by

Sejarah Toyota Land Cruiser, Evolusi Sang Mobil Perang

Toyota Land Cruiser memiliki kisah perjalanan yang panjang. Sebelum menjelma menjadi mobil premium, sejarah Toyota Land Cruiser berawal dari sebuah kendaraan heavy duty.

Di Indonesia sendiri, Toyota Land Cruiser awalnya akrab digunakan di kalangan militer dan kepolisian. Lalu berkembang menjadi kendaraan andal pertambangan, dan pertanian. 

Cerita awal mula Toyota Land Cruiser diproduksi ternyata erat kaitannya dengan kekalahan Jepang dari Amerika Serikat (AS) pada Perang Dunia (PD) II. Sekitar tahun 1945-1950, sebagai negara yang kalah perang oleh AS, Jepang dilarang untuk memproduksi kendaraan tempur sendiri.

Hingga akhirnya ketika tahun 1950, AS perang dengan Korea. Negara Paman Sam saat itu sedang butuh banget kendaraan militer. Lalu Jepang ditawarkan untuk membuat 100 kendaraan dengan blue print dari jip Willys.

Di tahun 1951 prototype mobil tersebut diluncurkan. Diberi nama Toyota Jeep BJ yang merupakan cikal bakal Toyota Land Cruiser. Jeep BJ memiliki ukuran lebih besar Willys, menggunakan mesin bensin Tipe B 3.4L 6 silinder segaris yang menghasilkan tenaga 85 hp/3600 rpm dan torsi 215 Nm/1600 rpm dan berpenggerak 4 roda.

Nah, dari saat itulah mobil yang kini akrab disapa hardtop tersebut kian berinovasi. Dan di era-era awal tahun 90an sepertinya Toyota melihat ada peluang jika mobil ini bisa dinikmati oleh kalangan lebih luas, hingga membuat Land Cruiser menjelma sebagai kendaraan keluarga segala medan. Bahkan di usia yang ke-70 tahun pada 2021, Land Cruiser akan merilis produk generasi terbarunya.

Buat kamu yang tertarik dengan mobil ini. Tidak ada salahnya mengetahui kisah perjalanan atau sejarah Toyota Land Cruiser dari dulu hingga sekarang: 

Toyota Jeep BJ Series (1951-1955)

Toyota Land Cruiser
Toyota Jeep BJ desain terinspirasi dari Jeep Willys

Sejarah Toyota Land Cruiser dimulai dari prototipe mobil Toyota “Jeep” BJ yang mulai dikembangkan bulan Januari 1951, terinspirasi dari Jeep Willys. Unit ini dites pertama kali oleh driver Toyota Ichiro Taira. Jeep BJ dibawa mendaki ke tingkat keenam Gunung Fuji, dan menjadi mobil pertama yang berhasil disana.

Baca juga  Perkiraan Harga Toyota Agya Facelift 2020, Tidak Naik?

Tes disaksikan langsung oleh Badan Polisi Nasional Jepang (National Police Agency atau NPA). Terkesan dengan ketangguhan mobil ini, akhirnya NPA juga memesan 289 unit mobil ini untuk dijadikan mobil patroli resmi mereka.

Di tahun 1953, generasi pertama Toyota land cruiser atau Toyota Jeep BJ mulai diproduksi di Pabrik Toyota Honsya dan Arakawa Bankin Kogyo KK. Sekarang pabrik tersebut dikenal sebagai ARACO dan merupakan afiliasi dari Toyota Auto Body Co.

Di tahun selanjutnya yaitu 1954, nama “Land Cruiser” lahir, diciptakan oleh direktur teknik Hanji Umehara. Nama tersebut menggantikan Jeep yang sebelumnya dipakai, sehingga jadi Toyota land Cruiser BJ.

“Karena nama Jeep menjadi trade mark dari Willys-Overland Motors, Toyota menggantinya jadi Land Cruiser pada Juni 1954,” sepeti dikutip dari laman Toyota Global.

Dari rumor yang beredar, nama tersebut diambil dari Land Rover. Hanya saja kemudian supaya tampak beda, namun tetap terdengar keren, dibuatlah Land Cruiser.

Toyota Land Cruiser Seri 20 atau FJ Series (1954-1959)

sejarah toyota land cruiser
Generasi kedua Land Cruiser disebut juga FJ Series

 

Generasi kedua Toyota Land Cruiser resmi lahir pada November 1955. Mengusung nama FJ yang merupakan penyempurnaan dari BJ. Unit ini didesain lebih menarik untuk rakyat sipil. Menggunakan mesin 3.9L 6 silinder segaris Tipe F.

Land Cruiser terus mengalami perkembangan pesat sesuai permintaan pasar militer. Mereka merilis model pick-up dan station wagon dengan wheelbase yang lebih panjang. Unit ini diberi nama FJ35.

Di tahun 1958 versi station wagon mulai diproduksi di Brasil, menjadikan mobil ini adalah mobil pertama Toyota yang dibuat di luar Jepang. FJ25 wheelbase pendek tersedia dalam model Hardtop, Canvas Top, dan Personal Carrier.

Baca juga  SUV Maserati Terbaru Meluncur Akhir Tahun, Lebih Murah!

Generasi Land Cruiser FJ 40 Series, Paling Populer (1960-1984)

Sejarah Toyota Land Cruiser - fj 40
Mobil ini populer di Indonesia dengan nama hardtop

Di era ini FJ40 diluncurkan, sekaligus menjadi era keemasan dari sejarah Toyota Land Cruiser. FJ40 mengusung mesin 3.9L Tipe F dan tetap menggunakan gearbox 3 percepatan. 

Penjualan Land Cruiser terus melesat, dimulai dari tahun 1965 hingga 10 tahun ke depan, Land Cruiser menjadi mobil Toyota paling laris di Amerika Serikat.

FJ40 terus berevolusi, hingga di tahun 1981 unit ini mendapatkan fitur rem cakram di bagian roda depan. Di Indonesia sendiri, Toyota Land Cruiser FJ40 dikenal dengan nama hard top.

Di pasaran mobil bekas, harga Toyota Land Cruiser FJ40 ini juga cukup stabil. Kita masih bisa menjumpai dengan banderol ratusan juta, jika memang unit masih terawat dan original.

Masa bakti seri FJ40 Series ini cukup panjang. Kurang lebih mencapai 24 tahun di seluruh dunia.

Toyota Land Crusier 70 Series (1984-Sekarang)

sejarah Toyota Land Cruiser - 70 series
Seri 70 Toyota Land Cruiser

 

Dalam rangka bersaing dengan kompeitor, Toyota membuat Land Cruiser 70 Series ini dalam dua segmen: heavy duty dan light duty. Khusus heavy duty dibuat lebih kaku, panel bodi baja, hingga kaca yang hampir vertikal.

Kemudian versi light duty awalnya diberi nama Bundera, kemudian berganti jadi Prado pada 1990. Tampilannya lebih manis, serta memiliki rasa berkendara yang nyaman.

Lebih gilanya lagi, Land Cruiser 70 Series belum mati. Bahkan sampai sekarang produknya masih dijual di beberapa negara.

Seri 80, Cikal Bakal Land Cruiser Modern (1989-1998)

sejarah toyota Land Cruiser - seri 80
Land Cruiser VX atau Seri 80

Di era inilah Toyota Land Cruiser mulai menjadi kendaraan yang ramah terhadap keluarga. Pada seri 80 ini di Indonesia akrab dipanggil VX.

Toyota Land Cruiser VX pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 1989.  Sosok Toyota Land Cruiser Seri 80 menjelma sebagai mobil off-road yang fashionable, mewah, dan nyaman dikendarai.

Baca juga  5 Fitur yang Jadi Kelebihan Daihatsu Rocky di Indonesia

Desain Toyota Land Cruiser Seri 80 dibuat membulat di hampir setiap sudut bodinya. Semua Toyota Land Cruiser Seri 80 sudah dilengkapi dengan penggerak full-time 4×4.

Dengan tubuh besar, Toyota Land Cruiser Seri 80 dibekali 3 pilihan mesin, yaitu 3F-E (bensin), 1HD-T (diesel), dan 1HZ. Di Indonesia, Toyota Land Cruiser Seri 80 yang resmi masuk via PT Toyota-Astra Motor pada 1995 hanya pakai mesin diesel, baik dengan turbo (1HD-T) maupun tanpa turbo (1HZ).

Seri 100 dan 200 (Sekarang)

Toyota land Cruiser
Land Cruiser 200, sampai sekarang kerap dipakai sebagai mobil dinas Presiden RI, Joko Widodo

Memasuki tahun 2000, Land Cruiser Seri 100 muncul dan dilanjutkan dengan Seri 200. Keduanya begitu kuat citra sebagai mobil mewah namun tetap punya DNA SUV tangguh dengan sentuhan beragam fitur off-road modern.

Bahkan, Toyota Land Cruiser Seri 200 masuk dalam jajaran mobil kepresidenan RI untuk digunakan oleh Presiden Joko Widodo mengunjungi wilayah yang masih cukup sulit untuk dilalui kendaraan jenis sedan.

Mobil ini beberapa kali tertangkap kamera digunakan dan terlihat sangat andal untuk menerobos medan menantang. Salah satunya saat dipakai berdinas menengok lokasi calon ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Toyota Land Cruiser 200 dibekali dengan dimensi panjang 4.950 mm, lebar 1.970 mm dan tinggi 1.905 mm. Mengandalkan mesin V8 dengan kode 1VD-FTV berkapasitas 4.5 liter, tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 235 PS dan torsi maksimum sebesar 615 Nm.

Tahun 2021, rencananya Seri 300 dari Land Cruiser akan hadir sekaligus menandai kiprah 70th di dunia. Dari bocoran yang kami terima, mobil SUV premium tersebut jadi lebih gagah, serta mendapat berbagai fitur kenyamanan kelas wahid.

Demikian ulasan terkait sejarah Toyota Land Cruiser. Untuk update berita otomotif lengkap lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru