Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

9 Spesifikasi dan Review Wuling Alvez, SUV dengan Harga Murah!

by Firdaus Ali
review wuling alvez 2023 - test drive

Harga dan spesifikasi Wuling Alvez resmi dirilis pada event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Mobil Cina dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) hadir dengan tiga varian: SE, CE, EX. Banderolnya mulai Rp 209 juta, sangat miring bila dibanding kompetitor seperti Suzuki Grand Vitara Hybrid, Hyundai Creta, dan Honda HR-V.

Kami pun beruntung sudah test drive Alvez di Jawa Tengah pada akhir Mei 2023. Bagaimana hasil review SUV murah ini? Apakah layak dibeli? Satu yang jelas, meski harganya terjangkau, tapi spesifikasi Wuling Alvez cukup patut dipertimbangkan.

Alvez memiliki arti ‘All At Once’ dalam bahasa Inggris yang melambangkan sebuah perpaduan antara desain eksterior yang stylish, interior yang modern, serta inovasi teknologi berkendara di dalam satu produk SUV. Sejalan dengan hal tersebut, Wuling pun menyematkan tagline ‘Style & Innovation in One SUV’ pada Alvez 2023. Dengan segala kelebihannya, compact SUV ini ditujukan bagi mereka yang berjiwa muda, bergaya modern, dan cerdas dalam memilih.

“Kami melihat bahwa generasi muda sudah memasuki pasar otomotif dengan membawa kebutuhan mobilitas yang berbeda dan unik.Hal tersebut tentunya berdampak baik pada segmen kendaraan dan menjadikannya lebih beragam dan terus bertumbuh. Untuk menjawab kebutuhan di segmen tersebut, kami mempersiapkan Compact SUV yang akan digemari berkat tampilannya yang atraktif, bodi compact namun tetap lapang, serta fitur berkendara yang modern. Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Compact SUV ini, Wuling menghadirkannya dalam sebuah kendaraan yang memadukan style dan inovasi. Hari ini, dengan bangga, kami meluncurkan Alvez, Style & Innovation in One SUV,” ujar Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors dalam keterangan resminya (16/2/2023).

Nah, biar tidak semakin penasaran, mari kita simak ulasan spesifikasi eksterior, interior, fitur, dan mesin Wuling Alvez 2023. Tidak ketinggalan, kami juga bahas review Alvez terkait rasa berkendara, bantingan suspensi, serta konsumsi BBM-nya:

1. Desain Eksterior Modern dengan Dimensi Khas SUV

Spesifikasi Wuling Alvez

Desain eksterior Wuling Alvez tampil modern

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez yang pertama adalah dari sisi tampilan eksterior modern. SUV ini hadir dengan grille yang membentuk huruf V. Kemudian dasarnya pakai warna hitam, ditambah aksen chrome yang membentang horizontal di atasnya. Ada pula logo lima berlian khas Wuling di tengah-tengah grille.

Adapun untuk headlamp sudah menggunakan jenis LED dan desainnya mirip mobil-mobil Eropa. Untuk menunjang penampilan depan lebih optimal, bagian bumpernya terdapat lekukan garis tegas dan hadir foglamp yang juga sudah LED.

Sementara itu, untuk bagian belakang eksterior Wuling Alvez 2023, terlihat tampilan yang sederhana. Desain lampunya mengikuti headlamp. Namun begitu, bagian bumpernya justru terlihat atraktif dengan gaya mobil sporty. Lalu khusus varian turbo, ada dua knalpot di belakang.

Dari sisi kaki-kaki, Wuling Alvez menyematkan velg alloy two tone dengan ukuran 16 inci bergaya bintang. Ada pula logo Wuling di bagian tengah velg. Aura SUV juga keluar, lewat kehadiran roof rail. Oh ya, untuk mendukung tampilan eksteriornya, Wuling Alvez mengadopsi velg alloy berukuran 16 inchi yang dibalut ban berprofil 205/60 R16.

Bila melihat spesifikasi dimensi Wuling Alvez tersebut, SUV tersebut cukup ringkas. Kelasnya ada di bawah Wuling Almaz. Di atas kertas punya panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dimensi Alvez ini mirip-mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

2. Interior Alvez Modern

spesifikasi wuling alvez - interior

Interior Wuling Alvez tampil elegan

Spesifikasi Wuling Alvez 2023 selanjutnya adalah dari sisi interior yang terlihat elegan dengan konsep style and sophistication within reach. Hal ini tampak dari pengoperasian AC sudah menggunakan digital. Ada pula head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci di interior Wuling Alvez untuk pengoperasian audio serta informasi seputar mobil. Tidak ketinggalan, head unit itu memiliki fitur peta navigasi, konektivitas smartphone, kamera parkir dan lainnya.

Baca juga  Cara Parkir Paralel Wuling Air EV, Agak Beda!

Dan untuk menambah kenyamanan dan kemudahan pemilik mobil dan serta penumpang, Wuling Alvez juga telah mengadopsi Keyless entry + engine start/stop button, Auto up/down with anti-pitch di semua jendela pintu, serta remote open window & unlock tailgate. Kemudian ada aksen karbon pada beberapa bagian konsol tengahnya. Di tambah, desain persnelingnya juga elegan.

Meski terlihat banyak kelebihan, tapi bicara interior Wuling Alvez bukan tanpa kekurangan. Ambil contoh sunroof kecil, serta cuma hadir di varian tertinggi atau EX. Lalu setirnya belum punya fitur teleskopik (pengaturan maju mundur), hanya ada tilt (naik turun). Fitur paddle shift juga tidak dipunyai oleh SUV Wuling tersebut, padahal kompetitor seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V sudah memiliknya.

Luas Bagasi Wuling Alvez

Bagasi Wuling Alvez 2023

Bagasi Wuling Alvez cukup luas untuk SUV ringkas

Di dalam kabin interior Wuling Alvez 2023, terdapat cukup banyak storage dengan total 27 tempat penyimpanan barang. Lalu untuk kapasitas bagasi mencapai 322 liter. Kami pun sudah mengukurnya secara mandiri dengan meteran sederhana. Hasilnya bagasi Alvez memiliki panjang 85 cm, lebar 97 cm, dan tinggi 47 cm, dengan kata lain volume ruang di belakang kabinnya sekitar 387,5 liter.

Kalau dibanding dengan kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, sesungguhnya bagasi Wuling Alvez paling kecil. Hasil pengukuran kami membuktikan, bahwa HR-V Gen-3 punya bagasi 421,2 liter. Kemudian bagasi Creta mencapai 478,5 liter.

Walau demikian, bukan berarti bagasi Wuling Alvez sempit. Ruangan di interior belakang tersebut sebenarnya tetap cukup lega untuk SUV ringkas dengan kapasitas 5-orang. Barang-barang seperti stroller anak, koper, hingga tas masih muat. Ada pula fitur-fitur penunjang di bagasinya seperti lampu LED di sisi kanan, serta gantungan di sisi kiri. 

Bila ingin mendapat ruang bagasi yang lebih luas, kursi belakangnya juga bisa dilipat rata lantai sehingga Alvez memiliki ruang untuk barang hingga 625 liter. Istimewa bukan? Cara pelipatan bagasinya juga sederhana, kamu cukup dorong ke depan dudukan jok belakangnya (agak dipaksa). Kemudian tarik tali pengait yang ada di antara sandaran dan dudukan jok untuk membuat sandarannya rata lantai.

Kenyamanan Penumpang Belakang Wuling Alvez

review interior wuling alvez 2023

Jok belakang Wuling Alvez sangat nyaman untuk penumpang

Soal kapasitas penumpang, interior Wuling Alvez 2023 bisa menampung 5-orang dengan konfigurasi 2+3. Hanya saja di bagian belakang, jok tengahnya tidak tersedia head rest. Jadi kalau dipakai untuk tiga orang di belakang, tentu yang duduk di tengah-tengah, tidak bisa menyandarkan kepalanya, jadi kurang nyaman.

Bicara ruang kaki untuk penumpang belakang, terasa cukup lega. Hanya saja ruang kepala di jok belakang agak terbatas. Beruntungnya, Wuling membuat jok Alvez dengan pengaturan yang bisa merebahkan sandarannya. Dengan begitu, bukan cuma membuat penumpang jadi lebih rileks, tapi juga menjadikan ruang kepala semakin luas.

Ketika melakukan test drive bersama Wuling Alvez, kami juga merasakan bantingan suspensinya empuk. Alhasil ini menambah kenyamanan penumpang ketika mobil sedang melewati jalan bergelombang.

3. Wuling Alvez Pakai WIND dan IoV

Bocoran spesifikasi Wuling Alvez

Wuling Alvez sudah dilengkapi WIND dan IoV

Membahas spesifikasi Wuling Alvez tidak lengkap tanpa kelengkapan fiturnya. Sama seperti mobil pabrikan lima berlian lain, mobil SUV ini juga menyematkan fitur WIND, IoV, dan ADAS seperti yang sudah ada di Wuling Almaz, Wuling Cortez, dan Wuling Air EV.

Buat yang belum tahu, WIND adalah Wuling Indonesian Command. Jadi pengemudi bisa memberi perintah suara ke mobil, melalui bahasa Indonesia, seperti bila ingin membuka kaca jendela, mematikan AC, dan lain-lain.

Sementara untuk fitur IoV (Internet of Vehicle), kemungkinan juga akan ditanamkan pada Alvez. Namun bisa jadi, hanya di varian tertingginya saja. IoV adalah teknologi yang bisa menyambungkan mobil dengan internet, tapi butuh sim card yang terintegrasi ke kendaraan.

Baca juga  Harga Sewa Wuling Air EV Rp 1,5 Juta Per Hari, Mau Murah Harus Per Bulan!

Kemudian, Wuling Alvez juga dilengkapi juga ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang didalamnya terintegrasi ACC alias Adaptive Cruise Control. Kehadiran fitur-fitur modern ini penting di Alvez, lantaran kompetitor seperti HR-V sudah punya Honda Sensing, begitu juga dengan Creta yang pakai Hyundai SmartSense. 

4. Performa Mesin Wuling Alvez Tanpa Turbo

Spesifikasi Wuling Alvez

Mesin menggunakan 1.485 cc DVVT DOHC

Selanjutnya, spesifikasi Wuling Alvez 2023 berlanjut ke bagian jantung pacunya. Mobil SUV ini mengadopsi mesin tanpa turbo, dimana mesin yang digunakan sudah Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez SE cuma tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan.

Hasilnya, kombinasi mesin dan transmisi Alvez tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm. 

Kemampuan mesin Alvez ini sebenarnya cukup lemah dibanding kompetitor SUV 1.500 cc. Tidak percaya? Cek saja mesin Hyundai Creta yang bisa melontarkan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 113 hp pada 6.300 rpm. Kemudian untuk mesin Honda HR-V, torsinya mencapai 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 hp pada 6.600 rpm. Inilah yang jadi kekurangan Alvez.

Saat kami test drive, review untuk performa mesin Wuling Alvez terasa tidak terlalu responsif di putaran bawah. Walau demikian, ketika putaran mesin menengah, rasanya sudah lebih mantap. Tipsnya ketika ingin menyalip kendaraan di depan atau menanjak, injak pedal gas lebih dalam supaya tenaga SUV ini bisa keluar dengan optimal.

5. Wuling Alvez Irit BBM?

test drive wuling alvez 2023

Konsumsi BBM Wuling Alvez mencapai 12,7 km/liter

Dengan performa mesin yang tidak terlalu impresif, bagaimana konsumsi BBM Wuling Alvez? Kami sudah melakukan pengujian selama test drive dari Solo ke Yogyakarta pada akhir Mei 2023. Hasilnya setelah menempuh perjalanan 252 Km, mobil Cina ini berhasil membukukan angka irit 12,7 Km/liter. Catatan yang cukup baik untuk mobil bermesin 1.500 cc.

Perjalanan tersebut, kami tempuh selama satu hari dengan kondisi jalan kebanyakan lengang. Hanya saja memang kondisinya melewati berbagai medan, mulai dari perkotaan hingga bukit-bukit berbatu. Alhasil kami tidak bisa melesat cepat dengan Alvez. Kecepatan pun tidak pernah di atas 100 km/jam.

Dengan konsumsi BBM 12,7 km/liter, maka dalam kondisi tangki bensin Wuling Alvez penuh yaitu 45 liter, mobil bisa diajak melaju hingga 571 km atau setara perjalanan Jakarta ke Yogyakarta. Menarik bukan?

Kemudian bagaimana rasa berkendara Wuling Alvez? Ketika di perkotaan, kami merasa setirnya sangat ringan sehingga menyenangkan untuk diajak selap-selip di kepadatan kendaraan. Lalu bantingan suspensinya yang empuk juga menjadikan berkendara bersama SUV Wuling ini terasa nyaman, meski melewati jalan yang tidak rata.

6. Warna Bodi Eksterior Wuling Alvez Dual Tone

Spesifikasi Wuling Alvez

Alvez dibalut dual tone, bagian pilar dan atap berwarna hitam dengan kombinasi beberapa warna dibody

Wuling Alvez hadir dengan warna dual tone. Dimana untuk pilar dan atapnya berwarna hitam yang dikombinasikan dengan pilihan warna Tungsten Steel Grey, Pristine White, Aurora Silver, Starry Black dan Carnelian Red.

Hadirnya pilihan kombinasi two tone tersebut tentunya semakin membuat Wuling Alvez terlihat modern dan elegan. Sehingga untuk bertarung dengan para rivalnya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, mobil SUV dari Cina ini semakin percaya diri.

7. Perbedaan 3 Varian Wuling Alvez

Spesifikasi Wuling Alvez

Hanya varian EX yang sudah dilengkapi sunroof

Mobil SUV Wuling Alves hadir dengan tiga varian, yaitu SE sebagai varian entry levelnya, kemudian ada CE dan EX untuk varian flagshipnya.

Baca juga  Bocoran Mobil Chery di IIMS 2022, Siap Menggebrak!

Ketiganya mempunyai dimensi dan menggunakan mesin yang sama. Ketiganya juga sama-sama menggunakan electric power steering – Rack & Pinion, suspensi depan menggunakan McPherson Sturt, serta suspensi belakang menggunakan Torsion Beam.

Namun begitu, untuk perangkat pengereman ada perbedaan. Untuk Wuling Alvez varian SE dan CE pada bagian roda depan menggunakan cakram dan belakang mengggunakan drum. Sementara untuk varian tertingginya yaitu EX pengereman depan dan belakang menggunakan cakram.

Tak hanya perangkat pengereman saja yang, nyatanya untuk varian SE juga hanya mengadopsi velg kaleng yang ditutup dop. Sedangkan varian CE dan EX sudah menggunakan velg alloy. Meski begitu, semua ukuran velg dan ban ketiganya sama.

Tak hanya pada bagian kaki-kakinya saja, pada bagian eksterior juga ternyata ada yang membedakan dari 3 varian yang ditawarkan. Seperti headlamp varian SE masih menggunakan halogen, sedangkan dua varian diatasnya sudah LED. Kemudian juga untuk varian SE dan CE belum dilengkapi dengan foglamp dan DRL serta frameless wiper.

Oh ya, varian SE dan CE juga minus shark fin antenna dan roof rail, dan sunroof. Bahkan, untuk varian entry levelnya (SE) tidak dilengkapi dengan wiper belakang.

Untuk bagian interior juga ada beberapa kelengkapan yang disunat untuk varian SE dan CE. Seperti sarung jok tidak menggunakan kulit sintetis, AC tanpa air filter, soft touch panel dan minus power outlet di baris kedua. Ada lagi, untuk instrumen panelnya juga varian SE masih analog. Sementara untuk varian CE sudah TFT namun ukurannya lebih kecil dari varian EX, yaitu hanya 3,5 inchi dan EX 7 inchi full color.

Ada lagi, dari sisi entertainment jumlah speaker varian SE hanya ad 2, tanpa dilengkapi head unit touchscreen dan kamera parkir. Kemudian untuk varian CE sudah pakai head unit yang sama dengan varian EX namun belum bisa terkoneksi dengan smarphone, online music, online navigation dan online messaging.

Oh ya, Wuling Almaz varian SE dan CE juga belum diengkapi dengan fitur WIND dan IoV, dan ADAS dan beberapa fitur keselamatan lainnya.

8. Sudah Dilengkapi Fitur ADAS

Spesifikasi Wuling Alvez

Ilustrasi fitur ADAS

Hal lain yang menarik perhatian dari Wuling Alvez ini adalah mobil SUV ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS (Advanced Driver Assistance System). Dimana fitur ini sudah terintegrasi dengan Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance with Lane Keeping Function, Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Function, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Collision Mitigation System, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, serta Lane Departure Warning.

Kemudian, selain fitur ADAS, Wuling Alvez juga sudah dilengkapi fitur Electronic Stability Control (ESC) and Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS) and Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Electric parking brake (EPB) with Auto Vehicle Hold (AVH), Hill Hold Control (HHC), Dual SRS airbags, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Seatbelt reminder, ISOFIX and child-proof door lock, Rear parking sensors, dan Immobilizer, anti-theft alarm  

9. Harga Wuling Alvez Mulai Rp 209 Juta

Spesifikasi Wuling Alvez

Harga Wuling Alvez 2023 mulai dari Rp 209 juta sampai 295 juta

Usai tahu spesifikasi Wuling Alvez 2023, apakah kamu tertarik punya? Jika berminat Kamu bisa mengunjungi event IIMS 2023 dan bisa langsung melakukan pemesanan. Berikut daftar harganya:

  • Wuling Alvez SE: Rp 209.000.000
  • Wuling Alvez SE: Rp 255.000.000
  • Wuling Alvez EX: Rp 295.000.000

Dengan harga yang dibanderol tersebut, Wuling Alvez tentunya siap untuk bersaing dengan para rivalnya yang sudah terlebih dahulu mengaspal di Indonesia. Sebagai gambaran, Honda menjual HR-V mulai Rp 379,5 juta. Kemudian Creta, Hyundai menjualnya mulai Rp 291,3 juta.

Dengan harga tersebut, bukan tidak mungkin hadirnya Wuling Alvez akan menggoyang market dari Honda HR-V dan Hyundai Creta. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?

Moladiners, itulah ulasan mengenai review, harga, dan spesifikasi Wuling Alvez 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika