Perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia, Dari Konsep Hingga Kini

Mitsubishi Xpander, menjadi produk yang cukup fenomenal di pasar otomotif Tanah Air. Di mana mobil yang bermain di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) itu mampu bersaing dengan sejumlah kompetitornya yang lebih dulu dipasarkan di pasar domestik.

Penjualan Mitsubishi Xpander pun melesat dengan cepat, setidaknya mampu menggoyahkan dominasi si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Tercatat pada tahun 2019 lalu, Mitsubishi Xpander berhasil terjual sebanyak 70.679 unit.

Perjalanan penjualan Mitsubishi Xpander terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Mobil ini setidaknya membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali ‘tersenyum’, berkat perolehan penjualan dari LMPV andalannya itu.

Perjalanan dari XM Concept ke Mitsubishi Xpander

Mitsubishi XM Concept
Mitsubishi XM Concept menjadi cikal bakal Xpander di Indonesia

Mitsubishi Xpander awal diperkenalkan di Indonesia melalui XM Concept yang merupakan cikal bakal hadirnya Mitsubishi Xpander di Tanah Air yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, bersamaan dengan digelarnya perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Animo yang besar pun ditunjukkan masyarakat di Indonesia kala itu, XM Concept menjadi harapan baru bagi masyarakat yang mendambakan sebuah mobil keluarga 7-penumpang dengan desain modern.

Mitsubishi Xpander World Premier di GIIAS 2017

World Premiere Mitsubishi Xpander di 2017
Debut perdana dunia Mitsubishi Xpander berlangsung di GIIAS 2017

Momentum peluncuran Mitsubishi Xpander terbilang cukup panjang di Indonesia. Sejak diperkenalkan dalam wujud konsep di ajang GIIAS 2016, Mitsubishi Indonesia justru baru meluncurkan setahun kemudian.

Berawal dari munculnya Mitsubishi Xpander melalui situs resmi Mitsubishi Motors pada 17 Juli 2017, selanjutnya resmi diperkenalkan pada 24 Juli 2017, hingga akhirnya resmi melakukan debut perdana dunia pada tanggal 10 Agustus 2017 yang lagi-lagi berlangsung di ajang GIIAS. Sejak itulah perjalanan Mitsubishi Xpander di Tanah Air dimulai.

Mitsubishi Xpander yang baru dirilis di Indonesia itu ditawarkan dalam enam varian, yaitu GLX, GLS, Exceed matic dan manual, Sport, dan Ultimate, dengan pilihan transmisi 4-percepatan matic dan 5-percepatan manual.

Secara dimensi mobil ini terbilang cukup mumpuni, dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Mitsubishi Xpander menawarkan jarak sumbu roda sebesar 2.275 mm. Dengan dimensi itu, Mitsubishi Xpander menyuguhkan nuansa kabin yang cukup lega.

Keunggulan Mitsubishi Xpander dari sejumlah kompetitor adalah desainnya yang jauh lebih modern ketimbang dengan pesaingnya. Desain Xpander diklaim menggabungkan nuansa MPV dengan aura SUV. Desain gril depan yang mengaplikasikan konsep Dynamic Shield menjadi khasnya. Pada varian tertinggi pun telah dilengkapi dengan aksen krom untuk mempertegas tampilannya.

Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.5 liter MIVEC DOHC 16 valve, 4 silinder. Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi 4-percepatan otomatis atau 5-percepatan manual.

Mitsubishi Xpander Cross Meluncur di Indonesia pada 2019

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross meluncur di bulan November 2019

Dua tahun berselang, dan tercatat meraih kesuksesan melalui produk LMPV. Mitsubishi Indonesia memperkenalkan varian tertinggi dari Xpander, yakni Mitsubishi Xpander Cross. Secara tampilan, Mitsubishi Xpander Cross menyuguhkan ‘rasa’ SUV yang semakin kental.

Xpander Cross ditawarkan dalam tiga yakni Sport M/T, Sport A/T, dan Leather Seat Premium Package A/T. Pihak pabrikan mengklaim Mitsubishi Xpander Cross memadukan kenyamanan sebuah MPV dan ketangguhan SUV.

Meski secara garis besar, desain Xpander Cross tidak berbeda jauh dengan versi terdahulu. Bila dibandingkan dengan varian Xpander lainnya, Cross mendapatkan aksen panel body ala mobil SUV, seperti skid plate berikut bumper baru, panel over fender, dan pelek 17 inci.

Dimensinya pun ternyata lebih lebar 50 mm ketimbang dengan Xpander biasa, untuk memberikan kesan lebih luas dan stabil. Setelan suspensi pun disesuaikan dan turut meningkatkan ground clearance menjadi 225 mm, atau naik 20 mm dibandingkan varian Xpander biasa. Pada bagian atap juga dilengkapi dengan roof rail untuk penyimpanan barang dan menunjang tampilan semakin gagah.

Perjalanan Mitsubishi Xpander facelift di Awal 2020

Mitsubishi Xpander facelift 2020
Mitsubishi Xpander facelift meluncur dengan sejumlah ubahan

2 bulan berselang pasca meluncurkan Mitsubishi Xpander Cross pada November 2019, Mitsubishi Indonesia pada bulan Februari 2020 meluncurkan model terbaru dari Mitsubishi Xpander. LMPV yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat itu mendapatkan sejumlah ubahan bila dibandingkan model sebelumnya.

Ubahan yang terjadi pada Mitsubishi Xpander model 2020 hanya sebatas pada penyempurnaan tampilan saja. Seperti bagian gril yang mengusung desain baru, tak lagi lurus dan rapat, kini berupa dua bilah tebal yang melengkung mengarah ke arah lampu kecil. Konsep itu diklaim mampu meningkatkan tampilan jadi semakin tangguh.

Fitur-fitur di Xpander Facelift 2020

Selain itu, ubahan pada sisi eksterior terlihat pada sisi pelek alloy berukuran 16 inci two tone dengan desain palang lima. Untuk menyempurnakan tampilan, Mitsubishi Xpander facelift dilengkapi dengan antena model sirip hiu untuk varian Ultimate, Sport dan Exceed.

Pada sisi interiornya, Xpander 2020 mendapatkan perubahan pada jok yang kini menggunakan motif baru. Tersedia dalam warna Beige (krem) untuk Ultimate dan Black (hitam) untuk Sport. Panel instrumen juga turut mendapatkan sentuhan aksen baru. Ornamen kayu tetap dipasang pada Ultimate dan Exceed, sedangkan Sport berupa silver panel.

Salah satu fitur yang membedakan dari model sebelumnya adalah hadirnya lampu utama berbasis LED yang punya penerangan lebih luas. Pada kaca belakang pun kini dilengkapi deffoger untuk varian Ultimate, Exceed dan Sport.

Mitsubishi Xpander 2020 dilengkapi dengan fitur hiburan baru, melalui hadirnya head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang terintegrasi dengan smartphone, yang sebelumnya hanya tersedia di varian Ultimate, kini juga tersedia di tipe Sport. Fitur itu dipadukan dengan fitur control steering switch yang tersedia di lingkar kemudi.

Mitsubishi Xpander facelift juga telah dilengkapi dengan sensor parkir mundur. Serta klakson baru, yang kini tersedia untuk semua varian.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *