Thursday, October 6, 2022

5 Bocoran Spesifikasi Honda WR-V RS dan Harganya!

by Tigor Sihombing
bocoran spesifikasi honda wr-v rs

Berikut Moladin sampaikan bocoran spesifikasi Honda WR-V RS yang siap dipasarkan di Indonesia. Beberapa indikasi sudah jelas, jika SUV ringkas ini akan meluncur kemungkinan tercepat pada November 2022.

Tanda paling jelas kedatangan Honda WR-V adalah telah diperkenalkannya model mobil yang bernama Small SUV RS Concept dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Kemudian sekarang, mobil konsep tersebut sedang diperkenalkan di beberapa kota besar Tanah Air.

Bila kamu buka laman resmi Honda, maka ada kanal New RS. Di sana tampak jelas kalau ada kode huruf W yang mereka highlight. Oleh karena itulah, kami semakin yakin bahwa mobil tersebut adalah WR-V RS.

Bocoran spesifikasi Honda WR-V RS juga bisa terlihat dari gambar paten di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Utamanya ini mengacu pada dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 19/DI/2022 yang terbit pada 7 Juli 2022, paten desain tersebut didaftarkan oleh Asian Honda Motor Co., Ltd. yang beralamat di Bangkok, Thailand.

Di sana tampak gambar mobil SUV ringkas merek Honda yang belum pernah terlihat sebelumnya. Hal istimewa lain, perancangnya diduga asal Indonesia yaitu Andhika Dimas Dwiputra.

Semakin penasaran dengan SUV ringkas pabrikan berlogo H yang akan jadi lawan Toyota Raize dan Kia Sonet ini? Berikut kami beberkan bocoran spesifikasi Honda WR-V RS secara lengkap: 

banner atas

1. Eksterior Mirip Honda Brio Tapi Versi SUV

Spesifikasi Honda WR-V RS

Desain grille WR-V juga lebih simpel, bergaris-garis bold khas Honda modern.

Besar kemungkinan untuk segmentasi Honda WR-V RS akan berada di bawah sang kakak HR-V. Dalam artian dari sisi dimensi lebih kecil, sehingga mobil SUV ini akan berhadapan dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Kia Sonet.

Baca juga  Masalah Honda CR-V Bekas Dari Generasi ke Generasi

Soal bocoran spesifikasi Honda WR-V RS dari sisi eksterior adalah memiliki banyak kemiripan dengan Honda Brio. Bisa lihat dari mobil small SUV RS yang muncul di GIIAS 2022, siluet Brio sangat tampak dari segala sisi. Hanya saja, perbedaan ada di bodi yang dibuat lebih tinggi.

Kemudian pada bagian depan, grille WR-V RS akan mirip punya HR-V Turbo RS yang menggunakan aksen chrome berbentuk kotak-kotak kecil. Lalu ubahan lain di bagian belakang, gagang pintu letaknya ada di belakang kaca, lagi-lagi mirip HR-V.

Bagian lampu belakangnya agak berbeda dari Brio. Di mana WR-V RS menggunakan desain yang serupa dengan Civic RS. Di atap juga ada roof rail untuk meningkatkan aura khas SUV. Harapan kami, roof rail itu bukan cuma hiasan, tapi dapat dipakai untuk meletakkan roof rack dan roof box saat mau membawa barang tambahan.

Ukuran ban pun Honda memberi WR-V RS ukuran yang lebih besar yaitu 17 inci. Hal ini serupa dengan karet bundar yang dipakai oleh Toyota Raize varian tertinggi.

2. Honda WR-V RS Punya Fitur Honda Lane Watch

bocoran Spesifikasi Honda WR-V RS

Fitur honda lanewatch bisa mengurangi blindspot saat berkendara

Bocoran spesifikasi Honda WR-V RS selanjutnya adalah kehadiran Honda LaneWatch. Fitur tersebut tampak jelas ada, karena menempel di bawah spion sebelah kiri. 

Honda LaneWatch sendiri adalah berfungsi untuk membantu pengendara mengatasi blind spot yang tidak tertangkap spion. Fitur tersebut berupa kamera dengan lensa lebar, sehingga jangkauannya lebih luas menangkap kondisi sekitar.

Baca juga  Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Versi Indonesia

Kelebihan lain dari LaneWatch yang akan jadi fitur WR-V, gambar dari kamera tersebut akan ditampilkan di head unit secara otomatis ketika tombol sein kiri ditekan. Dengan demikian, pengemudi bakal lebih mudah mengetahui bila ada kendaran lain di sebelah kiri saat berbelok.

3. Pakai Dashboard Milik BR-V

bocoran spesifikasi honda wr-v rs - interior

Dashboard WR-V mirip dengan kepunyaan BR-V (sumber: B Channel Indonesia)

Bocoran spesifikasi Honda WR-V RS berikutnya adalah interior. Dari gambar yang beredar di dunia maya, tampilan dashboard mirip sekali punya BR-V.

SUV ringkas terbaru dari Honda ini pakai head unit layar sentuh ukuran 7 inci. Kemudian ada AC digital dengan desain bersudut yang letaknya di bawah head unit. Lalu di atas head unit ada kisi-kisi AC.

Jika benar, layar sentuh yang digunakan WR-V RS sama dengan BR-V maka konektivitas smartphonenya cukup baik. Dalam artian, head unti bisa terhubung smartphone lewat Android Auto dan Apple CarPlay.

Kemudian untuk interior lainnya, kemungkinan tidak jauh beda dari Brio. Artinya cuma bisa muat 5-orang dengan konfigurasi dua baris bangku.

4. Mesin Berkapasitas 1.500 cc

spesifikasi honda br-v terbaru

Mesin 1.500 cc milik BR-V kemungkinan akan dipakai pula oleh WR-V RS

Soal mesin, bocoran spesifikasi Honda WR-V RS kemungkinan pakai kubikasi 1.500 cc. Informasi ini kami dapat lewat laman Samsat DKI Jakarta. Di sana muncul kode mobil baru DG47 dan DG48 lengkap dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang diduga sebagai WR-V.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Harga Booking Rp 10 Juta

Informasi lain yang menarik, ada kode 1.5 di belakang DG47 dan DG48. Umumnya hal tersebut diasumsikan sebagai kapasitas mesin. Jika benar, maka WR-V RS bakal menggunakan mesin 1.5 Liter atau 1.500 cc. 

Dengan begitu, harusnya performa mesin dari Honda WR-V RS akan istimewa karena pakai jantung mekanis serupa BR-V dan HR-V. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 145 Nm dan tenaga maksimal 121 PS. Artinya performa itu lebih unggul jauh dibandingkan Toyota Raize dan Kia Sonet.

Kemungkinan lain, WR-V siap menggunakan mesin yang serupa dengan Honda Brio. Dengan kata lain ada kemungkinan opsi mesin 1.2 Liter atau 1.200 cc buat konsumen yang ingin konsumsi BBM lebih irit.

5. Prediksi Harga Honda WR-V RS

bocoran Spesifikasi Honda WR-V RS

Kisaran harga WR-V Rp 250 -300 jutaan

Sekarang sudah tahu bocoran spesifikasi Honda WR-V RS secara lengkap, lalu berapa kira-kira harganya? Yusak Billy yang menjabat sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku, konsumen Honda menginginkan harga SUV ringkas terbarunya ada di kisaran Rp 250 – 350 jutaan.

Lalu jika dilihat harga NJKB WR-V di laman Samsat DKI Jakarta, mulai dari Rp 163 juta sampai Rp 189 juta. Itu tentu bukan harga jual, lantaran belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai, PKB, dan BBN-KB. Walau demikian kita bisa melakukan prediksi terkait harga WR-V.

Caranya dengan melihat NJKB mobil Honda lain seperti BR-V dan Brio. Tampak jelas, kalau NJKB WR-V lebih murah dari BR-V tapi lebih mahal dari Brio. Maka kisaran harga jual WR-V yang Rp 250 – 300 jutaan cukup masuk akal.

Demikian ulasan terkait bocoran spesifikasi Honda WR-V RS. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika