Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review MG 5 GT Magnify, Sedan Ganteng Performa Loyo?

by Tigor Sihombing
review MG 5 GT Magnify

Kali ini, Moladin beberkan hasil review MG 5 GT Magnify. Sedan ganteng yang kami test drive merupakan varian tertinggi yang harganya tembus Rp 407,9 juta (OTR Jakarta). Di bawahnya ada 2 lagi model yang dipasarkan Rp 347,9 untuk MG 5 GT Active dan Rp 377,9 juta untuk MG 5 GT Ignite.

Secara desain eksterior, MG 5 Magnify memang juara. Seperti mobil mahal dengan desain sangat sporty. Parasnya begitu agresif layaknya ikan hiu sedang berburu mangsa (shark hunting). Dipadu lampu depan LED berbentuk pipih.

Lalu dari samping, mobil ini punya garis desain yang melandai ke belakang, khas mobil 4-door sport coupe. Tampilan tersebut semakin lengkap dengan penggunaan velg two tone ukuran 17 inci. Kemudian di belakang ada lampu LED dengan gaya Leopard Claw.

Bicara warna bodi, sedan MG punya enam opsi: light up yellow, scarlet red, arctic white, silver metallic, metal ash grey, hingga black knight. Warna-warni sehingga bisa menentukan sesuai keinginan.

Apakah MG 5 GT cuma modal tampang untuk masuk pasar otomotif Indonesia? Mau tahu lebih detail, kelebihan dan kekurangannya? Berikut kami bahas lebih detail dengan membeberkan sejumlah hasil pengujian seperti tes akselerasi, uji irit konsumsi BBM, hingga kepraktisan dan kenyamanan interiornya.

Penasaran dengan review MG 5 Magnify? Berikut bahasan lengkapnya dari hasil test drive tim Moladin.

Performa Mesin MG 5 Magnify dan Konsumsi BBM

Review MG 5 GT Magnify

Akselerasi MG 5 GT Magnify terbilang loyo

Review MG 5 GT Magnify yang pertama adalah mengulas soal performa mesin. Cara pengujiannya dengan menjajal kemampuan berlari sedan tersebut dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam. Hasil yang didapatkan, ternyata sedan ini membukukan waktu 14,8 detik.

Baca juga  Honda City Sedan e-HEV Semakin Dekat Indonesia

Jika dibandingkan dengan kompetitornya Toyota Vios tarikannya terasa kurang responsif di putaran bawah. Dengan metode yang sama Vios mencatatkan waktu 12,4 detik. Dengan kata lain, akselerasi adalah salah satu kekurangan MG 5 GT Magnify.

Begitu pun, dengan pengetesan drag race 201 meter, di mana MG 5 GT sedikit lebih responsif dan mampu mencatatakan waktu 12,7 detik. Bandingkan dengan Toyota Vios dengan hasil 12,0 detik.

Kenapa MG 5 GT bisa tidak terlalu cepat akselerasinya? Padahal jantung pacu yang dipakainya punya performa cukup oke di atas kertas. Sedan ini mengadopsi mesin 1.498 cc DOHC VTi-TECH dengan transmisi CVT 8-percepatan. Torsi puncaknya tembus 150 Nm dan tenaga 114 PS. Hanya saja bodi mobil sedan yang bongosr, menjadikan mesinnya jadi bekerja lebih keras dan akselerasinya tertahan. 

Lalu soal konsumsi BBM, MG 5 GT menghasilkan catatan 12,6 km/l untuk di dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan di tol mencapai 16,3 km/liter. Angka ini cukup boros dibanding kompetitornya seperti Toyota Vios. Alasannya lagi-lagi bodi bongsor sedan MG dibanding rival.

Baca juga  Honda Civic eHEV Diperkenalkan di Eropa

Seberapa Luas dan Nyaman Interior MG 5 GT?

review MG 5 GT Magnify

Akomodasi bagasi MG 5 GT teryata lebih kecil dibanding Vios.

Review MG 5 GT Magnify selanjutnya adalah soal kenyamanan interior. Kami coba duduk di kursi penumpang belakang mobil dengan panjang 4,6 m, lebar 1,8 m, dan tinggi 1,4 meter ini.

Alhasil menjadi penumpang belakang sedan ini terasa luas, layaknya Toyota Corolla Altis dan Honda Civic RS selaku sedan medium. Padahal tester kami, memiliki tinggi badan sekitar 175-180 cm. Hebatnya interior MG 5 GT masih bisa menyisakan ruang kaki di lutut seluas 2 jari. Sementara untuk head room memang sedikit lebih mepet, ini karena desain mobil serupa coupe.

Di kabin kemudi, sulit menemukan posisi mengemudi terbaik, mungkin karena tester kami memiliki tinggi di atas rata-rata 180 cm ke atas. Penyebabnya meski sedan, MG 5 GT memiliki jok yang tinggi layaknya sebuah SUV. Belum lagi ditambah setir yang hanya bisa tilt alias naik turun, belum bisa teleskopik atau maju mundur.

Sedangkan bicara kelebihannya, interior desain sporty juga masih konsisten hingga di dalam kabin. Joknya berkelir two tone lapis kulit sintetis. Tapi sayang penggunaan material plastik di kabin, misal pada dashboard terasa kurang berkualitas. Kekurangan lain adalah MG 5 GT tidak banyak fitur kenyamanan untuk penumpang belakang. Misalnya hand rest belum ada di jok belakang. Padahal kompetitor seperti Honda City sedan sudah memilikinya.

Baca juga  Honda Civic Type R Facelift 2021 Meluncur, Apa Bedanya?

Kemudian kelebihan MG 5 GT selanjutnya ada di kekedapan kabin. Pakai Db meter, mobil dipacu dalam kecepatan 80 km/jam bisa menghasilkan kekedapan 71 Db.

Sedangkan akomodasi barang MG 5 GT ternyata cukup kecil dengan luas bagasi 529,9 liter. Sedangkan pada Vios yang merupakan kompetitor, bisa menampung 556,8 liter barang.

Sunroof Jadi Fitur Andalan

Review MG 5 GT Magnify

Sunroof jadi fitur andalan MG 5 GT Magnify

Bicara kenyamanan interior, sunroof jadi fitur paling mencolok yang dimiliki Mg 5 GT Magnify. Mungkin untuk kelas sedan entry level, baru MG yang dibekali fitur sunroof.

Selain itu sedan ini juga memiliki sistem pengaturan kursi elektrik hanya di kursi pengemudi. Selain itu bobot setir juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Fitur lain yang juga memanjakan pengemudi adalah kehadiran panel instrumen digital 7 inch. Di dalamnya bisa menampilkan berbagai informasi berkendara, termasuk dynamic driving management untuk mengetahui torsi, tenaga, injakan gas, serta rem.

Untuk fitur safety ada 6 airbags yang bisa melindungi hingga ke penumpang belakang. MG juga menyediakan synchronized protection system, di dalamnya termasuk blind spot detection (BSD), lane change assist (LCA), rear cross traffic alert (RCTA), hingga rear collision warning (RCW).

Demikian review MG 5 GT Magnify. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika