3 Keunggulan Honda ADV 150, Yamaha NMAX Kudu Waspada!

Moladin – Pada event GIIAS 2019, Honda benar-benar membuat gebrakan dengan melansir motor terbarunya Honda ADV 150 yang benar-benar sedot perhatian. Matic genre adventure terbilang langka di Tanah Air.

Pada hari pembukaan GIIAS, Kamis (18/7) motor ini sudah mejeng di booth Honda. PT Astra Honda Motor (AHM), kali ini benar-benar mewujudkan mimpi calon konsumen yang hobi menjelajah layaknya turun di ajang Rally Dakar.

ADV 150 bisa jadi musuh berat buat Yamaha NMAX, dari sisi harga pabrikan logo kepak sayap melegonya dengan harga mulai dari Rp 33,5 juta untuk tipe CBS-ISS dan Rp 36,5 juta untuk tipe ABS-ISS (OTR Jakarta). Inilah tiga hal yang menjadi daya tarik Honda ADV 150, simak selengkapnya.

 

Karakter Kaki-Kaki Mencerminkan Matic Adventure

Pertama lihat Honda ADV 150, tidak bisa dipungkiri jika siapapun orang yang ada disekitar pasti langsung terpincut. Apalagi jika langsung membandingkan antara Honda ADV 150 dengan Honda X-ADV 750, yang kebetulan ada disebelahnya saat dipamerkan.

Secara kasat mata, desain keduanya tidak ada yang bergeser. Mulai dari bodi depan hingga belakang dengan desain yang futuristic dan manly. Namun perbedaan baru terasa pada saat lihat bagian suspense depan juga belakang.

Honda ADV 150 dilengkapi sokbreker depan tipe teleskopik, sedangkan X-ADV 750 sudah Up side-down. Begitupun bagian belakang, dua suspensi merek Showa tipe tabung terhubung ke lengan ayun serta rumah CVT. Sementara saudaranya andalkan monosok karena pemindah dayanya menggunakan rantai gir.

3-keunggulan-honda-adv-150Kejamnya trek diredam double sokbreker Showa | Foto: Contributor Moladin

Pun bicara soal handling. Performa matic ini rasanya bakal sama dengan saudaranya itu. Pasalnya Honda ADV 150 menggunakan profil ban yang mirip pada lingkar roda yang berbeda. Ban depan pasang ukuran 14 inci, lalu belakangnya aplikasi ring lebih kecil 13 inci. Tapi tapak ban lebih lebar yaitu ukuran 130/70-13 buat belakang dan 110/80-14 buat ban depan.

 

Matic Nyaman dan Kokpit Mudah Dibaca

Saat coba naik di atasnya, aroma adventure nampak begitu menyengat. Terutama saat menggenggam grip gas di ujung setang telanjang yang modelnya lebar khas motor petualang.

Begitupun saat memposisikan tubuh pengendara ke arah setang, jok dengan tinggi 795 mm serta pijakan kaki. Buat pemilik tubuh dengan spek minimal berpostur tinggi 170 cm terlihat begitu nyaman.

Asyiknya lagi saat berkendara sambil sekilas mengintip kokpit panel speedometer full digital. Selain nyaman karena memiliki pelindung atau pet, fitur-fitur menarik pada peranti yang juga mirip saudaranya itu ternyata sangat mudah membacanya.

3-keunggulan-honda-adv-150Ruang lega, area kokpit mudah dipantau | Foto: Contributor Moladin

Tak hanya itu, motor khas petualang tersebut juga di dukung penyimpanan barang yang memadai. Belum lagi matic dengan fitur pengaman keyless dan charger ponsel, dimaksimalkan windshield yang bisa di setting secara manual dengan begitu mudahnya.

Lalu buat Moladiners, yang benar-benar hobi turing, gak usah khawatir kehabisan bensin di jalan. Meskipun memiliki bagasi cukup besar, tapi tangki bensin matic ini benar-benar luar biasa lantaran memiliki volume besar yaitu 8 liter.

 

Mesin Jago Di Akselerasi Khas Motor Adventure

Mesin 150cc yang diusung adalah tipe 4–Tak, SOHC, eSP, Idling Stop System dengan system suplai bahan bakar PGM–FI. Namun jika melihat data spesifikasi mesin yang memiliki rasio kompresi 10.8 : 1, rasanya motor big matic ini berasa mantap pada akselarasi.

3-keunggulan-honda-adv-150Mesin jago di akselerasi khas motor adventure | Foto: Contributor Moladin

Begitupun saat motor ini sudah bergasing di kecepatan tinggi. Terbaca dari data motor yang memiliki daya Maksimum  10,7 kW (14,5 PS) / 8.500 rpm. Dengan Torsi Maksimum 13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm.

Namanya juga motor ber-genre adventure, dimana trek yang dilalui sudah pasti berbagai medan. Otomatis tarikan awal lebih dimanjakan. Bisa jadi opsi buat yang suka petualangan nih Moladiners.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *