Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Tips Mengganti Ban Serep Hyundai Creta Lebih Praktis

by Ivan
Tips mengganti ban serep Hyundai Creta

Ban serep merupakan komponen penting yang wajib ada di sebuah mobil. Ban cadangan ini menjadi krusial saat mobil mengalami keadaan darurat seperti ban kempis atau bocor. Berikut tips mengganti ban serep Hyundai Creta lebih praktis.

Perlu diketahui, penempatan posisi ban serep pada tiap mobil bisa berbeda. Namun, jangan dianggap sepele proses buka ban serep dan penggunaannya perlu diperhatikan dengan cermat agar tidak menimbulkan risiko tambahan.

Pada semua lineup Hyundai Creta, posisi ban serep terletak di bagasi belakang. Untuk membuka dan menggunakannya tinggal mengangkat cover dan meletakkannya secara miring pada slot yang telah disediakan.

Langkah selanjutnya, pengguna Hyundai CRETA dapat memutar pengunci di bagian tengah ke arah berlawanan jarum jam. Lalu, angkat ban serep keluar mobil dan siap untuk pergantian di posisi ban yang mengalami masalah.

konsumsi bbm hyundai creta 001
Penting memahami posisi tepat mengganti ban serep

Perlu hati-hati pada saat mengangkat ban serep yang memiliki bobot cukup berat, dan meletakannya di jalan kondisi berbaring untuk menghindari efek menggelinding di badan jalan.

Baca juga  Rasa Berkendara Hyundai Creta, Mode Sport Menyenangkan!

“Ban serep menjadi salah satu komponen krusial dalam situasi darurat di jalan, dan kami ingin memastikan penggunaannya dilakukan dengan tepat dan efisien,” kata Ferry, Chief Operating Officer Hyundai GOWA.

“Dengan mematuhi panduan yang diberikan, kami di Hyundai GOWA berharap pengemudi Hyundai CRETA dapat mengganti ban serep dengan cepat dan aman, sehingga perjalanan pelanggan dapat dilanjutkan dengan lancar.” tambahnya.

Tips Menggunakan Ban Serep yang Efektif

harga hyundai creta prime bekas
Harga Hyundai Creta Prime bekas anjlok

1. Perhatikan Ban Cadangan

Ban serep memiliki ukuran dan karakteristik yang berbeda dengan ban normal. Gunakan hanya untuk keadaan darurat atau sementara, serta hanya digunakan dalam waktu dan jarak tertentu saja.

2. Segera Ganti dengan Ban Normal yang Sesuai

Ban serep digunakan pengemudi hanya untuk membantu pengemudi bisa sampai ke tempat servis atau bengkel resmi terdekat. Sangat disarankan, untuk dapat diarahkan ke cabang bengkel resmi Hyundai GOWA terdekat, agar penangannya sesuai standar kelaikan dan lebih presisi oleh teknisi yang telah bersertifikat resmi dan berpengalaman. Batasi jarak tempuh saat menggunakan ban serep untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Baca juga  Hyundai Creta Diuji Jalan, Bakal Masuk Indonesia?

3. Hindari Kecepatan Tinggi

Saat menggunakan ban serep, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi, terutama melebihi 80 km per jam. Informasi mengenai batas kecepatan ban serep yang digunakan dapat dibaca di buku petunjuk mobil atau yang tertera di ban serep.

4. Berkendara Aman

Gunakan jalur kiri dan nyalakan lampu hazard jika berkendara di malam hari dengan ban serep.

Panduan Praktis untuk Pergantian Ban Serep Mobil

Selalu periksa kondisi ban secara berkala
Selalu periksa kondisi ban secara berkala
  1. Parkir Mobil dengan Aman dan Pasang Tanda Peringatan: Matikan mesin mobil, letakkan tanda peringatan, dan siapkan alat-alat yang diperlukan.
  2. Kendorkan Baut Ban: Kendurkan baut ban yang bermasalah tadi secara bersebrangan dengan menggunakan kunci roda.
  3. Gunakan Dongkrak: Tempatkan dongkrak pada titik yang tepat dan angkat mobil hingga ban terangkat dari badan jalan.
  4. Buka Semua Baut Ban: Lepaskan semua baut ban yang bocor atau kempis tadi dengan hati-hati.
    Pasang Ban Serep dan Kencangkan Baut Ban
  5. Pasang ban serep dan kencangkan baut ban. Lalu turunkan dongkrak, hingga ban kembali menyentuh badan jalan. Setelah itu, kencangkan baut ban cadangan secara optimal.
  6. Rapikan Peralatan: Setelah selesai, rapikan semua peralatan dan simpan ban yang bermasalah di tempat ban serep Hyundai CRETA tadi, lalu putar kuncian searah jarum jam hingga kencang.
Baca juga  GIIAS 2021: Harga Hyundai Creta, Mulai Rp 279 Juta

Dengan memahami dan mengikuti panduan ini, diharapkan penggunaan dan penggantian ban serep mobil dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

Tetaplah waspada dan selalu periksa kondisi ban secara berkala untuk keselamatan berkendara yang lebih baik. Simak terus Moladin .com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika