Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Perbedaan MG 4 EV XPower dan MG 4 EV Biasa, Diproyeksi Masuk Indonesia

by Ivan
MG 4 EV XPower hadir di Malaysia

Nama MG 4 EV jelas menjadi salah satu tulang punggung penjualan MG Motor Indonesia. Tapi tahukah kalian jika ada varian beringas model ini? Ayo kita ulas perbedaan MG 4 EV XPower dan MG 4 EV biasa.

Kekinian MG 4 EV XPower sudah resmi mengaspal di pasar otomotif negara tetangga Malaysia. Jika MG 4 EV biasa versi Indonesia sudah versi CKD dan harganya kini menjadi Rp 423 juta, maka MG 4 EV XPower merupakan model tambahan di negeri Jiran setelah 3 varian MG 4 EV sudah dijual lebih dulu.

Pengumuman harga MG 4 EV CKD

Pengumuman harga MG 4 EV CKD

Kahadiran MG 4 EV XPower menjadi simbolisasi manis kembalinya merek MG ke Malaysia setelah sebelumnya sudah diumumkan tiga varian MG 4 EV lain yakni Standard, Lux dan Lux Extended Range.

Kami sendiri memproyeksi jika varian MG4 EV XPower ke depan juga bakal meluncur di pasar otomotif Tanah Air.

Perbedaan Spesifikasi MG 4 EV XPower dan MG 4 EV

1. Jantung Penggerak

Pakai dual motor, tenaga MG 4 EV XPower 435 PS dan torsi sebesar 600 Nm

Pakai dual motor, tenaga MG 4 EV XPower 435 PS dan torsi sebesar 600 Nm

Satu hal yang paling menonjol jadi kehadiran MG 4 EV XPower tentu saja keluaran tenaga yang sesuai dengan embel-embel namanya. MG 4 EV XPower menghadirkan powertrain listrik berpenggerak semua roda bermesin ganda yang menghasilkan tenaga 435 PS dan torsi sebesar 600 Nm.

Konfigurasi motor ganda MG 4 EV XPower terdiri dari motor di roda depan 204 PS dan motor di roda belakang 231 PS dengan transmisi kecepatan tunggal, memungkinkan sprint 0-100 km/jam dilakukan dalam 3,8 detik.

Akselerasi yang dahysat dan cukup mengimbangi keluaran tenaga BYD Seal Performance yang juga ditenaga dual-motor, meski outputnya lebih besar yakni 530 PS dan 670 Nm. Jika dibandingan dengan MG 4 EV yang beredar di Indonesia maka terlihat perbedaan cukup signifikan lantaran MG 4 EV disokong motor listrik tunggal yang ditempatkan di roda belakang dengan tenaga 125 PS dan torsi sebesar 250 Nm. Dengan catatan akselerasi 0-100 kmm/h dikunci dalam 7,7 detik.

Baca juga  Mobil Listrik NIO ES8, Jarak Tempuh Bisa 900 Km?

2. Kapasitas Baterai MG 4 EV XPower vs MG 4 EV

Kapasitas baterai MG 4 EV XPower memang lebih kecil karena berorientasi performa

Kapasitas baterai MG 4 EV XPower memang lebih kecil karena berorientasi performa

Jika pada MG 4 EV biasa di Indonesia menggunakan baterai Lithium Iron Phospate berkapasitas 51 kWh dan diklaim punya jarak tempuh hingga 425 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Sementara pada MG 4 EV XPower menggunakan baterai NMC 64 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 385 km pada siklus pengujian WLTP.

Karena lebih berorientasi performa, kapasitas baterai MG 4 EV XPower sebesar 64 kWh sendiri hanya setara dengan varian MG 4 EV Lux di Malaysia. Dan bahkan kapasitasnya lebih kecil dari paket baterai 77 kWh di MG 4 Lux Extended Range, sehingga XPower cuma menawarkan jangkauan baterai terpendek kedua di kuartet varian MG 4 EV yang beredar di Malaysia.

Saat menggunakan kemampuan pengisian daya DC 150 kW penuh, XPower diperkirakan memerlukan waktu 26 menit untuk beralih dari kondisi pengisian daya 10-80%, atau saat diisi daya pada 50 kW, pengisian daya 10-80% yang sama memerlukan waktu 52 menit. Pengisian daya di rumah dengan daya 7 kW AC dari 10-100% membutuhkan waktu 8,5 jam, menurut MG.

MG 4 EV charge di SPKLU

MG 4 EV charge di SPKLU

Sementara pada MG 4 EV di Indonesia juga memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi daya dari 0-80% hanya dalam waktu 35 menit. Bahkan, demi kemudahan para pengguna MG 4 EV akan mendapatkan wall box charger (7 kW) untuk dipasang di rumah. Juga portable charger berdaya 2 kW yang bisa dipakai dalam kondisi darurat.

Baca juga  Spesifikasi Lightyear 0, Bisa 7 Bulan Tanpa Cas

3. Perbedaan Eksterior dan Interior

Aero kit bikin MG 4 EV XPower makin gaya

Aero kit bikin MG 4 EV XPower makin gaya

Fitur eksterior yang menjadi ciri khas MG 4 EV XPower antara lain spoiler aero ganda, sistem gril aktif, velg 18 inci dengan kaliper rem oranye, sedangkan interior mendapat selektor transmisi putar, empat mode berkendara (Standar, Sport, Eco, dan Custom).

Lebih ganteng memang dibanding MG 4 EV biasa meski sama-sama berdimensi 4.287 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.516 mm hanya memakai pelek berukuran 17 inci dibalut ban 215/50 R17.

Mobil ini pakai pelek lebih besar 18 inci

Mobil ini pakai pelek lebih besar 18 inci

Pada interior MG 4 EV XPower memang tidak jauh berbeda. Sepasang fitur layar di dashboard, dengan tampilan speedometer digital 7 inci di depan pengemudi, serta unit layar sentuh mengambang berukuran 10,25 inci.

Integrasi smartphone mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, sedangkan trim interior terbuat lebih mewah dari kulit hitam dan Alcantara, dengan jahitan kontras oranye menjadi sedikit penegasan pada jok, door card, dan konsol tengah. Walau di belakang sama-sama menawarkan split-folding 60:40.

Jok dan nuansa kabin MG 4 EV XPower lebih sporty

Jok dan nuansa kabin MG 4 EV XPower lebih sporty

Tabel spesifikasi MG 4 XPower juga mencantumkan MG iSmart, dengan pengenalan perintah suara ‘Hello MG’, yang melaluinya pengemudi dapat mengakses jadwal pengisian daya yang telah ditentukan, visualisasi jangkauan dan titik pengisian daya yang tersedia, perencana rute, fungsi pencari mobil, mengunci dan membuka kunci kendaraan, mengontrol AC serta melihat status kendaraan.

Baca juga  Komparasi DFSK Mini EV vs Wuling Air EV, Mobil Listrik Cina!

Bahka senada dengan fitur di MG 4 EV biasa konfigurasi kabin tetap bisa memuat total 5 orang dengan posisi 2+3. Hadir pula fitur-fitur kenyamanan seperti pengaturan setir tilt dan teleskopik. Lalu jok pengemudi dan penumpang bisa diatur secara elektrik, automatic AC system, air filtration PM 2.5, intelligent smart access, hingga vehicle to load (V2L). Fitur V2L memungkinkan mobil listrik ini menjadi penyuplai energi untuk berbagai peralatan elektronik saat berada di luar ruangan, seperti laptop, lampu, dan lain-lain.

4. Fitur keselamatan MG 4 EV XPower Lebih Lengkap

Fitur keselamatan XPower lebih lengkap

Fitur keselamatan XPower lebih lengkap

Untuk perlengkapan keselamatan, kedua mobil sama-sama dibekali asistenis fitur ADAS yang mumpuni. Namun tambahan pada MG 4 XPower mendapat suite MG Pilot yang menghadirkan peringatan tabrakan depan dan AEB dengan deteksi pejalan kaki dan sepeda dan ada juga traffic jam assist.

Sisanya sama dengan MG 4 EV biasa mulai lane departure warning, lane keep assist, intelligent high beam assist, blind spot detection, lane change assist, dan rear cross traffic alert. Di sisi keselamatan pasif, pada MG 4 EV XPower dilengkapi dengan 6 buah airbag.

5. Pilihan Warna

Matte Green jadi warna khusus di MG 4 EV XPower

Matte Green jadi warna khusus di MG 4 EV XPower

Terakhir, warna eksterior yang tersedia untuk MG 4 XPower ada 8 terdiri dari Volcano Orange, Holborn Blue, Dynamic Red, Arctic White, Camden Grey, Black Pearl, Monument Silver, dan Matte Green.

Sementara pilihan warna MG 4 EV biasa di Indonesia tersedia hanya 5 yakni Arctic White, Scarlet Red, Night Black, Metal Ash Grey dan Bright Blue. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika