Ternyata Ini Alasan Busi Motor Bisa Retak

by Tigor Sihombing
busi motor retak

Kira-kira apa yang penyebab busi motor bisa retak? Busi merupakan komponen vital pada sepeda motor yang berfungsi sebagai pemantik api di ruang bakar.

Dengan perannya yang sangat penting, busi motor memungkinkan piston bergerak dan memutar poros engkol. Namun, seiring pemakaian, busi motor bisa retak. Keramik busi yang retak dapat memengaruhi kinerja mesin secara signifikan dan menurunkan performa kendaraan.

Ketika melakukan servis kendaraan, salah satu masalah yang mungkin ditemukan adalah keramik busi yang retak. Busi motor bisa retak karena berbagai faktor, dan keramik yang retak harus segera diganti. Jika busi motor retak, ini bisa menyebabkan masalah teknis seperti kebocoran listrik yang dapat mengganggu aliran listrik ke ruang bakar dan menurunkan efisiensi mesin.

Salah satu penyebab utama mengapa busi motor bisa retak adalah penanganan yang tidak tepat. Misalnya, jika busi beradu dengan material keras atau terjatuh dari ketinggian, keramik busi bisa mengalami retak.

Selai itu pemasangan yang tidak benar, higga berakibat busi dipaksa masuk dengan kunci juga bisa salah satu penyebab keretakan pada keramik busi.

Baca juga  Bayar Pajak Motor Lewat ATM, Ini Langkah-Langkahnya

Dampak Busi Motor Retak

image1189
Untuk mencegah busi motor bisa retak, penting untuk melakukan proses pemasangan dengan benar.

Ketika busi motor retak, keramik yang retak dapat menyebabkan kebocoran listrik yang membuat aliran listrik ke ruang bakar tidak optimal, yang pada akhirnya mengakibatkan mesin menjadi berat dan boros bahan bakar.

Untuk mencegah busi motor bisa retak, penting untuk melakukan proses pemasangan dengan benar. Pastikan menggunakan ukuran kunci busi yang sesuai dan pertimbangkan penggunaan kunci busi bermagnet jika posisi busi sulit dijangkau.

Jika sudah terlihat busi motor yang retak, segera ganti dengan busi baru. Langkah ini penting untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal dan menjaga keselamatan berkendara.

Menghindari busi motor yang retak juga memerlukan perawatan rutin dan pemantauan kondisi busi secara berkala. Dengan menjaga kondisi busi agar tetap baik, kamu dapat memastikan kinerja mesin tetap optimal dan mencegah masalah teknis yang dapat mengganggu perjalanan.

Pemantauan dan perawatan yang tepat akan membantu mencegah busi motor dari kerusakan lebih lanjut dan memastikan kendaraan berfungsi dengan baik. Demikian ulasan terkait alasan Busi Motor Bisa Retak. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  AHRT Raih Podium di Asia Road Racing Championship 2024 Sepang

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika