Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Rifat Sungkar Siap Bawa Mitsubishi Ralliart Bangkit di AXCR Thailand 2022!

by Tigor Sihombing
AXCR Thailand 2022

Dalam event AXCR Thailand 2022, Rifat Sungkar akan melewati tantangan dengan melibas lintasan rally sepanjang 1.700 km. Ada pun jadwal yang ditentukan dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) dimulai tanggal 21 dan berakhir pada 26 November 2022.

Tim balap Mitsubishi Ralliart nantinya akan menurunkan tiga tim, dan Rifat akan bertindak sebagai pembalap utama yang didampingi Co-Driver Chupong Chaiwan, asal Thailand. Keduanya, akan mengendarai dua mobil reli Mitsubishi Triton di kategori Grup T1 yang merupakan prototipe kendaraan lintas alam.

Meski begitu, pembalap kebanggan Indonesia yang sudah malang melintang di lintasan balap seperti Asia Pacific Rally Championship (APRC) dan World Rally Championship (WRC) tersebut mengaku AXCR Thailand 2022 adalah pengalaman pertama untuk dirinya. 

“Mengikuti AXCR Thailand 2022 merupakan suatu kesempatan besar dalam hidup saya karena ini tidak disangka. Balapan ini seperti paris Dakar versi Asia, ini long distance rally yang butuh keakuratan dan komunikasi. Biasanya biasanya saya reli 200 kilometer di setiap reli. Sekarang akan jalan 1.700 kilometer. Saya belum pernah ikuti ajang ini. Bicara menang-kalah, saya sudah menang karena sudah mewujudkan mimpi saya,” kata Rifat dalam jumpa pers di bilangan Jakarta, Black Stone Garage pada 1 November 2022.

Baca juga  Mazda BT-50 Bermesin 1.900 cc Siap Dijual di Indonesia

Bicara kendaraan yang digunakan, Mitsubishi Triton untuk AXCR Thailand 2022 juga telah dibuat seapik mungkin. Ubahannya mengacu pada laman Mitsubishi Thailand, kaki-kaki menggunakan CUSCO fully-adjustable dan rem ENDLESS 4 piston. Sedangkan untuk traksi lebih gigit, dipasangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang keluaran CUSCO. Bannya tentu pakai model off-road dari Yokohama GEOLANDAR M/T G003 265/70R17. Velg mobil tersebut pakai WORK Alluminium 17 inch.

Tim Mitsubishi Ralliart Sempat Absen 10 Tahun

AXCR Thailand 2022

Mitsubishi Triton yang dipakai Rifat Sungkar di AXCR 2022

Untuk balap kali ini, Rifat Sungkar akan berlaga tanpa beban. Terlebih menurutnya, Tim Mitsubishi Ralliart telah absen selama 10-12 tahun kemarin, dengan demikian target kembali ke kancah kompetisi balap motorsport sebenarnya sudah tercapai.

“Ini artinya ada satu kebangkitan besar, semangat Mitsubishi bahwa kita punya produk yang bisa dikembangkan untuk kompetisi. Sedangkan untuk target pribadi, sama sebenarnya, berangkat itu targetnya menang, kalau tidak menang gak usah berangkat. Menang yang saya maksud, kita datang ke sini bukan dengan kelas kendaraan paling atas tapi production car. Asal hasilnya bisa diaplikasikan itu sudah baik,” tambah Rifat.

Baca juga  Mitsubishi L300 Euro 4 Terbaru, Boleh Minum Solar Subsidi?

Artinya Rifat berharap dalam event balap ini bisa mengahasilkan produk kendaraan Mitsubishi yang terbaik untuk konsumen, dengan mengacu pada riset dari hasil balap nanti. 

“Saya dipasangkan denhgan navigator Mr Pong dan dia sudah 15 tahun AXCR. Jadi ini baru banget buat saya, tim baru, mobil baru, game baru. Tapi saya percaya ini bisa jadi confidence saya , terutama bisa berada dalam satu event yang kompetitif. Target jangan ketinggian tapi bisa berikan yang terbaik,” tutup Rifat.

Demikian ulasan terkait AXCR Thailand 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika