by

Harga Rp260 Juta, Beli Suzuki XL7 Alpha atau Ertiga Sport?

Suzuki XL7 atau Ertiga – Baik Suzuki XL7 dan Ertiga Sport berasal dari basis yang sama. Mesin 1.5L dengan penggerak roda depan, transmisi konvensional, dan kabin muat tujuh penumpang. Harganya juga tidak terpaut berbeda.

Walau banyak kemiripan, namun keduanya berbeda karakter. Alhasil konsumen yang disasar pun tidak sama. Ingin tahu detail kelebihan dan kekurangan dua saudara ini? Suzuki XL7 atau Ertiga yang sebaiknya dibeli?

Kami akan coba komparasi dari masing-masing varian tertinggi yang dari sisi harga ada di kisaran Rp260 jutaan. Suzuki XL7 Alpha Vs Ertiga Sport, berikut ulasannya:

Desain Suzuki XL7 Vs Ertiga

suzuki xl7 vs ertiga
Desain Suzuki Ertiga sport sepertiak spoiler namanya, beraura sportif dengan bany

Suzuki Ertiga Sport merupakan sebuah MPV. Desainnya dibuat elegan untuk kenyamanan seluruh anggota keluarga. Dengan embel-embel nama sport dibelakang, aura sportif mau tidak mau hadir lewat penggunaan berbagai spoiler di sekujur tubuh.

Sementara untuk ukuran roda, Ertiga Sport pakai ban 185/65 R15. Ground clearance-nya cuma 180 mm. Spesifikasi tersebut cukup untuk sebuah MPV melibas jalanan aspal.

Karakter desian berbeda ditawarkan oleh Suzuki XL7 Alpha, meski basis sama dengan Ertiga Sport. Aura SUV lebih kuat terpancar. Ukuran ban kini diperbesar jadi 195/60 R16 di keempat roda. Efeknya ground clearance Suzuki XL7 juga meningkat jadi 200 mm.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Kicks, Mobil Listrik yang Indonesia Banget

Dengan begitu, Suzuki XL7 punya daya jelajah yang lebih luas dibanding Ertiga Sport. LSUV pabrikan berlambang S ini mampu melewati berbagai medan jalan, tanpa khawatir bodi bawah mentok.

Komponen SUV lain ikut hadir di XL7, seperti roof rail yang berfungsi meletakkan roof rack dan roof boks ketika ingin membawa banyak barang. Ada pula berbagai aksesori lain, seperti over fender, bumper bawah kotak-kotak, serta grille tegas yang menjadikan aura petualang semakin terasa.

Tidak ketinggalan, pilihan warna two tone di eksterior bodi. Kelir ini membuat Suzuki XL7 Alpha semakin tampil beda dibanding Suzuki Ertiga Sport.

Fitur Suzuki XL7 Alpha Lebih Banyak

Interior SuzukI XL7
Versi Suzuki XL7 Alpha sudah pakai smart e-mirror dan lampu depan LED

Bicara fitur, Suzuki XL7 Alpha punya fitur lebih banyak dari Ertiga Sport. Maklum, produk SUV ini meluncur belakangan. Kelebihannya ada di lampu depan LED dan smart e-mirror.

Guna LED untuk membuat membuat visibilitas berkendara lebih baik di malam hari, sekaligus hemat daya. Sementara smart e-mirror bisa berfungsi sebagai perekam perjalanan, layaknya dash cam. Istimewa bukan?

Di samping yang sudah disebutkan di atas, Suzuki XL7 dan Ertiga Sport  tidak banyak berbeda. Dari sisi keselamatan telah dilengkapi fitur cukup lengkap. Sebut saja anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD) untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

Baca juga  10 Mobil SUV Murah dan Terbaik di Indonesia

Ada pula electronic stability programme (ESP) dan hill hold control (HHC). Guna ESP mencegah mobil mengalami oversteer saat bermanuver di tikungan. Manfaat HHC beda lagi, fitur ini bisa menahan mobil agar tidak mundur selama beberapa detik, saat berhenti di tanjakan curam.

Sayangnya untuk airbag, jumlahnya masih dua untuk penumpang baris pertama saja. Belum ada air bag untuk penumpang di baris kedua dan ketiga.

Baca juga:

Suzuki Ertiga Sport Punya Interior lebih Mewah

Suzuki Ertiga Sport
Interior Ertiga Sport mewah lantaran pakai aksen kayu

Keduanya sama-sama pakai tema hitam untuk interior, sehingga penumpang merasa lebih nyaman saat berada di dalam kabin. Meski serupa, namun kamu bisa lihat bahwa interior Suzuki Ertiga Sport lebih mewah dibanding XL7.

serta nyaman untuk keluaga. Hal ini berkat kehadiran aksen kayu di sisi pintu, dashboard, dan lingkar kemudi.

Sementara Suzuki XL7 Alpha tampak lebih monoton. Permainan interiornya hanya sebatas corak karbon fibered di dashbord, itu juga tetap pakai warna hitam. Meski begitu, XL7 Alpha bukan tanpa Keunggulan. SUV ini punya head unit besar berukuran 8 inci, sementara Ertiga Sport cuma 6,8 inci.

Baca juga  5 Kekurangan MG ZS Indonesia, Rival Kuat HR-V

Di samping yang telah disebutkan di atas, interior keduanya kurang lebih sama. Kabin memiliki tiga baris bangku, masing-masing memiliki power charger untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara. Tidak ketinggalan, AC digital dan start stop engine button.

Kesimpulan, Beli Suzuki XL7 Alpha atau Ertiga Sport?

Suzuki XL7
Suzuki XL7 pakai ban lebih besar sehingga ground clearance lebih tinggi

Suzuki XL7 atau Ertiga yang dibeli? Bila yang dicari adalah kenyamanan untuk berkendara bersama keluarga di jalanan aspal, maka Suzuki Ertiga Sport bisa jadi pilihan. Varian MT dijual Rp250 juta (OTR Jakarta). Sementara varian AT, harganya R260,5 juta (OTR Jakarta).

Sementara, kalau kamu cari mobil dengan daya jelajah lebih luas. Dalam artian ingin mengajak keluarga untuk bertualang, maka Suzuki XL7 Alpha merupakan opsi terbaik. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal. Varian MT dijual Rp256,5 juta (OTR Jakarta) dan varian AT harganya Rp267 juta (OTR Jakarta).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru