Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Rush Discontinue di Malaysia, Selanjutnya Indonesia?

by Ivan
Toyota Rush discontinue di Malaysia

UMW Toyota Motor (UMWT) selaku prinsipal Toyota di negeri Jiran resmi mengonfirmasi Toyota Rush discontinue untuk pasar otomotif Malaysia.

Keputusan Toyota Rush discontinue ditandai dengan dihapusnya SUV tujuh tempat duduk ini dari situs resmi UMWT, lebih dari lima tahun sejak model tersebut diluncurkan.

Toyota Rush discontinue di pasar Malaysia terbagi dalam dua varian, yakni tipe 1.5G seharga RM88,314 (Rp 295,2 juta) dan tipe 1.5S seharga RM91,885 (Rp 306,9 juta).

mobil favorit keluarga indonesia - toyota rush

Toyota Rush jadi LSUV yang masih berpenggerak roda belakang (RWD)

Toyota Rush dirakit oleh Perodua di wilayah Rawang bersama Perodua Aruz (kembaran Daihatsu Terios). Sementara untuk mesin dan transmisi yang sama dengan Aruz dirakit di pabrik Perodua di Sendayan, wilayah Negeri Sembilan, Malaysia.

Tak berbeda dengan Indonesia, mesin Toyota Rush di Malaysia didukung unit bensin 2NR-VE berkapasitas 1.500cc 4 silinder dengan semburan tenaga 105 PS dan torsi 136 Nm.

Rival Honda BR-V ini memiliki dimensi panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 dan jarak sumbu roda mencapai 2.685 mm plus ground clearance setinggi 220 mm.

Toyota Rush di Indonesia terbagi 4 varian

Toyota Rush di Indonesia terbagi 4 varian

Dibandingkan Aruz, perlengkapan Toyota Rush di Malaysia lebih mumpuni mulai dari AC otomatis, blind spot monitor, dan Panoramic View Monitor dengan empat kamera.

Baca juga  4 Kelebihan Toyota Raize GR Sport, Canggih dan Sporty!

Meski demikian kemiripan keduanya cukup banyak termasuk fitur keamanan seperti Advanced Safety Assist (ASA) 2.0 Perodua pada Aruz, yang identik dengan Sistem Pre-Collision di Rush.

Nasib Toyota Rush di Indonesia dan Update Harganya

Kabin Toyota Rush bisa angkut 7 penumpang

Kabin Toyota Rush bisa angkut 7 penumpang

Di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara tegas menampik jika mereka akan stop produksi Toyota Rush di Indonesia lantaran tidak mendapat penyegaran seperti terjadi pada Daihatsu Terios.

Ditambah lagi saat ini, PT TAM memiliki line-up SUV 7 penumpang lain dan lebih fresh pada sosok Toyota Yaris Cross. Meski begitu Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT TAM bergeming jika Toyota Rush masih tetap diproduksi dan dijual di Indonesia. Lantas bagiamana dengan harganya kini?

Seperti halnya di Malaysia, Toyota Rush yang dijual di Indonesia juga terbagi 4 varian. Pertama ialah Rush 1.5 G M/T yang dijual seharga Rp 282,7 juta dan varian 1.5 G A/T yang dijual seharga Rp 293,5 juta.

Varian selanjutnya ialah Toyota Rush 1.5 S M/T GR Sport berbenderol Rp 295,4 juta dan varian flagship Toyota Rush 1.5 S A/T GR Sport yang dijual Rp 306,1 juta.

Toyota Rush tipikal SUV sejating dengan ground clereance setinggi 220 mm

Toyota Rush tipikal SUV sejating dengan ground clereance setinggi 220 mm

Pesona Toyota Rush sebagai LSUV andalan keluarga memang masih cukup membius meski secara desain dan kelengkapan fitur tergolong cukupan.

Baca juga  Skema Cicilan All New Agya GR Sport 2024, Angsuran Rp 4 jutaan

Terbukti dari data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di segmen LSUV bulan November 2023 menempatkan Toyota Rush jadi yang terlaris dengan capaian 4.433 unit disusul Daihatsu Terios 2.261 unit dan Suzuki XL7 terjual sebanyak 1.932 unit

Ditambah sederet promo yang kerap diguyur untuk meminang konsumen terkhusus untuk varian Toyota Rush GR Sport mulai diskon besar sampai Rp 35 juta atau cicilan ringan Rp 5 jutaan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika