oleh

Penyebab Lampu Mobil Mati dan Biaya Perbaikannya

Penyebab lampu mobil mati beragam. Mulai dari sekring putus, pemasangan lampu yang tidak tepat, soket kotor, hingga usia bohlam yang memang sudah mencapai batas waktunya.

Tetapi apa pun penyebabnya, yang penting ketika lampu mobil mati, harus segera ditangani. Karena dalam berkendara, lampu mobil mengambil peranan yang sangat penting. Dengan adanya lampu, kamu bisa lebih aman dalam berkendara. Kondisi jalan akan terang, yang bisa menuntun kamu sampai tempat ke tujuan ketika dalam kondisi gelap.

Bayangkan jika di tengah malam dan hujan deras, jika lampu mobil mati maka perjalanan kamu akan dibayangi resiko terjadi kecelakaan. 

Ragam Penyebab Lampu Mobil Mati Tiba-Tiba

Lampu mobil mati
Umumnya lampu mobil mati karena masalah sekring

Lantas kira-kira apa sih penyebab lampu mobil mati? Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak penyebabnya.

“Lampu mobil mati bisa disebabkan oleh sekring. Sekring putus biasanya disebabkan oleh korsleting listrik akibat hubungan pendek atau arus berlebihan,” buka Putera mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Dia juga mengatakan, sekring putus bisa diakibatkan oleh modifikasi. Tentunya dalam hal ini, modifikasi yang asal-asalan.

“Misalnya penggunaan lampu mobil yang dipakai melebihi spesifikasi yang seharusnya sehingga relay set bertambah,” tambahnya.

Penyebab lampu mobil mati lainnya bisa karena bohlam lampu putus. Ya, bohlam lampu mobil memiliki umur pakai, kisarannya 1.000 jam atau pemakaian normal sekitar lebih dari 2 tahun. Setelah itu, kualitas bohlam akan menurun atau putus. 

Sementara untuk lampu LED di mobil, usia pakainya bisa lebih lama lagi yaitu hingga 5 tahun. Hanya saja usia lampu mobil ini juga dipengaruhi oleh kualitas produk. Kalau beli yang original pasti tahan lama, sementara yang KW akan lebih mudah putus.

Baca juga  Lampu Sein Warna Kuning, Ini Alasannya

Penyebab lain lampu mobil mati adalah karena pemasangan lampu yang tidak tepat. Misalnya dipasang asal-asalan dan tersentuh tangan sehingga kaca bohlam jadi kotor.

Selain kedua hal tersebut, kamu juga harus memperhatikan soket-soket lampu mobil yang sangat rentan kotor atau kondisinya kendor. Ini bisa membuat lampu mobil mudah putus karena suplai listrik ke lampu utama menjadi terhalang.

Selain itu penyebab lampu mobil putus juga bisa karena tegangan kelistrikan tidak stabil. Maka dari itu alangkah baiknya kamu bisa secara mandiri mengecek tegangan kelistrikan di mobil jika memiliki alat voltmeter atau multimeter di rumah. Pasalnya tegangan yang naik turun secara drastis akan membuat lampu cepat panas dan filamennya putus.

Lainnya adalah karena relay. Jika lampu menyala saat kamu menggoyang kabel relay, maka saatnya kamu mengganti kabel penghubung dalam relay. Karena bisa jadi di dalam rilay ada solderan yang terlepas karena usia dan goncangan.

Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah

Penyebab Lampu Mobil Mati
Lampu mobil mati sebelah.

Sering kali lampu mobil hanya mati sebelah, atau bahkan sampai keduanya. Jika kamu mengalami ini pertama-tama kamu bisa mengecek kondisi sekring terlebih dahulu, apakah ada jalur kabel yang terkelupas, soket kendor atau kabel lepas.

Baca juga  Lampu Rem Warna Merah, Ini Sejarah dan Fungsinya

Kenapa harus cek sekring dulu? Ini karena sekring berfungsi sebagai pengaman jika ada arus berlebih pada konsleting di jalur kabel.

Selain kondisi sekring, lampu mobil mati sebelah atau keduanya juga bisa disebabkan karena penggunaan lampu dengan voltase yang tidak sesuai. Misalnya kamu pernah memodifikasi lampu mobil dan mengganti bohlam atau bohlam lampu dengan jenis lain selain versi pabrikan.

Pemasangan bola lampu yang tidak tepat dapat membuat arus listrik tidak stabil sehingga bisa menyebabkan konsleting yang membuat lampu mobil bisa mati.

Biaya Ganti Lampu Mobil

Penyebab Lampu Mobil Mati
Lampu bohlamp Xpander.

Jika lampu mobil mati solusinya hanya satu, ya ganti bohlam jika memang bohlampnya putus. Atau jika tidak kamu harus mengurut kabel atau sekring untuk mengetahui letak masalah lampu mati ada di mana.

Sedangkan untuk mengganti bohlam lampu biasanya bergantung pada model dan jenis model, serta penyebab yang membuat lampu mobil kamu mati. Seperti misalnya biaya penggantian bohlam lampu tentu akan beda dengan jika kamu sekalian cek kondisi relay dan sekring.

Selain itu perlu diingat juga jika mobil buatan Eropa biasanya membutuhkan biaya servis lampu yang besar dibandingkan mobil buatan Jepang.

Hal ini karena dipengaruhi tingkat kerumitan pengecekan dan pemasangan lampu pada dua pabrikan tersebut. Sebagai gambaran, dikumpulkan dari berbagai sumber, estimasi biaya perbaikan lampu mobil mati untuk bengkel Adi Jaya di bilangan Kampung Melayu, untuk pengecekan dan perbaikan (belum ganti bohlam) berkisar antara Rp 100 – 300 ribuan.

Baca juga  Tips Cara Membersihkan Reflektor Lampu Mobil Agar Kinclong

“Misalnya ketika dicek lampu tidak putus, dan ternyata ada dalaman relay yang korslet, harus dibongkar dulu untuk lakukan solder ulang. Kalau biaya servis lampu untuk mobil buatan Eropa bisa berkisar Rp 500 ribuan,” kata Adi pemilik bengkel.

Harga pergantian bohlam lampu, misal untuk mobil Mitsubishi Xpander dengan spek original pabrikan, berjenis halogen harganya dipasaran berkisar Rp 500 ribuan satu set.  Sedangkan Avanza bohlam original pabrikannya berkisar Rp 150 ribuan.

Semenara itu untuk harga lampu LED mobil lebih mahal lagi. Kisarannya untuk lampu utama, Rp 1-2 jutaan.

Bagaimana Merawat Lampu Mobil?

Penyebab Lampu Mobil Mati

Supaya lampu mobil awet dan tidak mati secara tiba-tiba, sebaiknya hanya pakai bohlam lampu dengan daya atau watt yang sesuai dengan spesifikasi mobil, jangan ketinggian atau malah terlalu kecil dayanya.

Bersihkan mika lampu setelah hujan agar kondisi mika tetap bersih, terhindar dari goresan yang bisa membuat mika jadi buram hingga membuat lampu mobil mati sebelah.

Selain itu hindari modifikasi berlebihan karena bisa mengganggu sistem kelistrikan mobil jika tidak dilakukan dengan tepat.

Rutin servis jika mobil sudah mencapai kilometer tertentu. Bukan Cuma untuk merawat mesin, tetapi juga mengecek sistem kelistrikan yang salah satunya berhubungan dengan kondisi lampu mobil. Agar tidak terjadi lampu mobil redup saat rpm rendah.

Demikian ulasan terkait penyebab lampu mobil mati. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru