konsumsi BBM-nya hemat sangatlah penting, terlebih di tengah harga bensin yang sedang melambung tinggi.

Sebagai informasi, harga jual BBM Pertalite di SPBU masih dibandrol Rp 7.650/liter dan Pertamax mencapai Rp 12.500-Rp 13.000 per liter. Walau demikian pemerintah mengatakan dengan kurs dan harga minyak yang naik saat ini harga Pertamax harusnya sudah Rp 17.300 per liter, di mana selisihnya saat ini sementara masih disubsidi.

Nah rencana kenaikan BBM tersebut akan teralisasi pada awal September 2022. Berarti mulai saat ini sudah saatnya mengencangkan ikat pinggang untuk menghemat pengeluaran termasuk BBM.

Salah satu cara ampuh menghemat biaya pengeluaran BBM adalah dengan memilih kendaraan secara bijak. Artinya, bisa dengan menggunakan mobil hemat BBM.

Di pasaran sendiri, untuk brand Honda misalnya tersedia beragam janis kendaraan mulai dari city car, MPV, hingga SUV. Moladin akan merekomendasikan deretan mobil Honda paling irit yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Memilih mobil yang irit BBM memang gampang-gampang susah. Tekniknya bukan cuma mencari kapasitas mesin terkecil, tapi juga kendaraan dengan fitur yang bisa menghemat BBM.

Buat kamu yang penasaran, berikut kami beberkan daftar 6 mobil Honda paling irit menurut Moladin:

1. Honda Brio – 30,1 km/liter

Honda Brio Satya

Honda Brio dijual mulai harga Rp 156.900.000

Mobil Honda paling irit pertama adalah Honda Brio. Hatchback ini  cocok banget untuk kamu keluarga muda atau single. Dengan dimensinya yang mungil tidak heran konsumsi BBM Honda Brio terkenal irit.

Sebagai informasi, Honda Brio memiliki kapasitas mesin 1.2 liter SOHC 4 cylinder I-vtec, dengan torsi 110 Nm dengan besaran tenaga 89 hp.

Dengan tenaga seperti itu bisa menghasilkan torsi 119 Nm dan besaran tenaga 95 hp. Untuk konsumsi BBM-nya, Moladin pernah melakukan pengujian, pada Honda Brio berusia 2-3 tahun.

Baca juga  Rekomendasi 4 Mobil Rp 400 Jutaan Terbaik

Dengan total perjalanan sejauh 60,3 km, dengan rute stop and go, konsumsi BBM nya bisa mencapai 14,7km/liter. Sedangkan untuk perjalanan tol dalam kota dengan lalu lintas lancar konsumsi BBMnya mencapai 16,4 km/liter. 

Sebagai informasi, Honda Prespect Motor juga pernah melakukan adu irit pada Honda Brio baru yang melibatkan pada jurnalis otomotif. Dalam kompetisi adu irit tersebut catatan terbaik konsumsi BBM Honda Brio mencapai 30,1 km/liter dengan perjalanan rute tol. 

2. Honda BR-V – 18 km/liter

Mobil Honda Paling Irit

Harga Honda Br-V mulai Rp 281.100.000

Rekomendasi mobil Honda paling irit berikutnya adalah Honda BR-V. Sebagai Small SUV, Honda BR-V terkenal irit BBM.

Salah satu yang membuat konsumsi BBM Honda BR-V cukup irit adalah fitur adaptive cruise control (ACC). Teknologi ini memungkinkan mobil melaju stabil di jalan bebas hambatan.

Sehingga kerja mesin jadi lebih ringan dan tentunya efisiensi bensin bisa tercapai. Selain itu, kalau mau lebih irit lagi, kamu bisa ikuti petunjuk eco indicator yang ada di panel instrumen BR-V.

Fitur ini akan bekerja maksimal jika gaya berkendara kamu sabar, yang menandakan indikator tersebut akan selalu menyala berwarna hijau. Dengan gaya berkendara seperti itu dijamin BBM Honda BR-V akan semakin hemat BBM.

Meski masuk kategori mobil irit, Honda BR-V juga memiliki mesin yang bertenaga yakni 1.5L DOHC i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 PS pada putaran mesin 6,600 kemudian torsi maksimal 145 Nm pada putaran mesin 4,300 RPM.

Untuk konsumsi BBM, Honda BR-V terbaru ini mampu mendapatkan konsumsi BBM rata-rata 16,2 – 18 km/liter.

Baca juga  3 Kelebihan Honda CR-V Turbo Prestige, Yakin Gak Mau Beli?

3. CR-V Turbo – 15,8 km/liter

Mobil Honda Paling Irit

CR-V Turbo dibanderol mulai Rp 590.900.000

Mobil Honda paling irit berikutnya adalah CR-V Turbo. Meski terbilang SUV bongsor, tapi mobil ini memiliki gaya berkendara yang cukup agresif. hal ini karena Honda CRV terbaru dibekali dengan teknologi Turbo yang mampu mencatatkan angka konsumsi BBM yang fantastis.

Honda CR-V Turbo dibekali dengan mesin 1.5L, DOHC, VTEC, Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 190 PS pada putaran mesin 5.600 rpm dan torsi maksimum mencapai 240 Nm pada putaran mesin di rentang 2.000 rpm hingga 5.000 rpm.

Dengan mesin 1.5L yang sudah dilengkapi dengan turbo, Honda mengklaim efisiensi bahan bakarnya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Moladin pernah melakukan pengetesan yang hasilnya diperoleh catatan 10,8 Km/liter, untuk hasil berkendara di dalam kota.

Sementara saat melaju di jalan bebas hambatan alias tol transjawa yang sedang lengang. Konsumsi BBM terbaik CR-V Turbo dengan mesin 1.500 cc turbo ini bisa membukukan angka irit 15,8 Km/liter.

4. All New Honda City Sedan – 21,9 km/liter

Mobil Honda Paling Irit

City sedan pakai mesin 1.500 cc yang serupa dengan BR-V, HR-V 1.5L, dan City Hatchback RS

Mobil Honda paling irit berikutnya adalah all New Honda City. Sedan yang dijual dengan harga mulai Rp 365.400.000 ini juga terkenal irit konsumsi BBM.

Dalam beberapa pengujian, All New Honda City sanggup menghasilkan 15,7 km/liter. Sementara di jalan tol, angkanya di sekitar 21,9 km/liter. Untuk performanya juga lumayan. Honda City 2022 dibekali dengan mesin berkode L15ZF berkapasitas 1.498 cc, dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, dan menggunakan teknologi i-VTEC.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda depan dan mesinnya dikawinkan dengan sistem transmisi CVT.

Baca juga  Honda BR-V Terbaru Siap Ekspor Hingga Ke Afrika!

5. Honda City Hatchback RS – 21,1 km/liter.

Mobil Honda Paling Irit

Mesin City Hatchback RS lebih bertenaga dibanding Honda Jazz

Mobil Honda paling irit berikutnya adalah City Hatchback RS. Mobil pengganti Jazz ini menggendong mesin L15 DOHC. Tenaga yang dihasilkan memang tidak berbeda signifikan dengan mesin yang sebelumnya ada pada Jazz.

Honda City Hatchback sanggup menggelontorkan tenaga 121 PS serta torsi 145 Nm. Artinya mesin ini hanya 1 PS lebih bertenaga dibandingkan Honda Jazz. Menariknya pihak Honda mengklaim bahwa mesin baru yang diusung City Hatchback ini memiliki catatan konsumsi BBM yang lebih baik dibandingkan mesin Jazz.

Beberapa hasil pengujian mengungkapkan untuk rute dalam kota stop and go mobil ini sanggup mencatatkan angka konsumsi BBM 14,1 km/liter. Sedangkan rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, City Hatchback sanggup menembus angka 21,1 km/liter.

6. Honda HR-V 1.5L – 18 km/liter

mobil honda paling irit bbm

Honda HR-V generasi ketiga

Mobil Honda paling irit BBM selanjutnya adalah HR-V 1.5L. Ini wajar kami masukkan ke dalam daftar hemat BBM, karena mesin yang digunakan serupa dengan BR-V, City Hatchback RS, dan City Sedan.

Dari hasil pengujian yang kami lakukan. Konsumsi BBM HR-V tembus 12,6 km/liter untuk dalam kota. Sementara tes ke luar kota bisa menghemat hingga 18 km/liter.

Perlu diketahui, mobil irit BBM juga sangatlah dipengaruhi oleh berbagai faktor. Jadi selain memilih kendaraan yang hemat bensin, kamu juga perlu perhatikan kondisi jalan hingga cara berkendara. Dengan mobil irit, tapi kamu lebih sering menempuh jalur macet, pastilah boros juga konsumsi BBM-nya. Begitu pula ketika kamu cara berkendaranya ugal-ugalan yang sering injak gas dan rem dalam.

Jadi untuk mendapatkan konsumsi BBM mobil paling terbaik, berkendaralah secara eco driving. Itulah kunci utamanya. Demikian ulasan terkait mobil Honda paling irit BBM. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika