3 SUV Listrik Mercedes-Benz di 2023: EQA, EQB, dan EQC!

by Firdaus Ali
suv listrik mercedes-benz eqa

Total 19 mobil baru Mercedes-Benz siap meluncur di Indonesia tahun 2023. Di antara bocoran yang kami dapat, ada tiga SUV listrik Mercedes-Benz: EQA, EQB, dan EQC yang bakal hadir.

“Nah ini mungkin (SUV listrik Mercedes-Benz untuk 2023) yang harganya sangat menarik, dan mobilnya juga compact,” kata Deputy Director Sales Operation & Product Management MBDI, Hari Arifianto pada Selasa (28/3/2023).

Tiga SUV elektrifikasi tersebut, akan membuat Mercedes-Benz memiliki 5 lini produk mobil listrik secara total pada 2023. Sebelumnya, mereka sudah lebih dulu meluncurkan EQS dan EQE yang berbentuk sedan.

Kehadiran SUV listrik Mercedes-Benz di Indonesia tentu menjadi angin segar. Apalagi kini  pasar SUV sedang tinggi peminat. Ditambah lagi kemunculan EQA dan EQB sebagai versi entry level pada 2023, harusnya membuat harga mobil listrik merek asal Jerman ini semakin terjangkau. 

“Mercedes-Benz akan menjadi merek kendaraan mewah dengan lini kendaraan full-electric paling lengkap di Indonesia, di tahun ini (2023) kami akan merilis 19 mobil baru dan ada mobil listrik. Berbicara market, tahun 2022 merupakan tahun yang baik bagi otomotif Indonesia. Penjualan ritel disebut melebihi 1 juta unit dan kendaraan premium naik 21 persen, dan kami yakin di tahun 2023 ini akan lebih baik,” ungkap Presiden Direktur MBDI, Choi Duk Jun.

Baca juga  Spesifikasi Mercedes-AMG EQE, Mobil Sport Listrik 1.000 Nm

Sebagai informasi, Pada tahun lalu sebanyak 3.184 mobil Mercy terjual di dalam Tanah Air. Selain itu, catatan penjualan Mercy pada 2022 meningkat 26 persen ketimbang 2021. Ada tiga model kontributor terbesar yaitu GLC, C-Class dan E-Class.

Lalu untuk mobil baru Mercedes-Benz untuk tahun 2023, sesungguhnya kita tinggal menunggu 18 model lagi. Pasalnya di awal 2023, mereka sudah meluncurkan AMG G63 Edition 53 di Tanah Air.

Spesifikasi Mercedes-Benz EQA, EQB, dan EQC, Harga Murah!

suv listrik Mercedes-Benz EQB

Sosok Mercedes-Benz EQB, SUV listrik 7-seater dengan harga murah

Bagaimana dengan spesifikasi serta harga SUV listrik Mercedes-Benz: EQA, EQB, dan EQS SUV? Kita bisa lihat bocorannya di negara lain yang sudah kedapatan unit lebih dulu seperti Singapura.

Di mana untuk EQA merupakan SUV ringkas, dengan dimensi mirip-mirip Mercedes-Benz GLA. Bagitu juga EQC yang serupa GLC. Interior kedua mobil listrik tersebut cuma muat 5-orang. Sementara untuk EQB, adalah SUV 7-seater.

Kemudian yang juga menarik, harga Mercedes-Benz EQA dan EQB itu bisa tembus setengahnya dari EQS. Dengan kata lain, ketika masuk Indonesia, bisa Rp 1 miliaran. Begitu juga dengan EQC, yang kemungkinan banderolnya masih di bawah Rp 2 miliar.

Baca juga  Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport, Review, dan Harga 2022

Istimewanya lagi, walau tiga SUV listrik Mercedes-Benz ini punya harga murah tapi dari sisi spesifikasi cukup istimewa. Sebut saja jarak tempuh yang bisa di atas 400 Km dalam kondisi baterai penuh.

Mobil Listrik Mercedes-Benz di Indonesia

Mobil baru Mercedes-Benz

Mobil listrik Mercedes-Benz yang sudah mengaspal di Indonesia

Berbicara mobil listrik Mercedes-Benz di Indonesia, akhir tahun 2022 kemarin MBDI telah meluncurkan 2 mobil listrik yaitu Mercedes-Benz EQS dan EQE. Adapun soal harganya dijual dengan banderol sebagai berikut:

Mercedes-Benz EQS

  • EQS 450 + Electric Art Line: Rp 3.100.000.000
  • EQS 450+ AMG Line: Rp 3.525.000.000

Berbicara spesifikasi kedua model EQS, mobil listrik ini dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh, menghasilkan jarak tempuh hingga 770 km, dengan konsumsi daya listriknya mencapai 20,4-15,7kWh/100km. Adapun fitur- fitur lain yang tersedia pada the new EQS seperti Comfort seats dengan 4-way lumbar support, serta bagasi luas dengan one-bow design.

Tak hanya itu saja, ada pula THERMOTRONIC automatic climate control dengan 4 zona iklim, Active Ambient L, Baterai lithium-ion dengan 12 modul yang menghasilkan daya 107,8 kWh, dilengkapi dengan fitur Electric Intelligence, serta adanya fitur pengisian baterai penuh selama 10 jam menggunakan Wallbox 11kW dan pengisian dari 10% ke 80% selama 45 menit menggunakan DC fast charging system.

Baca juga  Cara Menggunakan Fitur V2L di Hyundai Ioniq 5

Mercedes-Benz EQE

  • EQE 350+ Electric Art Line: Rp 2.300.000.000

Sementara itu, untuk Mercedes-Benz EQE memiliki daya jelajah hingga 660 km dalam satu kali pengisian baterai. Dengan kata lain, konsumsi listrik mencapai 18,7-15,9 kWh/100 km.

Di dalam kabin interior, ada panoramic sliding sunroof, setir mobil sport multifungsi berbahan kulit, THERMOTRONIC automatic climate control dengan 4 zona iklim serta dereta fitur keamanab canggih seperti PRE-SAFE® System; DISTRONIC Active Distance Assist; Active Lane, Keeping Assist; Adaptive High Beam Assist Plus; dan Tire Pressure Monitoring System.

Moladiners, itulah ulasan mengenai 3 mobil listrik Mercedes-Benz yang siap meluncur 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika