Friday, February 3, 2023
Banner

Toyota Hilux GR Sport Australia, Pakai Mesin Terbuas di Dunia

by Firdaus Ali
toyota hilux gr sport australia 001

Toyota Hilux GR Sport Australia 2023 resmi meluncur pada Jumat (6/1). Spesifikasi mobil double cabin tersebut terinspirasi dari reli dakar, menariknya lagi punya performa mesin yang terbuas di dunia.

Kemampuan Toyota Australia memang tidak perlu diragukan lagi dalam hal meracik mobil versi kencang. Terbukti, kini mereka memasarkan Hilux GR Sport paling bertenaga di dunia. Mesin yang digunakan tetap sama yaitu 1GD-FTV peminum solar berkapasitas 2.755 cc, serupa dengan versi Indonesia. Hanya saja dari sisi performa ada peningkatan.

“Mobil offroad terbaru ini adalah Hilux diesel paling bertenaga yang pernah ditawarkan oleh Toyota Australia. Tenaga dan torsinya dari mesin 2.8-liter telah ditingkatkan 10 persen,” beber rilis resmi Toyota Australia.

Bukan cuma itu, desain mobil juga dibuat lebih garang yang terinspirasi dari mobil reli dakar. Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Toyota Hilux GR Sport Australia? Apalagi perbedaannya dengan versi Indonesia? Berikut bahasan lengkapnya:

Performa Mesin Diesel Hilux GR Sport Australia

toyota hilux gr sport australia - tampak belakang

Mesin Hilux GR Sport Australia lebih bertenaga dibanding versi Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan, Toyota Hilux GR Sport Australia menyuguhkan performa mesin terbuas di dunia. Mereka sukses meningkatkan tenaga mesin 1GD-FTV 2.755 cc hingga naik 10 persen. Alhasil bisa melontarkan torsi puncak 550 Nm pada 2.800 rpm dan tenaga 224 PS pada 3.000 rpm.

Baca juga  Uji Tabrak, All New Veloz Raih Bintang 5 dari ASEAN NCAP

Bandingkan dengan Toyota Hilux GR Sport Indonesia yang cuma bisa melontarkan torsi 499 Nm dan tenaga 204 PS. Jauh bukan bedanya dibanding versi Australia? Tentu ini bisa jadi peluang buat pemilik mobil double cabin tersebut di Tanah Air, dalam melakukan modifikasi, khususnya tuning mesin agar performanya semakin buas.

Peningkatan performa di Hilux GR Sport versi Australia, lantaran ada revisi di teknologi turbo dan kontrol injeksi bahan bakar. Ada pula kombinasi penyetelan yang lebih sporty di transmisi otomatis, sehingga membuat pengemudi Hilux GR Sport Australia lebih percaya diri saat berakselerasi dan bermanuver di segala kondisi. Rasa berkendara yang menyenangkan ini semakin meningkat lewat kehadiran paddle shift di lingkar kemudi.

Hanya saja yang perlu kamu ketahui, Austria bukanlah satu-satunya negara yang punya Hilux GR Sport buas. Sebelumnya, performa serupa juga didapat oleh konsumen di Afrika Selatan pada 2022.

Spesifikasi Toyota Hilux GR Sport Australia

Toyota Hilux GR Sport Australia

Interior Hilux GR Sport Australia. Foto: Drive.com.au

Toyota Hilux GR Sport Australia juga memiliki banyak keistimewaan. Sebut saja di bagian kaki-kakinya pakai suspensi monotube khusus dengan gaya redaman dan kapasitas pembuangan panas yang lebih tinggi. Selain itu, pegas koil juga dibuat lebih kaku, serta keseimbangan suspensi depan dan belakang lebih dioptimalkan untuk mendapatkan respons kemudi yang presisi.

Baca juga  3 Kekurangan Toyota Veloz Baru 2021, Harus Tahu!

Bodinya juga dibuat lebih lebar di depan 140 mm dan belakang 155 mm dibanding Hilux biasa. Desain eksterior yang lebar ini terinspirasi dari rali dakar. Ada pula tambahan over fender hitam yang membuat mobilnya tampak berotot.

Bagian rodanya pakai ukuran velg 17 inci yang dipadankan ban offroad. Kemudian untuk kemampuan berkendara di berbagai medan, ada tambahan aksesori berupa skid plate, rock rail, hingga red rear recovery point.

Kemudian untuk interior Hilux GR Sport Australia didominasi warna hitam. Ada pula kombinasi aksen merah di jahitan jok dan setir. Logo GR Sport juga muncul di beberapa bagian.

Bicara soal harga, Toyota Australia belum mengumumkan banderol untuk Hilux GR Sport. Informasi yang kami dapat, penjualan baru dimulai sekitar Juli 2023.

Approach Angle (degrees) 5320
Lebar (mm) 2020
Tinggi (mm) 1880
Jarak Sumbu Roda (mm) 3085
Tracks Depan (mm) 1675
Belakang (mm) 1705
Approach Angle (degrees) 30
Departure Angle (degrees) 26
Kode Mesin 1GD-FTV (Hi)
Jumlah Silinder & Konfigurasi 4 cylinders, in-line
Mekanisme Katup DOHC 16-Valve
Bore x Stroke (mm) 92 x 103.6
Kubikasi (cm3) 2.755
Tipe BBM Diesel
Tenaga Maksimal (PS) 224
(rpm) 3.000
Torsi Puncak (Nm) 550
(rpm) 2.800
Rem Depan Ventilated discs with 4-cylinder fixed calliper
Belakang Ventilated discs with 1-cylinder floating calliper
Baca juga  Harga Fortuner dan Innova Pasca Diskon PPnBM, Murah?

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Hilux GR Sport Australia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika