Thursday, October 6, 2022

6 Bocoran Spesifikasi Wuling Alvez dan Harganya, Rival HR-V!

by Firdaus Ali
Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez menarik untuk dibahas. Sebab mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini, dikabarkan siap meluncur di Tanah Air sekaligus menantang eksistensi Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Kabar hadirnya Alvez di Indonesia, bukanlah angin surga belaka. Terbukti, Wuling telah mendaftarkan nama Alvez di laman dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI. Nama Alvez tertera di PDKI dengan Nomor Permohonan DID2022060541. Pendaftarannya sendiri dilakukan oleh SAIC-GM-WULING AUTOMOBILE CO., LTD. pada 13 Agustus 2022.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu juga beredar foto yang diduga kuat merupakan Wuling Alvez di Indonesia. Mobil SUV tersebut dibalut stiker kamuflase dan sedang melakukan uji jalan di Jakarta.

Kemudian, di Cina juga muncul SUV 5-seater serupa Alvez yang bernama Xing Chi. Banyak media otomotif mengatakan, bahwa keduanya adalah mobil serupa. Jika melihat dari spesifikasinya memang cocok untuk melawan Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Nah, biar tidak semakin penasaran, mari kita simak ulasan bocoran spesifikasi Wuling Alvez, sekaligus kisaran harganya berikut ini:

1. Desain Eksterior Modern dengan Dimensi Khas SUV

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Wuling Alvez

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez yang pertama bila berkaca dari Xing Chi adalah dari sisi tampilan eksterior yang modern. Alvez hadir dengan desain grill bergaya honey comb dengan sentuhan 3 dimensi.

Adapun untuk headlamp sudah menggunakan jenis LED dan desainnya mirip mobil-mobil Eropa. Untuk menunjang penampilan depan lebih optimal, bagian bumpernya terdapat lekukan garis tegas dan hadir foglamp yang juga sudah LED.

Sementara itu, untuk bagian belakang, terlihat tampilan yang sederhana. Desain lampunya mengikuti headlamp. Namun begitu, bagian bumpernya justru terlihat atraktif dengan gaya mobil sporty. Lalu khusus varian turbo, ada dua knalpot di belakang.

Baca juga  3 Kekurangan Wuling Cortez Facelift 2022, Wajib Tahu!

Dari sisi kaki-kaki, Wuling Alvez menyematkan velg alloy two tone dengan ukuran 16 ini serta ada logo Wuling di bagian tengahnya. Aura SUV juga keluar lewat kehadiran roof rail.

Bila melihat spesifikasi dimensi Wuling Alvez hasil berkaca pada Xing Chi, SUV tersebut cukup ringkas. Kelasnya ada di bawah Wuling Almaz. Di atas kertas punya panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.640 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dimensi Alvez ini mirip-mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

2. Tampilan Interior Sporty

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Tampilan interior sporty

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez selanjutnya adalah dari sisi interior. Lagi-lagi ini hasil melihat dari Xing Chi. Kabin interiornya hadir dengan nuansa sporty. Hal itu bisa dilihat dari desain jok depan bergaya bucket yang juga didukung sentuhan warna kontras pada benang jahitan dan bagian samping senderannya. Kemudian untuk dashboard dan setir ada sedikit sentuhan warna silver.

Tidak hanya itu, untuk pengoperasian AC juga sudah menggunakan digital serta adanya head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci untuk pengoperasian audio serta informasi seputar mobil. Hadir pula fitur peta navigasi, konektivitas smartphone, dan lainnya.

Menariknya, terdapat pula aksen karbon pada beberapa bagian konsol tengahnya. Ditambah, desain persnelingnya juga elegan. Di dalam kabin Alvez, kemungkinan juga terdapat cukup banyak storage alias tempat penyimpanan. Lalu untuk kapasitas bagasi mencapai 322 liter, serta kursi belakang bisa dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih optimal.

Baca juga  Spesifikasi MG ZS Facelift 2021, Ada Varian Magnify

3. Wuling Alvez Pakai WIND dan IoV

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Head unit besar ukuran 10,25 inci kemungkinan akan hadir di Wuling Alvez

Membahas bocoran spesifikasi Wuling Alvez tidak lengkap tanpa kelengkapan fiturnya. Sama seperti mobil pabrikan lima berlian lain, kemungkinan besar mobil SUV ini akan menyematkan fitur WIND seperti yang sudah ada di Wuling Almaz, Wuling Cortez, dan Wuling Air EV.

Untuk fitur IoV (Internet of Vehicle), kemungkinan juga akan ditanamkan pada Alvez. Namun bisa jadi, hanya di varian tertingginya saja.

Kemudian, Wuling Alvez juga dikabarkan akan dilengkapi juga ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang didalamnya terintegrasi ACC alias Adaptive Cruise Control. Kehadiran fitur-fitur modern ini penting di Alvez, lantaran kompetitor seperti HR-V sudah punya Honda Sensing, begitu juga dengan Creta yang pakai Hyundai SmartSense. 

4. Ada Pilihan Mesin Turbo

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Kemungkinan ada pilihan mesin turbo di Wuling Alvez

Selanjutnya, bocoran spesifikasi Wuling Alvez berlanjut ke bagian jantung pacunya. Dikutip dari laman Autohome yang merujuk pada Xing Chi, mobil baru Wuling ini menggunakan dua pilihan mesin: 1.5L dan 1.5L Turbo. Opsi yang serupa juga ditawarkan oleh Honda lewat HR-V 1.5 dan HR-V Turbo RS.

Khusus untuk mesin 1.5L yang kemungkinan jadi punya Alvez, pakai kode LAR. Jantung mekanisnya diklaim bisa menghasilkan torsi puncak 143 Nm dan tenaga maksimal 100 PS. Kalau dibandingkan dengan HR-V dan Creta, performa ini masih kalah jauh.

Lantas ada pula mesin 1.5L Turbo dari Wuling yang berkode LJO. Mesin tersebut diklaim sanggup memproduksi torsi torsi puncak 250 Nm dan tenaga maksimal 148 PS. Performa ini tentu cukup untuk mengalahkan para kompetitor.

Baca juga  Bocoran Harga Almaz RS, Langsung Kena PPnBM Nol Persen?

Pertanyaanya, apakah Alvez di Indonesia akan menggunakan mesin 1.5L atau 1.5L Turbo? Atau bisa jadi keduanya hadir sebagai opsi varian? Kita tunggu saja sama-sama peluncurannya.

5. Warna Bodi Two Tone

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Warna bodi two tone kemungkinan akan hadir di Wuling Alvez

Jika melihat dari foto-foto yang sudah diunggah media otomotif Tiongkok, Xing Chi hadir dengan pilihan bodi two tone alias dua warna. Adapun warna-warna body yang diusung bernuansa cerah yang dikombinasikan dengan warna atap berkelir hitam.

Dari situlah, bocoran spesifikasi Wuling Alvez bisa kita dapat untuk warna bodi. Setidaknya ada kemungkinan Wuling bakal memberi SUV anyarnya dengan opsi two tone.

6. Harga di Bawah Wuling Almaz?

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Harga diperkirakan di bawah Almaz

Usai tahu bocoran spesifikasi Wuling Alvez, apakah kamu tertarik punya? Sabar, karena peluncurannya belum dilakukan di Indonesia. Walau demikian, dari sisi harga pastinya Wuling akan memberikan nilai yang paling menarik untuk masyarakat Tanah Air.

Kami bisa tahu itu, karena memang harga mobil-mobil Wuling selalu di bawah kompetitor. Maka bisa jadi untuk Wuling Alvez yang pakai mesin 1.5L Turbo, banderolnya bakal setara dengan HR-V dan Creta dengan mesin 1.5L konvensional.

Selanjutnya, kemungkinan Alvez akan diposisikan di bawah Wuling Almaz RS. Jadi kemungkinan harga SUV Wuling Alvez bakal berkisar antara Rp 250 jutaan hingga 300 jutaan di Indonesia.

Dengan harga tersebut, bukan tidak mungkin hadirnya Wuling Alvez akan menggoyang market dari Honda HR-V dan Hyundai Creta. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?

Moladiners, itulah ulasan mengenai bocoran spesifikasi Wuling Alvez. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika