by

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300, Diet 200 Kg!

Secara resmi Spesifikasi Toyota land Cruiser 300 Series telah dibeberkan ke publik. Hal ini setelah beberapa bulan Toyota Land Cruiser 300 Series menjadi perbincangan hangat di media.

Toyota memberikan sentuhan pada Land Cruiser 300 sebagai SUV  dengan mengusung platform terbaru. Mobil ini klaim memiliki kemampuan jelajah di medan off road lebih baik di banding pendahulunya.

Toyota land Cruiser 300 Series dibekali dengan dua pilihan versi mesin V6 twin-turbo bensin berkapasitas 3,5 liter. Sedangkan versi dieselnya berkapasitas 3,3 liter. SUV andalan terbaru Toyota ini juga dibekali dengan transmisi otomatis sepuluh percepatan.

Menurut Toyota dalam keterangan resminya dikutip Kamis, (10/06/2021) versi terbaru ini lebih ramah lingkungan lantaran memangkas konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 sebesar 10% dibandingkan Toyota Land Cruiser generasi sebelumnya.

Walau pakai mesin dengan kubikasi lebih kecil (Sebelumnya V8 dengan kapasitas mesin di atas 4.000 cc), namun performanya justru lebih baik. Itulah yang jadi keistimewaan dari Land Cruiser terbaru.

Spesifikasi lainnya adalah mobil Toyota Land Cruiser 300 Series sudah mengadopsi suspensi elektronik terbaru, yang dikawinkan dengan sistem mode berkendara multi-meda. Ada pula beberapa sistem bantuan tambahan, termasuk deteksi pre-collision dan parking support brake terbaru.

Baca juga  Menerka Ubahan Toyota Kijang Innova Facelift Untuk Indonesia

Di sektor interior head unit mobil ini bisa menampilkan situasi medan offroad secara 360 derajat dengan resolusi terbaik. Terkait kapasitas penumpang, tidak berbeda. SUV premium tersebut bisa menampung 7-orang dengan konfigurasi tiga baris bangku.

Land Cruiser Pertama yang Mengadopsi TNGA

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 Series
Sasis baru TNGA

Ini adalah model Land Cruiser pertama yang menggunakan platform rangka GA-F terbaru berbasis Toyota New Global Architecture (TNGA). Pabrikan mobil Jepang tersebut mengatakan platform TNGA mampu meningkatkan kemampuan Toyota Land Cruiser baik saat di jalan raya ataupun medan off road.

Hal ini didukung dengan kekakuan bodi, yang dipadukan dengan kekuatan, serta keseimbangan dinamis dari desain terbaru dari SUV Toyota Land Cruiser 300 Series.

Uniknya spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 Series ini, masih mempertahankan dimensi Toyota Land Cruiser 200 Series atau generasi lamanya. Baik dalam hal panjang keseluruhan, lebar, dan jarak sumbu roda.

Yang berbeda adalah berat mobil Land Cruiser 300 Series ini menyusut sebanyak 200 Kg lebih, alias lebih ringan dari pendahulunya. Penyebab diet tersebut, kapasitas mesin lebih kecil sekaligus penggunaan rangka baru TNGA dengan pipa-pipa yang lebih ramping namun di sisi lain ketahananya lebih baik.

Baca juga  9 Kisaran Harga Mobil Mewah Artis Indonesia

Rangka baru tersebut pun menjadi salah satu keunggulan Land Cruiser 300 Series, karena mampu mengoptimalkan distribusi bobot serta membuat center of gravity semakin rendah. Posisi mesin dan transmisi sebagai komponen yang memiliki bobot paling berat diubah lebih rendah 28 mm dan dimundurkan 70 mm.

Tertarik punya? Toyota land Cruiser 300 Series ini rencananya akan mulai dipasarkan ke seluruh dunia mulai kuartal terakhir di tahun 2021 ini. Entah untuk pasar Indonesia, kapan mobil SUV mewah tersebut bakal dipasarkan.

Demikian ulasan terkait spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 Series. Untuk mendapatkan update berita otomotif lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru