Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Prediksi Harga GAC Aion Y Plus Yang Bisa Dimodif ala Campervan

by Ivan
Prediksi harga GAC Aion Y Plus

GAC Aion dipastikan segera menggeber penetrasi bisnisnya di pasar otomotif Tanah Air setelah peluncuran perdana dua model pertama mereka di event GIIAS pada July 2024 mendatang. Ini dia prediksi harga GAC Aion Y Plus yang bisa dimodif ala campervan.

Ya GAC Aion Y Plus dan GAC Aion Hyper HT akan menjadi dua model awal yang diboyong GAC Aion New Energy Automobile Co., Ltd dan PT Indomobil Energi Baru.

Ke depan anak perusahaan Indomobil Group tersebut akan menangani distribusi, penjualan, dan purna jual produk GAC Aion. Kami sendiri tergelitik mengulas lebih dalam perihal GAC Aion Y Plus yang baru saja meluncur di Malaysia dan akan berkompetisi di segmen SUV crossover.

Harga GAC Aion Y Plus Kompetitif?

GAC Aion Y Plus meluncur di Malaysia
GAC Aion Y Plus meluncur di Malaysia

GAC Aion Y Plus resmi hadir di Malaysia dalam 2 varian yakni Elite dan Premium. SUV listrik lima tempat duduk ini didatangkan versi CBU oleh distributor Warisan Tan Chong Automotif (WTCA) dengan sederet hadiah langsung yang menarik.

Mulai dari wallbox charger AC 7 kW gratis, hingga subsidi biaya charge senilai RM3.500 (Rp 12 Jutaan) dari JomCharge untuk 200 pembeli pertama. Pengguna awal juga akan mendapatkan dua paket aksesori, selama persediaan masih ada.

Ada paket Outdoor Adventure Lifestyle Set terdiri dari perangkat berkemah bermerek GAC Aion dan kabel untuk fungsi vehicle-to-load (V2L) Premium, dan ada juga Perangkat Teater Seluler “Me Time” dengan proyektor portabel.

Baca juga  GAC Aion Undang Media ke Cina, Lihat Juga Penetrasinya ke Tajikistan dan Nepal
Banyak promo menarik bagi 200 pelanggan pertama GAC Aion Y Plus
Banyak promo menarik bagi 200 pelanggan pertama GAC Aion Y Plus

Apa pun versi yang Anda pilih, baik GAC Aion Y Plus Elite maupun Premium akan mendapatkan satu motor listrik di depan yang menghasilkan tenaga 204 PS dan torsi cukupan yakni 225 Nm. Komposisi tenaga yang memungkinkan Aion Y Plus melaju dari 0-100 km/jam dalam 8,5 detik.

Yang juga standar adalah Magazine Battery 2.0 63,2 kWh dari GAC, paket lithium iron phosphate (LFP) yang mampu menempuh jarak 430 km pada pengujian WLTP. Kecepatan pengisian daya cukup sederhana, Aion Y Plus hanya mendukung pengisian cepat DC hingga 80 kW dan pengisian daya AC 6,6 kW, yang sayangnya tidak dijelaskan lama waktu pengisian daya yang tersebut.

Berukuran panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.650 mm, Aion Y Plus berukuran lebih besar dari BYD Dolphin (lebih panjang 245 mm, lebih lebar 100 mm, lebih tinggi 80 mm), meski wheelbase 2.750 mm hanya lebih panjang 50 mm. Adapun suspensinya menggunakan MacPherson di depan dan torsion beam di belakang.

GAC Aion Y Plus hadir dengan panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.650 mm
GAC Aion Y Plus hadir dengan panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.650 mm

Bicara desain memang soal selera, namun fascia mobil ini nampak eksentrik menampilkan lampu depan LED Angel Wing yang besar dengan tujuh bilah lampu DRL LED yang menyebar ke luar. Sementara di bagian samping, Anda akan menemukan lengkun rodga bersudut diberi kelir abu-abu.

Baca juga  7 Diler AION Siap Dibuka, Beri Rasa Aman Calon Pelanggan AION Y Plus

Ditambah lagi tuas pintu dibikin model pop-out dan jendela samping yang meruncing ke arah kaca depan. Lampu belakang ramping, sementara pilihan velg 17 inci (Elite) atau 18 inci (Premium) melengkapi tampilannya.

Di kabin, GAC Aion Y Plus dilengkapi dengan dasbor horizontal sederhana dan konsol tengah seperti meja dengan cupholder dan beberapa tempat penyimpanan. Semua model mendapatkan layar instrumen digital 10,25 inci dan layar sentuh infotainment 14,6 inci, yang terakhir dilengkapi Apple CarPlay berkabel. Adapun sokongan audio diduung system tata suara Bongiovi 6 speaker (ya, mirip nama Jon Bon Jovi memang) hadir sebagai kelengkapan standar.

Area baris pertama GAC Aion Y Plus
Area baris pertama GAC Aion Y Plus

Nah bagian paling menarik tentu soal harga. GAC Aion Y lus Elite di Malaysia dijual seharga RM119,800 atau setara Rp 407,8 jutaan sedangkan tipe Premium dijual seharga RM135,800 atau sekitar Rp 462,3 jutaan.

Di atas kertas cukup kompetitif dengan BYD Dolphin tipe Premim yang dijual Rp 425 juta. Walau sang penantangnya juga sudah merilis BYD Dolphin tipe termurah yang dibanderol cuma Rp 375 juta. Menurut kami akan lebih pas jika GAC Aion bermain di rentang harga Rp 370 – 420 jutaan saja.

Baca juga  Diboyong Indomobil, Merek Mobil Listrik GAC Aion Resmi Hadir di Indonesia

Referensi Modif GAC Aion Y Plus ala Campervan

tendaatap 1
Atap GAC Aion Y Plus bisa pasang tenda atap Wild Land hard shell desert cruiser

Saat kunjungan tim Moladin ke Beijing Auto Show 2024 lalu, kami sudah mendapai GAC Aion Y Plus yang dimodif ala campervan. Mobil berkelir kuning neon tersebut nempak begitu mencolok dengan pasokan tenda atap.

Ya, aktivitas outdoor memang sedang begitu populer di Cina sehingga kemping dengan mobil pribadi jadi salah satu pilihan cerdas. Walau tanpa ubahan bodi yang radikal, terbukti Anda bisa membuat mobil ini siap untuk diajak kemping.

Modifikasinya juga simpel, terlebih atap GAC Aion Y Plus sudah dijejali roof rail. Jadi tinggal pasang crossbar dan tenda atap yang sesuai kebutuhan. Seperti tenda besutan Wild Land hard shell desert cruiser roof top tent edisi ulang tahun ke-10 di GAC Aion Y Plus ini.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika