Tips Sewa Mobil Saat Wisata di Jogja

Sewa Mobil Jogja – Melakukan perjalanan wisata ke Jogja bersama dengan banyak orang tidaklah mudah. Apalagi harus mengatur banyak hal mulai dari akomodasi sampai makanannya. Selain itu perjalanan ke beberapa lokasi wisata juga sulit, apalagi tidak dijangkau oleh angkutan umum.

Salah satu cara mengatasi masalah di atas adalah memuat rencana perjalanan dengan baik. Selain itu khusus masalah transportasi, Anda bisa sewa mobil Jogja. Berikut beberapa tipsnya.

1. Membuat Rencana Perjalanan yang Matang

Jogja punya segudang lokasi wisata, kamu perlu tentukan titik mana saja yang mau dikunjungi, supaya perjalanan lebih nyaman

Sebenarnya menyewa kendaraan atau tidak perjalanan wisata bisa saja berantakan kalau Anda tidak membuat itinerary. Rencana perjalanan penting untuk digunakan sebagai pegangan selama pelesir di Jogja. Kalau Anda mengabaikannya, perjalanan tidak akan berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Pastikan membuat rencana perjalanan dengan sempurna. Misal Anda dan rombongan akan melakukan perjalanan selama 3 hari. Anda bisa mendaftar mana saja yang akan dikunjungi pada hari pertama sampai terakhir. Buat sedetail mungkin agar tidak buang waktu di jalanan.

Usahakan untuk mengunjungi tempat wisata yang lokasinya berdekatan atau masih satu cluster. Dengan melakukan itu Anda tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktu di jalanan untuk diam dan menunggu.

2. Mendaftar Beberapa Agen Sewa Mobil Jogja

Beli Toyota Avanza
Toyota Avanza merupakan salah satu mobil terlaris yang disewa

Tidak masalah kalau Anda ingin menyewa kendaraan jenis apa pun, tapi jangan tergesa-gesa. Mobil keluaran terbaru atau yang sudah agak tua sama-sama bisa dikendarai kalau melakukan city tour. Namun, kalau ke kawasan pegunungan jenis SUV lebih diutamakan.

Pikirkan dahulu mau datang ke mana. Selanjutnya daftar semua jasa sewa mobil Jogja yang berada dekat dengan lokasi. Anda bisa mengecek harga sewa kendaraan yang ditawarkan. Bandingkan satu dengan yang lain untuk mendapatkan mana saja yang paling cocok.

Baca juga:

3. Mengecek Semua Fasilitas Sewa Mobil di Jogja

Mitsubishi Xpander juga bisa jadi pilihan untuk sewa mobil di Jogja

Masing-masing jasa sewa mobil Jogja umumnya memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Ada yang sudah dengan sopir beserta bahan bakarnya. Selain itu ada juga yang lepas kunci mobil. Fasilitas lain bisa saja salam bentuk air mineral dan lainnya sesuai dengan kesepakatan dan harga.

Mengecek fasilitas ini sangat penting untuk memaksimalkan apa yang Anda dapatkan. Jangan memiliki kendaraan hanya karena baru, misal mobilnya menggunakan Honda Mobilio. Cek juga berapa jam layanan bisa digunakan serta detail lainnya. Jangan menyewa pada penyewaan mobil yang aturannya tidak jelas.

Kalau Anda merasa tidak yakin dengan layanan yang diberikan, lebih baik bertanya secara langsung. Terkadang apa yang ada di internet tidak semuanya benar atau sudah ada pembaruan layanan. Cek fakta ke sumbernya langsung agar lebih aman dan lancar perjalanannya.

4. Melakukan Penawaran Harga

sewa mobil jogja
Lakukan tawar harga sampai mencapai kesepakatan terbaik

Hampir semua penyedia jasa sewa mobil Jogja memberikan harga yang sudah tidak bisa diganggu gugat. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan penawaran. Misal Anda menawar harga tertentu karena ingin menyewa selama tiga hari secara penuh. Jadi, butuh potongan harga agar masuk bujet.

Kalau penawaran harga sulit dilakukan, mintalah benefit yang lebih besar. Misal tidak akan dikenakan denda kalau telat selama sejam sampai waktu sewa habis. Melakukan hal ini penting apalagi membawa banyak orang. Tidak semua orang paham dengan waktu dan punya keinginan sendiri-sendiri.

5. Usahakan Tidak Melebihi Waktu Sewa

sewa mobil jogja
Jangan sampai lewat waktu peminjaman karena akan dikenakan biaya tambahan

Waktu sewa mobil umumnya berbeda-beda di setiap tempat. Ada yang menyewakan selama 12 jam saja dan ada yang sampai 24 jam. Semua tergantung dengan harga dan ada atau tidaknya sopir. Kalau hanya 12 jam saja umumnya ada sopirnya. Namun, kalau lebih dari itu umumnya lepas kunci.

Kalau Anda mengembalikan kendaraan melewati batas yang ditentukan, umumnya akan ada denda. Jadi, sebelum waktunya habis lebih baik segera mengembalikannya. Buat alarm kapan saja harus segera pulang dan kembali ke hotel. Jangan hanya keasyikan Anda dan rombongan jadi harus membayar lebih banyak.

Setelah menyimak ulasan di atas, Anda bisa paham kalau sewa mobil Jogja akan memberikan banyak kemudahan. Apalagi kalau harus ke kawasan Jogja bagian perbukitan yang angkutan umumnya tidak ada sama sekali dan butuh kendaraan SUV. Semoga ulasan di atas bermanfaat dengan baik.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *