by

Pick Up Listrik, Ford F-150 Lightning Resmi Meluncur!

Ford F-150 Lightning akhirnya diperkenalkan di Amerika Serikat (AS) pada Rabu (19/5). Mobil double cabin yang mengadopsi sistem gerak full elektrik ini sudah bisa dipesan, dan akan diproduksi pada pertengahan tahun 2022.

Nama Lightning sendiri sebenarnya bukan hal baru bagi Ford, karena sudah pernah dipakai pada SVT F-150 Lightning di era dekade 1990-an. SVT F-150 Lightning merupakan mobil dengan performa mantap dengan mesin supercharged V8 berkapasitas 5,4-liter.

Hanya saja kini nama Lightning digunakan untuk pick up bertenaga listrik. Tampilannya pun dibuat sangat modern, layaknya mobil dari masa depan.

Pikap F-series sendiri merupakan lini kendaraan terlaris di AS, secara penjualan varian F-150 tertinggi mengungguli F-250 dan F-450. Peluncuran Ford F-150 Lightning di AS juga lumayan memberi kejutan, lantaran mobil ini ditawarkan lebih murah dari versi mesin konvensional.

Tujuan Ford dalam membuat mobil listrik terjangkau untuk banyak orang sejalan dengan program percepatan era kendaraan listrik di AS, yang menurut para ahli sangat penting bagi dunia untuk menghindari efek terburuk dari perubahan iklim.

Baca juga  Mengenal Sosok Nissan Navara Facelift, Makin Gagah!

F-150 Lightning, sebaliknya, ditujukan untuk pebisnis, kontraktor, dan perusahaan pertambangan. Dimana konsumen tersebut tidak lagi membeli mobil karena pertimbangan harga, melainkan lebih ke pada kemudahan sisi perawatan.

“Ada banyak armada besar yang mencari solusi ramah lingkungan tetapi belum mendapatkan jawaban sampai sekarang,” kata William C. Ford Jr., Presiden Ford.

Harga Ford F150 Lightning

ford f-150 lightning - tampak belakang
Sebagai mobil ramah lingkungan, F-150 Lightning dapat subsidi dari Pemerintah Amerika Serikat

Dikutip laman Motor1, Ford F-150 Lightning akan ditawarkan dua model yakni Standard Range (SR) dan Extended Range (ER). Masing-masing dibedakan dari kemampuan jelajahnya.

Untuk type SR, memiliki kemampuan daya jelajah 370 km dalam satu kali pengisian baterai, unit ini dibandrol mulai $ 39.974 (Rp 573 juta).

Sedangikan ER, ditawarkan dengan kemampuan daya jelajah 482 km, dipasarkan dengan harga $ 59.974 (Rp 860 juta).

Chief Executive Ford, Jim Farley, mengatakan kepada CNBC bahwa setelah peluncuran dalam rentang 12 jam, Ford F-150 Lighning telah mendapatkan 20.000 pesanan.

Sebagai mobil ramah lingkungan, Ford F150 juga akan mendapatkan potongan harga dari pajak kendaraan yang dipatok AS dan masing-masing wilayah. 

Baca juga  Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Toyota Indonesia

Potongan harga diberikan mulai $ 7.500 (Rp 107 juta), sementara untuk di berapa negara bagian seperti California, New Jersey, dan New York menawarkan potongan harga tambahan hingga $ 5.000 (Rp 71 juta).

Kemampuan Derek 4,5 Ton dan Kap Mesin Bisa Dipakai Sebagai Bagasi

ford f-150 lightning - bagasi depan
Kap mesinnya bisa diisi banyak barang, serta terdapat sumber tenaga untuk berbagai peralatan listirk

Dengan motor listrik yang dipasang di masing-masing as rodanya, performanya sangat mantap. Kendaraan ini diklaim memiliki torsi lebih besar, akselerasi lebih cepat dibanding F-150 konvensional sebelumnya.

Mobil pick up listrik Ford F-150 Lightning mampu melontarkan torsi hingga 1.050 Nm dan tenaga maksimal 563 hp. Lebih gilanya lagi, paket baterai yang ditawarkan bisa mensuplai listrik ke rumah selama 3 hari. Dapat pula dimanfaatkan untuk bekerja, seperti menghidupkan gergaji mesin, bor listrik, dan lain-lain.

Bagasi yang dipunya mobil listrik tersebut bukan cuma di belakang atau baknya. Tapi juga di kap mesin dapat dipakai untuk menyimpan banyak sekali barang bawaan hinga 396 liter.

“Mobil ini bisa menjadi tempat kerja, dan bisa digunakan sepanjang hari,” kata Ted Cannis, manajer umum bisnis kendaraan komersial Ford Amerika Utara.

Baca juga  Kesetrum Mobil Listrik Saat Charge Baterai, Bahaya?

Fitur Modern dengan Head Unit 15,5 Inci

ford f-150 lightning - interior
Head unit layar sentuh besar milik F-150 Lightning mampu terkoneksi dengan smartphone

Walau tergolong mobil niaga atau pekerja, namun soal fitur modern tidak perlu diragukan. Ford F-150 Lightning sudah dilengkapi head unit layar sentuh 15,5 inci bergaya vertikal. 

Head unit tersebut terintegrasi teknologi SYNC® 4 yang mampu membuat mobil terkoneksi dengan smartphone dan internet. Bukan cuma itu, layar besar ini pun terhubung navigasi, serta kontektivitas cloud. Kamu juga mengatur berbagai fitur hanya dengan memberikan perintah suara.

Tidak kalah menarik, pick up elektrik F-150 Lightning mampu membuat smartphone layaknya kunci mobil. Jadi segala macam pengaturan bisa dilakukan hanya dari genggaman kamu.

Demikian ulasan terkait peluncuran Ford F-150 Lightning. Untuk mendapatkan berita lengkap lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru