Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Toyota Alphard dan Vellfire 2023, Ada Varian Turbo!

by Firdaus Ali

Akhirnya harga Toyota Alphard dan Vellfire 2023 resmi diumumkan saat peluncurannya di Jepang pada rabu (21/6/2023). MPV mewah tersebut dijual mulai 6.550.000 Yen atau setara Rp 689 juta untuk Vellfire. Kemudian harga Alphard Gen-4 adalah 5.400.000 Yen atau setara Rp 568 juta.

Hanya saja yang perlu diingat, itu merupakan harga di Jepang. Tentu saja ketika masuk Indonesia nanti, banderolnya lebih mahal. Sebagai gambaran, Alphard Gen-3 yang dijual saat ini di Tanah Air, termurahnya Rp 1,2 miliaran.

Lalu dengan banderol tersebut, apa saja kelebihan Toyota Alphard dan Vellfire 2023? Benarkah pakai mesin turbo? Berikut bahasan lengkapnya?

Toyota Alphard Gen-4 Pakai Platform TNGA-K

eksterior toyota alphard 2023 tampak belakang

Alphard Gen-4

Dilansir dari laman Toyota News Room Global, Toyota Alphard untuk pertama kalinya dibangun menggunakan platform TNGA-K (Toyota New Global Architechture) yang merupakan platform unibody untuk mobil berukuran menengah hingga fullsize. Platform TNGA-K ini sebelumnya sudah ditemui pada Toyota Highlander, Toyota Camry dan model lain.

Toyota Alphard 2023 terbaru mengusung desain yang elegan. Hal itu bisa dilihat dari tampilan grill depan yang sudah menggunakan black chrome yang dipadukan dengan desain honeycpmb 3D serta lampu utama LED yang terlihat selaras.

Pada bagian samping, mobil MPV Sultan ini memberikan lekukan body yang tidak terlalu agresif namun justru elegan. Sekilas terlihat seperti gulungan ombak yang berakhir di garis pintu depan. Untuk bagian belakang, desainnya juga terlihat lebih menarik dengan aksen lampu yang cukup atraktif.

Dan untuk mendukung penampilan eksteriornya, Toyota Alphard 2023 mengadopsi velg alloy dengan desain baru berukuran 17 inchi. Velg tersebut dipasangkan dengan ban berprofil 255/65 R17. Sementara untuk dimensinya kurang lebih memiliki bodi dengan panjang 5 meter dan lebar 1,85 meter.

Interior Toyota Alphard 2023 dengan Dua Moonroof

Toyota Alphard dan Vellfire 2023

Interior Toyota Alphard 2023

Masuk ke bagian interior, Alphard Gen-4 masih kental dengan nuansa kemewahan. Jok dibungkus dengan material kulit berkualitas. Kemudian untuk bangku baris kedua sudah menggunakan ottoman yang hadir dengan kenyamanan power-sliding otoman.

Tak hanya itu saja, area baris kedua juga didesain ulang di mana Toyota memasangkan sesuatu yang disebut dengan Super-Long Overhead Console. Pada bagian ini nampak terdapat kisi-kisi AC, lampu dan penyimpanan tambahan yang terintegrasi.

Baca juga  Daftar Harga Fortuner Bekas, Mulai Rp 120 Jutaan

Hadir di bagian atap, dua moonroof yang terletak di kiri dan kanan. Menariknya bukaan kover atap kaca tersebut dapat disesuaikan masing-masing, misal ketika kiri terbuka dan kanan tertutup, itu dimungkinkan.

Oh ya, pihak Toyota juga mengatakan bahwa Alphard 2023 menggunakan sasis lebih kaku dan lebih kedap dari sebelumnya. Pabrikan Jepang ini mengklaim bahwa kabin menjadi lebih senyap dan getaran berkurang hingga 30%.

Performa Mesin Hybrid di Toyota Alphard Terbaru, Irit BBM

Toyota Alphard 2023

Mesin Hybrid Alphard Gen-4 bisa irit konsumsi BBM hingga 17,5 km/liter

Toyota Alphard 2023 hadir dengan pilihan mesin bensin dan hybrid. Untuk mesin bensin, menggunakan 2AR-FE berkubikasi 2.5L yang juga digunakan oleh Toyota Camry. Di atas kertas, mesin tersebut mampu melontarkan tenaga 181 PS diikuti torsi 228 Nm melalui sistem transmisi Super CVT-i

Selanjutnya, ada pula pilihan mesin hybrid A25A-FXS 2.5L dengan transmisi electric continuously variable. Untuk tenaga maksimumnya diklaim sanggup mencapai 250 PS. Hal menarik dari mesin hybrid ini adalah soal konsumsi bahan bakarnya yang irit, berdasarkan hasil pengujian internal Toyota, mesin ini tercatat 17,5 km/liter.

Berbicara fitur, Toyota Alphard 2023 sudah dilengkapi dengan berbagai sistem bantuan mengemudi aktif Toyota Safety Sense yang dibekali dengan fitur Proactive Driving Assist yang berfungsi sebagai kemudi prediktif saat berpindah jalur dan memiliki kemampuan memperlambat diri saat berbelok di persimpangan.

Fitur baru lainnya adalah parkir jarak jauh yang sangat berguna saat mobil MPV dengan dimensi yang cukup bongsor ini diparkir di tempat yang sempit, dan ini merupakan pertama kalinya diadposi pada model ini.

Harga Toyota Alphard 2023

Toyota Alphard 2023

Toyota Alphard 2023

Berikut kami informasikan harga Toyota Alphard 2023 untuk negara Jepang. Untuk di Indonesia, kemungkinan jika mobil MPV mewah ini masuk, jelas harganya akan lebih tinggi karena adanya pengenaan pajak impor dan lainnya.

  • Toyota Alphard Z (Bensin) 2WD: 5,4 juta yen atau sekitar Rp 568,5 juta
  • Toyota Alphard Z (Bensin) 4WD: 5.598 juta yen atau sekitar Rp 589,4 juta
  • Toyota Alphard Z (Hybrid) 2WD: 6,2 juta yen atau sekitar Rp 652,8 juta
  • Toyota Alphard Z (Hybrid) E-Four: 6,420 juta yen atau sekitar Rp 675,9 juta 
  • Toyota Alphard G (Bensin) 2WD: 4,720 juta yen atau sekitar Rp 496,9 juta
  • Toyota Alphard G (Bensin) 4WD: 4,9 juta yen atau sekitar Rp 515,9 juta
  • Toyota Alphard G (Hybrid) 2WD: 5,448 juta yen atau sekitar Rp 573,6 juta
  • Toyota Alphard G (Hybrid) E-Four: 5,648 juta atau sekitar Rp 594,6 juta
  • Toyota Alphard Exceutive Lounge Hybrid 2WD: 8,5 juta yen atau sekitar Rp 894,9 juta
  • Toyota Alphard Executive Lounge Hybrid E-Four: 8,720 juta yen atau sekitar Rp 918,1 juta
Baca juga  Segini Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift 2020

Toyota Vellfire 2023 Pakai Mesin Turbo

Toyota Vellfire 2023

Mesin Turbo Toyota Vellfire punya performa buas

Baik Toyota Alphard dan Vellfire 2023, sama-sama pakai platform TNGA-K yang juga digunakan pada Toyota Highlander, Toyota Camry dan model lain. Bedanya, di Vellfire terbaru tersedia pilihan mesin turbo.

Toyota Vellfire sebenarnya menawarkan 2 pilihan mesin: hybrid dan turbo. Khusus untuk hybridnya tidak beda dari Alphard yang menggunakan mesin berkode A25A-FXS, diklaim bisa melintarkan tenaga maksimum 250 PS melalui transmisi Electric continuously variable transmission. Kemudian untuk konsumsi BBM, menurut klaim Toyota bisa mencapai 17,5 km/liter.

Selanjutnya, ada Vellfire turbo yang pakai kode mesin T24-FTS 2.4L Turbo. Di atas kertas performanya lebih istimewa dengan tenaga puncak bisa sampai 279 PS dan torsi 430 Nm melalui transmisi 8-speed directshift. Mantap bukan? Performa mesin turbo milik Toyota Velffire itu diklaim lebih istimewa dibanding mesin 3.500 cc yang dipakai di model sebelumnya.

Eksterior Lebih Agresif di Vellfire

eksterior toyota vellfire 2023 - tampak belakang

Velffire punya desain agresif dibanding Alphard

Walau kembar, tapi Toyota Alphard dan Vellfire 2023 punya garis desain yang agak berbeda. MPV ini tampil dengan desain yang lebih agresif.

Soal tampilan eksterior, Vellfire hadir dengan wajah baru yaitu menggunakan aksen black chrome pada bagian grillnya yang dipadupadankan dengan headlamp LED serta lekukan bumper yang cukup agresif. Sekilas mirip paras Toyota Voxy.

Pada bagian samping terlihat mengusung desain baru, di mana gaya desain lama dengan ciri pintu bergaris tebal pada pintu penumpang telah diganti dengan desain yang berbentuk seperti gulungan ombak yang puncaknya tepat berada pada sambungan pintu depan dan belakang.

Pada bagian belakang, Toyota Vellfire Hybrid 2023 menampilkan kombinasi desain yang simpel namun tetap mencerminkan eksklusifitas sebuah MPV. Dimana desain lampu yang cukup unik dipadupadankan dengan bumper yang diberi list black chrome.

Baca juga  Toyota Sienta Terbaru Segera Meluncur, Bermesin Hybrid!

Interior Toyota Vellfire

Toyota Vellfire Hybrid 2023

Interior Toyota Vellfire 2023 pakai nuansa lebih gelap

Masuk ke dalam interior, Toyota Vellfire 2023 langsung menyuguhkan kemewahan dengan fitur kenyamanan yang mendukung. Pada bagian dashboard, terdapat head unit touchscreen berukuran besar yang bisa mengakomodir kebutuhan audio dan fitur-fitur serta kamera.

Kemudian, joknya juga sudah dibungkus dengan material kulit berkualitas. Tak hanya itu saja, untuk mengoptimalkan kenyamanan baris kedua, joknya juga menggunakan sistem ottoman yang hadir dengan kenyamanan power-sliding.

Oh ya, bagian atapnya juga tak kalah menarik, Dimana posisi sunroof tepat berada di atas penumpang kanan dan kiri mengapit switch kontrol untuk beberapa fitur kenyamanan.

Berbicara fitur, Vellfire Hybrid 2023 sudah mengadopsi Toyota Saftey Sense terbaru yang sudah terintegrasi dengan fitur Pre-crash safety: Support for not hitting, Lane Tracing Assist: Support highway cruising, Lane Departure Alert: Support for not protaching, Radar cruise control: Support to keep up, Adaptive high beam system: Supports visibility at night, Road sign assist: Support to prevent missing signs, Driver abnormal response system: Support for lifesaving and rescue, Proactive Driving Assist: Casual support for safe driving, Delayed start notification function: Support for advance cars and signal delays, Emergency steering support (with active steering function): Support steering avoidance, Front cross-traffic alert: Support for the prevention of encounter accidents, Lane Change Assist: Support for lane change on highways.

Harga Toyota Vellfire 2023

toyota vellfire eksterior

Harga Vellfire bermesin turbo dijual paling murah

Harga Toyota Vellfire di Jepang berkisar antara Rp 689 jutaan hingga Rp 938,9 jutaan. Berikut lengkapnya:

  • Vellfire Z Premier 2.4 Turbo 2WD: 6,5 juta yen atau Rp 689,4 jutaan
  • Vellfire Z Premier 2.4 Turbo 4WD: 6,7 juta yen atau Rp 710,2 jutaan
  • Vellfire Z Premier 2.5 Hybrid 2WD: 6,9 juta yen atau Rp 726,2 jutaan
  • Vellfire Z Premier 2.5 Hybrid E-Four: 7,1 juta yen atau Rp 749,4 jutaan
  • Vellfire Executive Lounge 2.5 Hybrid 2WD: 8,7 juta yen atau Rp 915,7 jutaan
  • Vellfire Executive Lounge 2.5 Hybrid E-Four: 8,9 juta yen atau Rp 938,9 jutaan

Itulah tadi bahasan soal Toyota Alphard dan Vellfire 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika