Seperti Ini Rasanya Road Trip 1.200 Km Menggunakan Mercedes-Benz V-Class, Jadi Sahabat SPBU?

by Ivan
Daftar harga Mercedes-Benz Mei 2024

Salah satu reviewer Moladin membagikan seperti apa rasa berkendara road trip dengan lebih dari 1.200 kilometer menggunakan MPV besar dari Mercedes-Benz V-Class V 250 Avantgarde Line.

Sebagai sebuah MPV mewah dari keluarga Mercedes-Benz V-Class, V 250 Avantgarde Line menawarkan banyak hal menarik seperti kabin lega, performa optimal, hingga sederet fitur yang memanjakan penumpang. Juga dengan aura kemewahan serta pilihan material interior terbaik di kelasnya.

Ruang bagasi Mercedes-Benz V-Class terasa luas

Ruang bagasi Mercedes-Benz V-Class terasa luas

V 250 Avantgarde Line yang memiliki dimensi panjang nyaris 5 meter atau tepatnya 4.895 mm ini jelas mampu membawa 7 orang penumpang dengan nyaman dan juga legroom yang sangat lega sampai ke baris ketiga.

Tidak hanya itu, walaupun diisi penuh dengan 7 orang penumpang, ruang bagasi juga sangat luas dan kami rasa sangat cukup untuk membawa koper untuk kebutuhan perjalanan selama satu minggu. Soal akomodasi penumpang untuk perjalanan jauh mencapai 1.200 km terasa nyaman di V 250 Avantgarde Line ini.

Pintu geser elektris memberi kemudahan akses masuk ke kabin

Pintu geser elektris memberi kemudahan akses masuk ke kabin

Untuk destinasi road trip menggunakan Mercedes-Benz V-Class ini kami memilih untuk pergi ke timur pulau Jawa tepatnya kota Malang, Jawa Timur. Pelesiran santai dan banyak mampir ke beberapa daerah seperti dari Jakarta ke Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, dan selesai di Malang dengan total jarak tempuh 1.268 km.

Baca juga  New Mercedes-AMG CLA 45 S Bermesin Buas, Top Speed Berapa?

Selama perjalanan menuju kota Malang, performa mesin dari Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line tidak perlu diragukan. MPV gambot ini didukung mesin 1.991 cc dengan turbo yang menghasilkan tenaga 211 hp sangat terasa nikmat saat melaju di ruas jalan tol Trans Jawa.

Tidak hanya itu, ketika melewati jalan menanjak seperti ke arah Batu Malang torsi yang dihasilkan mesin 4 silinder turbo V250 ini terasa sangat mudah walaupun diisi dengan penumpang dan juga barang penuh.

Kabin depan berkesan minimalis

Kabin depan Mercedes-Benz V-Class berkesan minimalis

Namun ada sedikit kekurangan dari segi performa dari mesin Mercedes-Benz V-Class V 250 Avantgarde Line ini, khusus pada konsumsi BBM. Selama perjalanan 1.268 km Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line menghabiskan 160,6 liter BBM ron 98, yang berarti konsumsi rata-rata BBM V 250 adalah 7,9 km/l dengan kecepatan rata-rata 31 km/jam.

Namun angka tersebut tergolong wajar karena bobot kosong dari mobil ini mencapai 2,5 ton sehingga mesin akan bekerja keras untuk menjalankan sebuah Mercedes-Benz dengan badan bongsor ini.

Baca juga  DerBus, Motorhome Terbesar dan Termewah di Dunia

Ditambah lagi kapasitas tangki dari Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line ini juga tergolong kecil yaitu 70 liter, jika diisi penuh rata-rata jarak yang bisa ditempuh hanya 450-500 km saja, sehingga ketika ingin pergi perjalanan jauh pastinya akan sering mampir ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Bantingan suspensi terasa empuk

Bantingan suspensi terasa empuk

Dibalik kekurangan tersebut, sangat banyak kelebihan dari Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line satu ini, terutama pada kenyamanannya. Dari setting suspensi V 250 ini terasa sangat empuk dan juga kabinnya sangat kedap suara.

Sebagai contoh, ketika melewati jalanan tol layang MBZ suspensi Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line mampu meredam getaran serta kebisingan dengan sangat ketika melewati sambungan jembatan yang ada di tol layang MBZ. Tidak hanya itu, penumpang juga merasakan kenyamanan yang lebih baik ketika duduk di dalam interior Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line terutama penumpang baris kedua.

Kabin belakang Mercedes-Benz V-Class ini bisa menampung 5 orang sehingga total bisa mengangkut 7 penumpang

Kabin belakang bisa menampung 5 orang sehingga total bisa mengangkut 7 penumpang

Jok baris kedua Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line sudah dilengkapi dengan pilot seat yang berukuran besar dan memiliki banyak fitur. Seperti pemanas pendingin jok, fitur pijat, dan tersedia sandaran kaki yang semuanya dioperasikan dengan elektris.

Baca juga  Bus Listrik Mercedes-Benz Meluncur Tahun Depan, Pakai Karoseri Lokal!

Selain itu, untuk menunjang kenyamanan yang lebih baik lagi di varian Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line ini sudah tersedia rear seat entertainment dengan basis Android, sehingga perjalanan panjang tidak menjadi hal yang membosankan.

Ada headrest monitor untuk hiburan penumpang di belakang

Ada headrest monitor untuk hiburan penumpang di belakang

Kabin yang mewah juga sangat terasa di interior Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line ini, mulai dari pilihan material kulit yang halus dan nyaman, panel kayu dengan tampilan atraktif, dan juga tersedia audio premium dari Burmester yang menyajikan kualitas audio terbaik. Dan tidak ketinggalan juga tersedia sunroof dan panoramic roof pada baris kedua dan ketiga yang bisa dibuka.

Bicara harga, Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line ini dibanderol Rp 1.865.000.000 (off the road), harga tersebut merupakan harga yang sesuai dengan apa yang didapat ketika membutuhkan sebuah mobil yang enak dibawa berlibur keluar kota atau sekedar digunakan di dalam kota.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika