by

8 Perbedaan Nmax ABS dan Non-ABS, Beli yang Mana?

Nmax ABS dan Non-ABS – Mau beli Yamaha Nmax generasi terbaru, tapi bingung pilih varian yang mana? Sebagai gambaran awal, pabrikan garpu tala memasarkan dua varian Nmax di Indonesia: ABS/Connected dan Non-ABS.

Keduanya bukan cuma dibedakan dari nama dan harga. Ada banyak fitur yang juga berlainan. Totalnya, ada delapan perbedaan antara Nmax ABS dan Non-ABS. Banyak bukan?

Supaya kamu tidak salah beli, ada baiknya baca dulu bahasan perbedaan Nmax ABS dan Non-ABS di bawah ini:

1. Fitur ABS

nmax abs/connected
Fitur ABS hadir untuk mengingkatkan keselamatan berkendara

Sesuai namanya, Nmax ABS sudah dilengkapi fitur anti-lock braking system (ABS). Apa guna ABS? Mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.

Dengan ABS, pengendara diharapkan masih bisa mengendalikan motor dalam kondisi darurat dan terhindar dari potensi kecelakaan. Menariknya lagi di Nmax ABS, fitur ini tersedia dua channel, di roda depan serta belakang.

Sementara Nmax Non-ABS belum memilikinya. Varian terendah cuma dapat rem cakram di setiap roda.

2. Keyless Jadi Pembeda yang Cukup Vital Antara Nmax ABS dan Non-ABS

nmax abs/connected sudah dapat fitur keyless
Cuma Varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected yang dapat keyless

Perbedaan Nmax ABS dan Non-ABS juga tampak dari sistem keyless. Nmax ABS/Connected, sudah mengaplikasikannya. Dengan demikian, motor tampak lebih modern serta sulit dibobol maling.

Pasalnya di dalam sistem keyless, terintegrasi immobilizer. Fitur tersebut memastikan cuma remote bawaan pabrik yang bisa dipakai untuk mengaktifkan mesin. Di luar itu, tidak mungkin bisa.

Sementara Yamaha Nmax Non-ABS belum memilikinya. Varian paling rendah ini masih mengandalkan anak kunci konvensional. Soal pengamanan maling, ada shuttered key atau kunci kontak bermagnet.

Baca juga  Bocoran IWB: Yamaha Siapkan New Aerox 155 Y-Connect?

Meski demikian, shuttered key tetap saja kurang untuk melindungi dari maling. Terbukti di model lama, banyak Nmax yang masih bisa dibobol (Nmax generasi lama seluruhnya pakai shuttrred key). Ditambah lagi kalau melihat Honda PCX 150 selaku kompetitor, seluruh variannya sudah dilengkapi keyless dan immobilizer.

3. Answerback System

remote nmax abs/connected
Fitur Answerback system memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir

Selanjutnya mengenai perbedaan Nmax ABS dan Non-ABS ada di fitur answerback system. Di Nmax ABS/Connected, fitur ini telah tersedia. Sementara varian Non-ABS tidak punya.

Guna Answerback system untuk memudahksn mencari kendaraan di tempat parkir. Kamu cukup tekan tombol yang ada di remote, maka Nmax ABS/Connected bakal mengeluarkan suara dan menyalakan lampu dalam rangka memberitahu keberadaannya.

Tidak adanya answerback system di Nmax Non-ABS juga merupakan kekurangan untuk pabrikan berlogo garpu tala. Terlebih seluruh varian Honda PCX sebagai kompetitor sudah memilikinya.

Baca juga:

4. Pengaturan Suspensi Belakang

nmax abs dan non-abs
Suspensi belakang Nmax ABS/Connected bisa diatur tingkat kekerasannya

Baik Nmax ABS dan Non-ABS memang sudah dilengkapi suspensi belakang jenis tabung. Fitur tersebut berguna mengoptimalkan kualitas bantingan motor saat melewati jalan bergelombang dan bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Suspensi tabung juga membuat tampilan motor semakin gagah serta sportif. Hanya saja, ada perbedaan antara suspensi tabung milik Nmax ABS dan Non-ABS yaitu dalam pengaturan tingkat kekerasan.

Baca juga  Yamaha Jet-Max Melintas di Filipina, Ini Spesifikasinya

Di Nmax ABS/Connected, kamu bisa mengatur tingkat kekerasan suspensi dalam dua level. Khusus bawaan pabrik, menggunakan level 1 yang bantingannya lebih nyaman. Sementara level 2 dirancang untuk bantingan yang lebih kaku, cocok buat berboncengan.

Cara mengatur kekerasan suspensi ini tidak sulit. Cukup colok lubang di suspensi dengan obeng kembang. Kemudian putar searah jarum jam untuk pindah ke level 2. Jika ingin balik lagi ke level 1, putar berlawanan jarum jam.

Suspensi belakang memang salah satu kelebihan Nmax dibanding Honda PCX 150 selaku kompetitor. Motor belambang sayap sudah tidak pakai suspensi tabung, kekerasannya tidak pula bisa diatur.

5. Traction control System

traction control system nmax
Fitur TCS hanya hadir di Nmax ABS/Connected

Perbedaan selanjutnya dari kedua varian Nmax generasi terbaru, ada di traction control system (TCS). Fitur ini merupakan salah satu tambahan keselamatan. Fungsinya mencegah roda selip saat berakselerasi melewati jalan licin.

Sayangnya TCS cuma ada di versi Nmax ABS/Connected. Nmax Non-ABS belum memilikinya.

6. Konektivitas Smartphone Merupakan Perbedaan Utama dari Nmax ABS dan Non-ABS

y-connect
Konektivitas smartphone ini merupakan fitur pertama di motor buatan Indonesia

Nmax ABS dan Non-ABS juga punya perbedaan di sisi konektivitas smartphone. Khusus varian tertinggi atau ABS/Connected, tersedia fitur yang mampu menghubungkan motor dengan smartphone. Pabrikan garpu tala menyebutnya sebagai Comunication Control Unit (CCU).

Menariknya, CCU merupakan pertama kalinya diterapkan di motor buatan Indoensia. Bila ingin terkoneksi dengan smartphone, pemilik motor harus lebih dulu mengunduh aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) yang berbasis Bluetooth.

Jika sudah mengunduh Y-Connenect, maka fitur-fitur baru akan terbuka. Lewat smartphone, pengendara dapat mengetahui berbagai informasi, mulai dari posisi parkir, waktu servis, konsumsi bahan bakar, hingga kerusakan motor. Di samping itu, panel instrumen Nmax juga mampu memberi informasi bila ada pesan atau telepon masuk.

Baca juga  Review Yamaha Nmax 2020

Istimewa bukan? Sayangnya fitur ini belum ada di Nmax Non-ABS.

7. Pilihan Warna

Harga All New Yamaha NMax Connected/ABS Diumumkan
Nmax Non-ABS punya pilihan warna lebih banyak

Salah satu kelebihan Nmax Non-ABS dibanding versi ABS/Connected, memiliki pilihan warna yang lebih beragam. Totalnya ada empat warna: hitam, biru, putih, dan merah. Sementara di Nmax ABS/Connected cuma tersedia tiga warna.

Kelir bodi apa yang tidak dipunya oleh Nmax ABS/Connected? Jawabannya adalah warna merah. Selain itu hampir semuanya sama, kecuali tempelan berutliskan ABS di sepatbor depan untuk varian tertinggi.

8. Harga Nmax ABS dan Non-ABS Beda Rp4 Jutaan

yamaha nmax terbaru
Pilih Nmax ABS/Connected supaya motor tidak mudah dibobol maling

Kamu juga bisa melihat perbedaan Nmax ABS dan Non-ABS lewat harganya. Banderol Nmax ABS/Connected yang memiliki berbagai fitur tambahan, tentu lebih mahal. Sementara untuk Nmax Non-ABS dijual lebih murah.

Harga Nmax ABS/Connected adalah Rp33,75 juta (OTR Jakarta). Sementara harga Nmax Non-ABS Rp29,75 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi perbedaan kedua varian Yamaha Nmax. Dengan selisih harga Rp4 juta, ternyata banyak sekali fitur yang ditambahkan ke versi ABS/Connected. Termasuk ada sistem keyless untuk mencegah maling.

Oleh karena alasan tersebut, jika kamu punya bujet lebih sebaiknya pilih versi ABS/Connected. Selain lebih canggih, motor ini juga dijamin lebih aman dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Setuju?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru