Banner
Friday, December 2, 2022
Banner
Banner

7 Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid, Harganya Murah!

by Baghendra Lodra
spesifikasi wuling almaz hybrid - tampak depan

Akhirnya harga dan spesifikasi Wuling Almaz Hybrid terungkap dalam peluncuran di Indonesia pada Kamis (3/11/2022). SUV 7-seater ini dijual Rp 470 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain inilah mobil hybrid termurah di Tanah Air.

Dengan banderol yang terjangkau, bagaimana spesifikasinya? Dari sisi tampilan, mobil ini tidak beda dengan yang muncul di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 pada akhir September 2022. Sekilas masih mirip Almaz RS, hanya saja ada aksen biru dan penggunaan velg ukuran 18 inci.

Kemudian, masuk ke interior juga masih serupa dengan Almaz RS. Hanya saja ada sedikit perbedaan di Wuling Almaz Hybrid, khususnya tampilan digital TFT meter cluster baru pada dashboard, serta desain tuas transmisi baru yang semakin modern. Tidak ketinggalan untuk tema warna interior, kini paka warm beige leather seat yang terkesan mewah

Bicara soal performa, ubahannya cukup signifikan. Kini spesifikasi Wuling Almaz Hybrid untuk mesin menggunakan kubikasi 2.000 cc dengan teknologi hibrida seperti yang digunakan oleh model Asta atau Xingchen Hybrid di Cina. Di atas kertas bisa mengeluarkan torsi puncak 168 Nm pada 4.000 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 123 hp pada 5.600 rpm. Kemudian ada tambahan lagi torsi 320 Nm dan tenaga 174 hp dari motor elektriknya.

“Seri Almaz telah menjadi berlian bagi Wuling sejak pertama kali diluncurkannya pada 2019 lalu. Berbagai inovasi pun
selalu melengkapi perjalanan seri SUV ini. Kini, langkah tersebut kami lanjutkan melalui peluncuran Almaz Hybrid,
Perpaduan sempurna dari performa yang bertenaga, fuel efficiency dan mobilitas ramah lingkungan kami wujudkan dalam
Almaz Hybrid siap meningkatkan pengalaman berkendara Anda menuju masa depan,” kata Brand
and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani.

Nah mau tahu lebih detail soal mobil hybrid ini? Berikut bahasan lengkap spesifikasi Wuling Almaz Hybrid dan harganya:

moladin tampil baru blog banner

1. Wuling Almaz Hybrid Pakai Mesin 2.000 cc

mesin wuling almaz hybrid

Mesin bensin 2.000 cc dikawinkan dengan motor elektrik untuk menghasilkan performa istimewa di Almaz Hybrid

Salah satu yang menarik dari spesifikasi Wuling Almaz Hybrid adalah mesinnya, karena pakai kubikasi 2.000 cc. Istimewanya lagi, jantung mekanis tersebut belum pernah digunakan di mobil Wuling lain yang dijual di Indonesia.

Baca juga  Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dirilis Resmi untuk Pasar Indonesia

Kalau merujuk Wuling Cina, maka sesungguhnya model Asta atau Xingchen Hybrid sudah mengaplikasikannya. Di atas kertas, mesin bensin 2.000 cc Almaz Hybrid bisa melontarkan torsi puncak 168 Nm pada 4.000 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 123 hp pada 5.600 rpm. Kemudian tambahan hadir dari motor elektriknya dengan torsi sebesar 320 Nm dan tenaga 174 hp yang mendapatkan kekuatan dari baterai ternary lithium-ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh.

Apakah spesifikasi Wuling Almaz Hybrid dari sektor mesin ini membuat konsumsi BBM lebih irit? Pabrikan lima berlian tidak mengatakannya secara gamblang. Hanya saja kalau melihat di Cina, model Asta atau Xingchen Hybrid dengan mesin 2.000 cc hibrida yang serupa bisa mengirit bensin hingga 21,7 Km/liter, irit bukan?

Spesifikasi Mesin Wuling Almaz Hybrid

  • Kapasitas Mesin: 2.000 cc naturally aspirated, 4 cylinder
  • Torsi Puncak: 168 Nm pada 4.000-4.400 rpm
  • Tenaga Maksimal: 123 hp pada 5.600 rpm
  • Performa Motor Elektrik: 174 hp dan 320 Nm
  • Transmisi: Dedicated Hybrid Transmission (DHT)
  • Baterai: Ternary lithium-ion (NMC)
  • Kapasitas Baterai: 1,8 kWh
  • Rated Voltage: 355 V

2. Punya Tiga Mode Berkendara

spesifikasi wuling almaz hybrid - mode berkendara

Almaz Hybrid menggunakan dedicated hybrid transmission (DHT) serta memiliki EV Mode

Jantung hibrida 2.000 cc dari SUV 7-seater tersebut dipadankan dengan transmisi dedicated hybrid transmission (DHT). Wuling mengatakan di sistem pendistribusian tenaganya ada intelligent power switch, serta mampu mengaplikasikan penggerak series dan parallel.

Dengan kata lain, spesifikasi Wuling Amaz Hybrid untuk mesin akan menggunakan teknologi hybrid murni dengan penggunaan baterai lithiun-ion besar. Jadi, kurang lebih cara kerjanya seperti yang ada di Toyota Corolla Cross Hybrid. Ada tiga mode berkendara yang terdiri dari: EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel.

Baca juga  5 Perbedaan Pajero Sport Facelift 2021 Vs Lama, Signifikan!

Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi listrik dari baterai Ternary Lithium. Sementara itu, dalam mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor elektrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator. Performa maksimal dihasilkan pada mode Hybrid Parallel, lantaran mesin bensin dan motor elektrik beroperasi untuk menghasilkan daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara
otomatis menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.

4. Tampilan Eksterior Almaz Hybrid Persis Almaz RS

wuling almaz hybrid - tampak belakang

Almaz Hybrid menggunakan warna eksterior two tone

Kemudian bahasan spesifikasi Wuling Almaz Hybrid yang berikutnya adalah eksterior. Tampilan mobil ini persis Almaz RS yang lengkap dengan bodi kit beraura sporty. Warna two tone tidak ketinggalan hadir, sekaligus penggunaan roof rail di atap.

Dengan demikian dari sisi dimensi, kemungkinan tidak akan berubah. Bodinya memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm. 

Sementara untuk pembeda, spesifikasi Wuling Almaz Hybrid di eksterior adalah penggunaan logo hybrid di bagasi sebelah kiri. Lalu ukuran velg juga diperbesar pakai 18 inch sehingga kaki-kaki terlihat lebih berisi dengan ban 215/55. Tidak ketinggalan ada garis warna biru di bawah grille yang memanjang dari kiri ke kanan, hingga tulisan RS dan lingkaran lampu utama juga menggunakan warna biru.

Untuk pilihan warna eksteriornya ada 4: starry black (hitam), aurora silver (silver atap hitam), pristine white (putih atap hitam), dan carnellian red (merah atap hitam).

5. Interior Wuling Almaz Hybrid

spesifikasi wuling almaz hybrid - jok belakang dan panoramic sunroof

Interior warna beige di Almaz Hybrid memberi kesan mewah

Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid untuk interior, ada beberapa perbedaan dibanding varian RS. Salah satunya adalah penggunaan warna beige atau putih kecoklatan di jok, dashboard, panel pintu, dan konsol tengah.

Warna beige di Almaz Hybrid memang belum pernah dipakai di model Almaz di Indonesia. Hanya saja untuk di luar negeri sudah pernah dipakai yaitu di kembarannya yang bernama MG Hector di India. Penggunaan interior warna beige ini menjadikan kesan mewah lebih terpancar, dibanding warna putih dan hitam yang ada di Amaz RS Pro atau versi mesin bensinnya.

Baca juga  Ini Dia Model Cantik yang Dapat SUV Honda HR-V

Kemudian yang juga berbeda adalah SUV hibrida ini punya tampilan digital TFT meter cluster baru pada dashboard, serta desain tuas transmisi baru yang semakin modern.

Lalu bicara kapasitas penumpang, sepertinya Wuling Almaz Hybrid tidak akan beda dengan Almaz RS. Dalam artian, memiliki total konfigurasi tiga baris bangku yang bisa menampung 7-orang. Panoramic sunroof juga masih dipertahankan.

6. Fitur-Fitur Modern IoV dan ADAS

spesifikasi wuling almaz hybrid - interior dashboard

Fitur modern di Almaz RS juga hadir di Almaz Hybrid

Teknologi modern yang ada di Almaz RS, hadir pula di Almaz Hybrid. Sebut saja Wuling Remote Control App melalui teknologi Internet of Vehicle (IoV) yang memungkinkan pemilik mobil dapat terkoneksi dan memegang kendali kendaraan hanya dengan sentuhan jari melalui aplikasi MyWuling+ dan Head Unit.

Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid juga sudah didukung fitur perintah suara bahasa Indonesia yaitu WIND untuk pengoperasian beragam fitur. Cara kerjanya cukup dengan menggunakan kata kunci ‘Halo Wuling’.

Fitur ADAS pun hadir untuk memberikan kemudahan dan rasa aman selama berkendara. Teknologi ini terdiri dari 4 kategori fungsi, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light dengan total 12 fitur yang mendukung keselamatan dalam berkendara.

7. Harga Wuling Almaz Hybrid, Termurah!

interior almaz hybrid - jok baris kedua

Almaz Hybrid merupakan satu-satunya SUV 7-seater hibrida di Indonesia

Dengan spesifikasi Wuling Almaz Hybrid yang seperti itu, berapa harga yang pas? Pastinya di atas Almaz RS, karena memang menggunakan teknologi yang lebih canggih dan ramah lingkungan hadir di versi hibrida ini.

Pabrikan lima berlian, menjual Almaz Hybrid dengan harga Rp 470 juta (OTR Jakarta). Menarik bukan? Jika benar, maka ini akan menjadi mobil SUV hybrid 7-seater satu-satunya dan termurah di Indonesia. Pasalnya kebanyakan kompetitor cuma memiliki konfigurasi 5-seater, harganya pun lebih mahal seperti Toyota Corolla Cross Hybrid Rp 540,9 juta (OTR Jakarta) dan Nissan Kicks e-Power Rp 482,8 juta (OTR Jakarta).

Setelah tahu secara lengkap, harga dan spesifikasi Wuling Almaz Hybrid, apakah kamu tertarik untuk beli? Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika