by

Penampilan Baru Suzuki Ignis, Sanggup Lawan Brio?

Penampilan Baru Suzuki Ignis – Penampilan baru Suzuki Ignis diperlihatkan Maruti Suzuki dalam pagelaran Auto Expo 2020. Perubahannya tidak siginifikan, hanya berganti beberapa ornamen.

Setelah tiga tahun dipasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia, Maruti Suzuki memberi pembaharuan pada Ignis. Desainnya tetap menganut aliran crossover dengan body sedikit berotot.

Perubahan yang kentara Nampak di sektor fascia. Grill “honeycomb” digantikan dengan grill kotak-kotak berlapis krom sedikit mirip dengan kepunyaan Jeep Compass.

Di bumper depan, menempel skid plate berukuran lumayan besar dengan warna silver. Ornamen tersebut membuat desain muka Ignis terlihat lebih berisi dan gagah.

Cover foglamp berubah menjadi warna hitam doff, tidak berlapis krom seperti yang sebelumnya. Sementara itu, tidak ada perubahan pada bentuk headlight.

Pembeda lain di wilayah eksterior, yakni skid plate besar di bumper belakang. Warnanya serupa dengan skid plate di depan.

Di bagian body samping tidak ada revisi sedikitpun. Tetap dipasangi wheel arch tipis warna hitam doff. Velg pun tetap menggunakan ukuran 15 inci warna hitam dengan lima palang bentuk “U”.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Ignis, Apa Beda Varian GL dan GX?

Masuk ke kabin, nyaris tidak ada rupa yang berbeda dari Ignis model lama. Hanya pola desain cover jok yang berbeda, tapi tak terlalu kentara.

Perangkat multimedia Ignis facelift mendapatkan peremajaan. Terpasang head unit SmartPlay Studio Touchscreen Infotainment dilengkapi onboard navigation with live traffic, serta koneksi Apple Car Play dan Android Auto. Ukurannya tidak berbeda dari yang lama, layar 7 inci dengan penempatan mencuat keluar dari dashboard.

Jantung pacu tidak diubah. Menggunakan mesin berkode K12M kapasitas 1.200 cc dengan lansiran tenaga 81,8 dk di 6.000 rpm dengan kekuatan torsi 113 Nm di 4.200 rpm. Hanya ada sedikit penyesuaian pada aliran gas buang, untuk memenuhi standarisasi BS6 di India.

Berbeda halnya dengan Suzuki Ignis yang dipasarkan di Jepang/ Menggunakan mesin berkode K12C dengan kapasitas 1.200 cc dengan teknologi hybrid. lansiran tenaga 81,8 dk di 6.000 rpm dengan kekuatan torsi 113 Nm di 4.200 rpm. Tenaga dikelola transmisi CVT. Terpasang bateriam lithium ion untuk menyimpan energi listrik yang terisi ulang secara otomatis. 

Baca juga  7 Mobil Baru Seharga Rp 100 Jutaan, Mana Pilihan Kamu?

Ada empat tipe Suzuki Ignis Hybrid, yakni Ignis Hybrid MF, Hybrid MZ, Hybrid MX, dan Hybrid MG. 

Penampilan Baru Suzuki Ignis akan Diminati di Indonesia?

Penampilan baru Suzuki Ignis
Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia diimpor dari India

Pada awal kemunculannya di Indonesia, Suzuki Ignis mengail antusiasme tinggi dari konsumen mobil compact di Indonesia. Suzuki Indonesia memasukkan Sembilan varian Ignis. Ignis GL MT, GL Luxury MT, GL AGS, GL Comfort, GL Comfort AGS, GL Luxury AGS, GX MT, dan GX AGS.

Sepanjang tahun 2017, Ignis yang diimpor dari India terjual lebih dari 12 ribu unit. Di tahun berikutnya, Suzuki Indonesia merilis Ignis Sport yang punya spesifikasi lebih lengkap. Penjualannya di 2018 meroket, melewati 13 ribu unit.

Baca Juga: 

Sayangnya, di 2019 Ignis tak lagi memukau. Mobil ini hanya terjual 5 ribuan unit. Turunnya penjualan Ignis diduga akibat kalah saing dari Honda Brio yang berubah bentuk di pertengahan 2018.

Baca juga  Suzuki New Ignis Meluncur, Minim Perbedaan?

Namun, pihak Suzuki menampik Ignis kalah pamor dari pesaing. Mobil ini memang ditekan distribusinya karena fluktuasi nilai mata uang. Suzuki Indonesia memutuskan untuk memperbanyak volume penjualan mobil yang diproduksi di dalam negeri.

Lantas, apakah Ignis baru akan dibawa ke Indonesia? Atau malah akan dirakit lokal. Kita tunggu saja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru