Jumat, April 26, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Drive Thru Artinya Apa? Ini Penjelasan, Jenis dan Waktu Layanannya

by Baghendra Lodra
jenis pelayanan drive thru

Drive thru adalah salah satu sistem yang sangat membantu banyak sektor di saat masa pandemi beberapa waktu lalu. Alternatif ini mampu membuat proses lebih efisien dan praktis karena para pengemudi mobil atau motor turun terlebih dahulu dari kendaraanya. Sistem drive thru juga sudah cukup banyak diterapkan di berbagai kawasan di Indonesia. Beberapa jenis layanan tersebut bisa kamu gunakan sehari-hari, mulai dari SAMSAT, restoran, cuci mobil, hingga ATM.

Kali ini kami akan menjelaskan lebih detail apa itu drive thru dan apa saja layanan drive thru yang ada di Indonesia? Sehingga jika kamu sedang membutuhkan sesuatu dengan waktu yang singkat, pilihan layanan drive thru ini bisa kamu pilih. Yuk langsung saja intip penjelasannya berikut ini!

Arti drive thru

drive thru artinya

Drive Thru tidak hanya bisa dilakukan oleh mobil, tapi juga beberap tempat membolehkan motor

Sistem drive thru artinya adalah sistem take away yang selama proses pesan hingga pengambilan pesanan bisa dilakukan dari dalam mobil atau di atas kendaraan bermotor lainnya. Sehingga kamu tidak perlu turun dari kendaraan dan memarkirkan kendaraan kamu terlebih dulu untuk melakukannya. 

Sistem ini mempunyai berbagai keuntungan, di antaranya seperti mempersingkat waktu untuk membeli atau mengurus sesuatu, menghemat biaya untuk parkir, dan tentunya memudahkan kamu untuk mendapatkan sesuatu dengan lebih ringkas. 

Dalam Bahasa Indonesia, drive thru disebut dengan singkatan lantatur. Arti lantatur adalah layanan tanpa turun. Istilah ini juga tertulis dalam KBBI dengan pengertian lantatur yaitu pengoperasian bisnis (seperti bank atau rumah makan) yang dirancang agar pelanggan dapat dilayani tanpa harus turun dari mobil. 

Drive thru ditemukan pada tahun 1947 oleh salah satu restoran di Amerika Serikat bernama Red’s Giant Hamburg. Namun sayangnya restoran tersebut sudah tidak beroperasi lagi sejak 1984. Lalu kemudian dilanjutkan pada tahun yang sama juga di tahun 1984 oleh sebuah resto lain yang diawali karena adanya masalah keterbatasan lahan parkir yang tersisa, dan solusi yang diambil yaitu dengan memberlakukan drive thru pada restoran tersebut.  

Meskipun sudah banyak digunakan di tempat umum, ternyata tidak sedikit orang yang masih salah dalam menuliskan istilah satu ini. Tulisan drive thru yang benar yaitu “drive thru” bukan menggunakan “dhrive” ataupun “true”. Karena jika kamu salah dalam menuliskan istilah ini, maka arti istilah satu ini akan berbeda. Jadi, pastikan kamu menggunakan kalimat dan tulisan yang benar, ya. 

Apakah drive thru bisa pakai motor?

Drive thru sendiri tidak terbatas hanya untuk mobil. Sekarang sudah banyak area dan tempat yang menyediakan drive thru untuk berbagai kendaraan, seperti motor juga. Tetapi memang perlu diingat, bahwa tidak semua layanan membolehkan drive thru untuk motor, misalnya di beberapa resto dan supermarket. Kamu bisa membaca rambu yang berlaku atau menanyakan kebijakan drive thru motor ini kepada satpam yang bertugas.

Jenis layanan drive thru di Indonesia

samsat drive thru

samsat drive thru tidak perlu turun dari mobil

Banyak tempat di berbagai daerah di Indonesia sudah menyediakan sistem drive thru sebagai salah satu layanannya. Kamu bisa menemukan sistem ini di beberapa jenis layanan drive thru di Indonesia berikut ini. 

Resto

Layanan drive thru satu ini memang sudah cukup terkenal. Khususnya di tempat makan fast food bernama McD dan KFC. Keduanya menyediakan layanan drive thru di beberapa outlet yang ada di hampir semua daerah di seluruh Indonesia. Kamu bisa melihat tanda drive thru untuk resto atau outlet yang memang menyediakan layanan tersebut.

SAMSAT drive thru

Selanjutnya ada SAMSAT drive thru atau SIM drive thru. Keduanya merupakan layanan yang sama dengan tujuan pengurusan administrasi dan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan maupun lima tahunan. Informasi mengenai letak SAMSAT drive thru di kota kamu bisa didapatkan melalui pusat informasi online resmi milik kepolisian di daerah kamu. 

SAMSAT drive thru adalah tempat untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor dan pengurusan STNK baru sebagai tanda bukti pembayaran yang harus kamu miliki. Layanan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban sebagai pemilik kendaraan dan membayarkan pajak kendaraan bermotor rutinnya. 

Untuk memudahkan proses, kamu bisa menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu dan diletakkan ke dalam sebuah map atau tempat. Sehingga nanti saat mengurus pajak kendaraan bermotor, kamu tidak terburu-buru. 

Supermarket

Tidak hanya tempat makan atau resto, sekarang sudah tersebar supermarket dan minimarket yang menyediakan layanan drive thru. Pada layanan ini kamu bisa memesan berbagai barang yang umumnya tersedia di supermarket dan minimarket. Beberapa supermarket bahkan juga sudah menambahkan menu minuman hangat, minuman dingin, makanan ringan dan snack lainnya. 

Dengan adanya jasa layanan supermarket drive thru, kamu bisa belanja bulanan dengan menyebutkan barang-barang apa saja yang kamu butuhkan ke petugas dan menunggu di mobil sampai pesanan kamu terima. Pastikan kamu melakukan pengecekan ulang saat pesanan tersebut telah sampai, ya. 

ATM

Disusul dengan adanya sistem drive thru yang ada di sektor perbankan. ATM drive thru disediakan untuk pengendara motor dan mobil dengan lebar jalan yang telah disesuaikan. Sama seperti konsep dasarnya, ATM drive thru ini berbentuk area dengan beberapa mesin atm di dekat jalur yang bisa dilalui. Sehingga kamu hanya perlu mendatangi mesin atm tersebut dan melakukan transaksi meskipun tidak turun dari kendaraan. 

Keberadaan ATM drive thru ini tidak jarang berada tidak dalam satu lingkup area kantor bank tersebut. Kamu bisa mencari tahu letak keberadaan ATM drive thru di daerah kamu secara online. 

Car wash

Cuci mobil robotik merupakan salah satu layanan drive thru untuk mobil

Cuci mobil robotik merupakan salah satu layanan drive thru untuk mobil

Terakhir, sistem drive thru juga sudah tersedia di beberapa penyedia jasa cuci mobil. Car wash drive thru ini bisa mempersingkat waktu yang biasanya bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Selain itu kamu tidak perlu meninggalkan mobil, sehingga kamu perlu melewati beberapa titik mulai pembersihan menggunakan sabun, penyikatan mobil hingga pembilasan menggunakan air. 

Waktu layanan drive thru

Waktu buka layanan drive thru di setiap penyedia akan berbeda-beda. Beberapa mengikuti jam buka resto, supermarket, atau kantor utama dari penyedia layanan tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga ada drive thru restoran yang buka selama 24 jam. Salah satu contoh resto drive thru yang buka 24 jam yaitu restoran cepat saji McD.

Itulah informasi mengenai arti drive thru yang bisa kami bagi pada artikel kali ini. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika