Selasa, April 30, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Uji Tabrak All New Mitsubishi Triton Versi Australian NCAP, Raih Skor Tertinggi

by Tigor Sihombing
all new Mitsubishi Triton

All New Mitsubishi Triton meraih peringkat lima bintang, yang merupakan skor tertinggi dalam rangkaian test uji tabrak yang dilakukan oleh Australian New Cars Assessment Program (Australian NCAP). Pengumuman resmi Australian NCAP yang dirilis di situs resminya.

Dikutip Moladin di Jakarta, Selasa (16/4/2024), menyebutkan bahwa All New Mitsubishi Triton generasi ke-6 sukses meraih skor 86 persen dalam aspek perlindungan penumpang dewasa (AOP).

All New Mitsubishi Triton juga meraih 89 persen dalam aspek perlindungan penumpang anak-anak (COP), 74 persen untuk perlindungan pengguna jalan yang rentan, dan 70 persen untuk kelengkapan fitur keselamatan.

Menurut Australian NCAP, All New Mitsubishi Triton menawarkan perlindungan tinggi bagi pengemudi dan penumpang dewasa di kursi depan, serta penumpang anak-anak. Selain itu, desain gril dan bumper depan Triton juga mendapat nilai tinggi karena memberikan perlindungan ekstra bagi pejalan kaki dalam hal kecelakaan.

eksterior Mitsubishi Triton Gen-6 tampak belakang
Triton tampak belakang

Mitsubishi Motors memasang sejumlah fitur keamanan canggih di Triton, termasuk sistem pengereman darurat otonom (AEB) yang mampu mendeteksi dan merespons kendaraan lain, pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara sepeda motor dalam berbagai skenario. Triton juga dilengkapi dengan fitur peringatan kelelahan pengemudi yang sesuai dengan standar protokol Australian NCAP.

Baca juga  Peluncuran Mitsubishi Triton Terbaru di Indonesia, Catat Waktunya!

Mobil ini mulai dipasarkan di Australia pada akhir Februari 2024 dan dikabarkan akan segera hadir di Indonesia setelah diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Juli mendatang.

Atsushi Kurita, yang menjabat sebagai President Director PT Mitsubishi MItsubshi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), di sela-sela acara Iftar Ramadhan bersama Media di kawasan Senayan Jakarta 1 April 2024 mengungkapkan bahwa Mitsubishi Triton, akan segera memenuhi segmen pasar double cabin telah berhasil didaftarkan dan mendapatkan persetujuan.

“Seiring dengan peluncuran tersebut, PT MMKSI juga akan melakukan serangkaian uji pasar di berbagai sektor, termasuk pertambangan dan perkebunan di Indonesia,” katanya beberapa waktu lalu saat gelaran buka puasa bersama media otomotif.

Spesifikasi All New Mitsubishi Triton

Mengacu pada spek Mitsubishi Triton baru di Thailand, mobil ini hadir dengan dimensi 5.320 mm panjang, 1.865 mm lebar, 1.795 mm tinggi, dan jarak sumbu roda sebesar 3.130 mm. Dibanding model sebelumnya, Triton baru menunjukkan peningkatan signifikan dari segi dimensi, menjadi lebih panjang 55 mm, lebih lebar 115 mm, dan lebih tinggi 35 mm.

Baca juga  Review Mitsubishi Triton Double Cabin, Mesin Mantap dan Fitur Canggih!

Tidak hanya itu, ruang kabin yang lebih luas, dengan tambahan 50 mm, memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang. Selain itu Mitsubishi All New Triton membawa mesin diesel baru berkode 4N16 yang merupakan jantung mekanis yang tangguh. Dengan kapasitas 2.442 cc, dilengkapi dengan intercooled turbocharged, dan teknologi DOHC, mesin ini menawarkan performa maksimal yang luar biasa.

Pada spek mesin type tertinggi menghasilkan tenaga sebesar 204 PS pada 3.500 rpm, serta torsi mencengangkan sebesar 470 Nm pada rentang 1.500-2.750 rpm.

Triton terbaru juga menawarkan opsi output tenaga yang lebih rendah dengan mesin yang sama. Opsi tersebut mencakup torsi sebesar 430 Nm pada 2.250-2.500 rpm dan tenaga 184 PS pada 3.500 rpm. Selain itu, opsi dengan tenaga terendah tetap memberikan performa yang cukup impresif, dengan tenaga sebesar 150 PS pada 3.500 rpm dan torsi 330 Nm pada rentang 1.500-3.000 rpm.

Mitsubishi Triton Gen-6 interior
Interior Triton tampil lebih modern

Sementara itu, terkait harga, bocoran harga Triton terbaru di Thailand menunjukkan angka sekitar 1.027.000 Baht atau sekitar Rp 450.514.000 untuk varian tertinggi. Namun, harga di Indonesia kemungkinan akan berbeda dan tentu saja tidak semurah di Thailand.

Baca juga  Team Mitsubishi Juara AXCR 2022, Pakai Triton!

Saat ini, varian termahal Mitsubishi Triton di Indonesia, yakni Ultimate AT Double Cab 4WD, telah mencapai harga sekitar Rp 513 juta. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa generasi terbaru Triton akan ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi lagi di Indonesia, mungkin mencapai kisaran Rp 600 jutaan untuk varian tertinggi.

Demikian ulasan terkait hasil Uji Tabrak All New Mitsubishi Triton. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika