oleh

MG Mulan, Crossover Listrik Penantang Hyundai Ioniq 5

MG Mulan memulai perkenalanya secara global di Cina, beberapa waktu lalu. Mobil bergenre crossover tersebut hadir dengan konfigurasi energi listrik murni yang diklaim memiliki tenaga super.

Dengan mengusung baterai Rubik’s Cube, MG Mulan dapat melesat dengan kecepatan 0-100 km/jam dalam 3,8 detik, dengan jarak tempuh hingga mencapai 600 kilometer.

MG Mulan sendiri dijuluki ‘Global Pure Electric SuperPower Crossover’. Artinya mobil ini yang pertama kali menggunakan platform global untuk kendaraan berbasis baterai dari MG. 

Dikatakan MG dalam keterangan resminya dikutip 20 Juni 2022, MG Mulan memiliki tiga keunggulan utama yakni kenyamanan penggerak belakang listrik, penggunaan baterai ultra tipis, dan fitur terbilang komplit. Sekilas, platform MG untuk Mulan ini mirip dengan kepunyaan Ioniq 5.

“MG Mulan dirancang dengan visi global yang modern, melalui penggunaan yang fungsional dalam berkendara serta mengedepankan tren model yang personalize dengan warna yang kaya dan kontras,” tulis MG.

Menanggapi mobil baru tersebut, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin mengatakan, MG Motor Indonesia sangat antusias dengan kehadiran MG Mulan.

Baca juga  MG Care Siaga, Periksa Mobil Gratis Selama Lebaran

“Teknologi listrik murninya dan keunggulan implementasi global yang tersemat pada seluruh tampilan, fitur keselamatan dan teknologi, menjadi pembuktian penerapan BRIT DYNAMIC pada setiap kendaraan MG, temasuk seluruh line up yang sudah kami juga hadirkan di Indonesia. Hal ini sebagai pengukuhan evolusi MG yang modern sejak diciptakan pada tahun 1924 di Inggris,” katanya.

Sebagai merek global MG telah memiliki standar keselamatan bintang lima Eropa (Euro NCAP) dan pengembangan MG Mulan berkiblat pada standar keselamatan tersebut.

Selain itu untuk MG Mulan memiliki platform sistemasi eksklusif, dengan mengadopsi desain balok triple impact yang terkemuka, aplikasi kapasitor CPM, dan perlindungan keselamatan baterai yang ditingkatkan secara signifikan, memberikan keamanan maksimal yang unggul bagi pengguna MG Mulan di seluruh dunia.

Penggunaan Baterai Rubik’s Cube di MG Mulan

Sosok MG Mulan
Desain MG Mulan sangat istimewa, kental aura futuristik

MG Mulan dilengkapi dengan teknologi baterai Rubik’s Cube, apa itu? Intinya mirip bongkar pasang. Desain Rubik’s Cube bisa mendukung penggantian baterai lebih mudah. Baterai dengan spesifikasi berbeda bisa dipilih untuk penggantian. Kemudian, ganti baterai juga dapat dilakukan satu pak sekaligus.

Baca juga  MG 5 GT Siap Dijual di Jakarta Auto Week 2022

Di samping itu, kelebihan baterai mobil MG terbaru yaitu Mulan adalah memiliki desain sel-sel horizontal, bukan vertikal sebagaimana mobil listrik kebanyakan. Baterai horizontal tersebut memungkinkan posisinya tidur. Alhasil lebih tips serta rendah, menghasilkan center low gravity yang sangat baik.

Jika melihat desain baterai seperti itu, persis dengan kempunyaan Hyundai Ioniq 5. Inilah alasan mengapa, kami menyebut MG Mulan sebagai rival mobil listrik berlogo H miring.

Keselamatan dan kenyamanan pengguna mobil listrik Mulan semakin terjamin, karena baterai dilengkapi dengan sistem perlindungan zero heat runaway terkemuka. Ada pemantauan jarak jauh 7 x 24 jam, serta penggunaan desain sel baterai baris berbaring.

Selain itu untuk keamanan baterai juga telah dilindungi oleh bahan tahan api berteknologi tinggi, katup tahan ledakan pelepas tekanan otomatis, dan beberapa mekanisme perlindungan lainnya. Ada keamanan daya dan redaman baterai. 

Untuk saat ini, MG memang baru memperkenalkan Mulan di Cina. Walau demikian, karena ini produk global seharusnya akan tiba di negara-negara lain tidak lama lagi. Bahkan bukan tidak mungkin masuk Indonesia.

Baca juga  Teknologi Internet of Things pada MG HS i-SMART, Apa Fungsinya ?

Demikian ulasan terkait Crossover terbaru MG Mulan yang mengadopsi penggerak elektrik murni dan teknologi baterai Rubik’s Cube. Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru seputar otomotif.

Terbaru