by

3 Keunggulan Honda ADV 150, Cek Sebelum Beli!

Keunggulan Honda ADV 150 – Lahirnya Honda ADV 150 benar-benar sebuah gebrakan di pasar otomotif Indonesia. Motor matik bergaya adventure ini hadir tanpa lawan sepadan.

Tidak percaya? Lihat saja Yamaha Nmax dan Aerox yang lebih bergaya sportif. Begitu pula motor-motor matik 150 cc. lain, seperti Honda Vario 150. Cuma ADV 150 yang berani tampil beda dengan mengusung aura adventure.

Dengan gaya beda tersebut, tentunya para penikmat touring dan konsumen yang ingin tampil gagah bakal tergiur dengan ADV 150. Hanya saja, apakah motor matik ini layak dibeli? Apakah aura adventure cuma ada di tampilannya saja?

Untuk jawaban lengkapnya, simak keunggulan Honda ADV 150 berikut ini:

3 Keunggulan Honda ADV 150

1) Karakter Kaki-Kaki Mencerminkan Motor Matik Adventure

keunggulan honda adv 150
Kejamnya trek diredam double shockbreaker tabung merek Showa | Foto: Kontributor Moladin

Keunggulan Honda ADV 150 yang pertama adalah bagian kaki-kaki. Motor matik ini pakai profil ban dengan ukuran depan dan belakang berbeda, persis motor-motor adventure kebanyakan.

Roda depan pakai ukuran 14 inci, lalu belakangnya aplikasi ring lebih kecil 13 inci. Ban depan dibuat tidak terlalu lebar, hanya pakai 110/80-14 inci supaya motor mudah dikendalikan.

Khusus ban belakangnya pakai desain lebih lebar 130/70-13. Efeknya motor jadi lebih stabil saat diajak berkendara.

Pola tapak ban yang besar dan tebal di Honda ADV 150 juga mendukung ketika melaju di berbagai medan jalan. Motor jadi tidak mudah selip, walau memang kemampuan offroad tidak bisa terlalu berat.

Ingat, habitat aslinya tetap di jalan aspal. Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah lewat penggunaan pelek palang, bukan jari-jari. 

Soal kaki-kaki, saudara Honda PCX 150 ini juga terlihat lebih kekar serta jenjang. Di depan memang pakai gaya teleskopik, namun di bagian belakang sudah pakai jenis tabung. Hadirnya suspensi tabung, menjadikan bantingan saat melewati jalan bergelombang lebih berkualitas.

2) Desain Mirip Honda X-ADV 750 Jadi Keunggulan Honda ADV 150

Beralih ke tampilan keseluruhan, Honda ADV 150 tidak bisa dipungkiri mirip sang kakak X-ADV 750. Para desainer motor matik ini juga mengatakan bahwa desain sang adik meniru kakaknya. Alhasil kesan big bike begitu terasa.

Baca juga  Prosedur Kredit Yamaha Xmax, Super Mudah!

Secara kasat mata, desain keduanya tidak ada yang bergeser. Mulai dari bodi depan hingga belakang dengan desain yang futuristic dan manly. Namun perbedaan baru terasa pada saat lihat bagian suspensi depan juga belakang.

Honda ADV 150 dilengkapi sokbreker depan tipe teleskopik, sedangkan X-ADV 750 sudah upside down. Begitupun bagian belakang, dua suspensi merek Showa tipe tabung terhubung ke lengan ayun. Sementara sang kakak andalkan monosok. 

Kemiripan lain tampak lewat penggunaan windshield tinggi. Masing-masing ketinggiannya juga dapat diatur secara manual.

Tabel Spesifikasi Dimensi Honda ADV 150

Panjang X Lebar X Tinggi 1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Jarak Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Curb Weight 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )

Baca juga:

3) Motor Matik Nyaman dan Kokpit Mudah Dibaca

keunggulan honda adv 150
Ruang lega, area kokpit mudah dipantau | Foto: Kontributor Moladin

Saat coba naik di atasnya, aroma adventure nampak begitu menyengat. Terutama saat menggenggam grip gas di ujung setang telanjang yang modelnya lebar, khas motor petualang.

Begitupun saat memposisikan tubuh pengendara ke arah setang, jok dengan tinggi 795 mm serta pijakan kaki. Buat pemilik tubuh dengan spek minimal berpostur tinggi 170 cm terlihat begitu nyaman.

Asyiknya lagi saat berkendara sambil sekilas mengintip kokpit panel speedometer full digital. Fitur-fitur menarik pada peranti yang juga mirip X-ADV 750 itu ternyata sangat mudah terbaca. Inilah keunggulan dari Honda ADV 150.

Secara desain, panel instrumen itu berbentuk kotak besar. Di dalamnya ada berbagai informasi yang ditunjukkan dalam indikator berwarna putih, sementara latar pakai biru gelap.

Baca juga  Harga Rp 19 Jutaan, Begini Spesifikasi Honda Scoopy

Informasi panel instrumen tersebut mulai dari kecepatan, konsumsi bahan bakar, volt meter, temperatur udara, odo meter, trip meter, jam, tanggal, dan lain-lain. Kehadiran volt meter sangat penting untuk mengetahui tegangan aki, pasalnya ADV 150 sudah tidak pakai kick starter.

Jadi satu-satunya cara mengaktifkan motor ini dengan tombol electric starter. Maka dari itu, kamu harus rutin mengecek tegangan aki lewat volt meter supaya motor bisa diaktifkan saat dibutuhkan.

Keunggulan Fitur-Fitur Honda ADV 150

Motor matik dengan tampilan adventure tersebut juga didukung fitur yang sangat fungsional. Sebut saja untuk penyimpanan barang, sangat memadai. Dashboard motor ini memiliki kompartemen tertutup untuk meletakkan sekaligus mengisi daya smartphone.

Kemudian di bawah jok, ada bagasi luas berukuran 28 liter.  Bagasi itu mampu menampung helm full face dan berbagai peralatan berkendara lain.

Belum lagi, Honda memberinya dengan fitur keamanan keyless. Hadirnya keyless bisa mencegah maling, lantaran terintegrasi dengan immobilizer. Fitur tersebut mampu memastikan cuma remote pabrikan saja yang dapat diidentifikasi untuk mengaktifkan mesin motor.

Fitur lain yang tersedia adalah sistem pencahayaan full LED. Lampu LED membutuhkan daya listrik yang sedikit dibanding bohlam biasa. Meski demikian pendaran cahayanya mampu memberikan visibilitas berkendara yang baik, tertutama saat malam hari.

Keunggulan Honda ADV 150 selanjutnya ada di pengereman. Kedua rodanya sudah pakai cakram. Pabrikan berlambang sayap pun memberi opsi anti-lock braking system (ABS) untuk konsumen yang bersedia membayar lebih.

Guna ABS, mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu diharapkan pengendara masih bisa mengendalikan motor, sehingga terhindar dari potensi kecelakaan.

Baca juga;

Baca juga  Harga, DP dan Simulasi Kredit Yamaha Lexi di Moladin

Mesin Punya Pengaturan Beda, Lebih Khas Adventure

Mesin Honda ADV 150
Mesin punya torsi besar khas motor adventure | Foto: Kontributor Moladin

Sesuai namanya, Honda ADV 150 pakai mesin 150 cc. Jantung mekanis tersebut punya konfigurasi satu silinder, 4–Tak, SOHC, dan berpendingin cairan. Ada pula berbagai teknologi tersemat, seperti eSP serta suplai bahan bakar PGM–FI.

Bila melihat sekilas, memang motor ini pakai mesin serupa dengan Honda PCX 150. Basisnya sama, tapi ada beberapa hal yang menjadikannya beda. Sebut saja filter udara dengan ukuran lebih besar, injektor, dan knalpot yang lebih menukik ke atas.

Semua itu diklaim membuat Honda ADV 150 lebih menyenangkan untuk dorongan akselerasi awal. Dilihat dari spesifikasi, torsinya lebih besar dibanding PCX.  ADV 150 bisa menyemburkan tenaga maksimal 10,7 kW (14,5 PS) / 8.500 rpm. Dengan Torsi Maksimum 13,8 Nm / 6.500 rpm. 

Pakai konfugrasi seperti itu, supaya motor matik ini lebih asik untuk bermain di jalan dengan aspal yang tidak rata. Putaran mesin bawah dan menengahnya juga lebih mantap. 

Ada pula teknologi idling stop sytem (ISS), kegunaannya mampu menghemat konsumsi bahan bakar. Cara kerja ISS dengan menonaktifkan mesin otomatis saat motor berhenti. Bila pengendara ingin mengajaknya jalan lagi, cukup putar selongsong gas maka mesin otomatis aktif.

Tabel Spesifikasi Mesin Honda ADV 150

Sistem Suplai Bahan Bakar PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah 57,3 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi 10,6 : 1
Daya Maksimum 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Apakah kamu setuju dengan keunggulan Honda ADV 150 yang kami beberkan? Atau jangan-jangan kamu punya versi sendiri? Kalau iya, tulis keunggulan versi kamu itu di kolom komentar ya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru