Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

9 Mobil Listrik Cina Raih Lima Bintang Euro NCAP Sepanjang 2023

by Ivan
9 mobil listrik Cina raih bintang 5 Euro NCAP

Sepanjang tahun 2023, Euro NCAP telah melakukan uji tabrak terhadap 17 mobil. European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) merupakan program penilaian kinerja keselamatan mobil dengan berbagai standarisasi dan pengujian yang ditetapkan di wilayah Eropa.

Hasilnya cukup mengejutkan karena nyaris 50% dari mobil-mobil yang dites Euro NCAP tahun ini, sembilan di antaranya adalah mobil listrik Cina.

Hal ini menjadi bukti jika pabrikan Cina sangat ingin membuktikan kinerja mobil-mobilnya untuk calon konsumen di Eropa. Nah salah satu brand mobil paling banyak meloloskan mobilnya meraih lima bintang Euro NCAP ialah BYD.

BYD Dolphin, BYD Seal, BYD Seal-U (Song Plus), dan BYD Tang lolos bintang 5 Euro NCAP

BYD Dolphin, BYD Seal, BYD Seal-U (Song Plus), dan BYD Tang lolos bintang 5 Euro NCAP

Ada empat mobil BYD yang lolos keamanan terbaik Euro NCAP yakni BYD Dolphin, BYD Seal, BYD Seal-U (Song Plus), dan BYD Tang. Lima lainnya ialah mobil Xpeng G9, Xpeng P7, Nio EL7 (ES7), Nio ET5 dan Smart # 3 yang sah memakai arsitektur Geely SEA dan part Geely.

Meski BYD jadi yang terbanyak meloloskan mobil-mobilnya. Sorotan utama justru Nio ET5 yang menjadi kendaraan teraman berdasarkan Euro NCAP melampaui Volkswagen ID.7. Berikit hasil singkat hasil uji tabrakan mobil listrik Cina dari terendah sampai yang tertinggi.

1. Xpeng G9

Xpeng G9 lolos Euro NCAP

Xpeng G9 lolos Euro NCAP

Xpeng G9 diluncurkan di Eropa bulan September 2023. Mobil ini diuji coba oleh Euro-NCAP dan mendapatkan lima bintang. Xpeng G9 meraih skor tertinggi pada kategori Penghuni Dewasa dan Penumpang Anak-anak dengan 85%. Juga meraih persentase 78% pada segmen Pengguna Jalan Rentan dan Bantuan Keselamatan.

Baca juga  Harga Jaguar I-Pace di Indonesia, Semahal Apa?

2. BYD Tang

BYD Tang telah dijual di Norwegia sejak tahun 2021 dan dijual di seluruh Eropa sejak tahun 2022. Dalam uji tabrak Euro-NCAP, ia mengumpulkan lima bintang, dengan skor yang sama sebesar 87% di segmen Penumpang Dewasa dan Penumpang Anak-anak. SUV ini memperoleh 80% pada segmen Pengguna Jalan Rentan dan 73% pada segmen Safety Assist. Euro NCAP menyebutnya sebagai pemain bintang lima yang stabil.

3. Xpeng P7

Xpeng P7 adalah sedan listrik Cina yang diperkenalkan di Eropa pada tahun 2023. Ini sebenarnya adalah versi facelift dari model yang dijual di Cina dengan nama P7i. Mobil ini mendapat skor tertinggi di segmen keselamatan Penumpang Dewasa dengan 87%. Mobil ini juga menerima angka serupa sebesar 81% pada kategori Peenumpang Anak-anak dan Pengguna Jalan Rentan. Sementara skor di segmen Safety Assist, Xpeng P7 mendapat 78%.

4. BYD Seal-U

BYD Seal-U lolos Euro NCAP

BYD Seal-U lolos Euro NCAP

BYD Seal-U merupakan SUV baru Eropa yang akan memasuki pasar pada tahun 2024. Ia diperkenalkan kepada pecinta otomotif Eropa pada IAA Mobility 2023 di Jerman. Di Cina, mobil ini dijual dengan nama Song Plus EV. Seal-U mendapat persentase 90% di segmen Penumpang Dewasa dan 85% pada kategori Penumpang Anak. Untuk kategori Segmen Pengguna Rentan dan Bantuan Keamanan, hasil pengetesan Seal-U masing-masing memperoleh 83% dan 77%.

Baca juga  Hyundai Buka Pemesanan Ioniq 6, CBU dan Harganya Bikin Kaget!

5. BYD Seal

BYD Seal diluncurkan di Eropa pada September 2023. Bahkan BYD secara meyakinkan memasukan Seal baru-baru ini ke pasar Amerika Utara untuk menyaingi Tesla Model 3. Seal mendapat skor tertinggi dalam kategori Penumpang Dewasa, dengan 89%. Di segmen keselamatan Penumpang Anak memperoleh 87%. Pada kategori Pengguna Jalan Rentan, Seal mendapat 82% dan skor 76% di segmen Safety Assist.

6. BYD Dolphin

BYD Dolphin diluncurkan di Eropa pada tahun 2023. BYD Dolphin versi Eropa berbeda dengan versi domestik. Ini lebih besar dan dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dan e-motor yang lebih bertenaga. BYD Dolphin mendapat 89% pada kategori Penumpang Dewasa. Di segmen Penumpang Anak memperoleh 87%. Segmen Pengguna Jalan Rentan membawa Dolphin meraih 85% dan mendapat 79% pada kategori Safety Assist.

7. Nio EL7

nio EL7 euroncapNio EL7 adalah SUV kelas menengah dan kelas atas dengan baterai yang dapat ditukar. Di Cina, ia dijual dengan nama ES7. Namun, Nio terpaksa mengganti namanya oleh Audi agar tidak mempengaruhi kepentingan pelanggan Audi di Eropa. EL7 mendapat skor tertinggi di segmen Penumpang Dewasa dengan 93%. Pada kategori Penumpang Anak mendapat 85%. SUV ini mendapat 80% di segmen Pengguna Jalan Rentan. Dan hasil Safety Assist-nya adalah 78%.

Baca juga  100 Wuling Air ev untuk Official Car di KTT AIS Forum 2023, Pakai Baju Baru!

8. Smart #3

Smart #3 dikembangkan dan diproduksi oleh Geely tetapi ditata oleh Mercedes-Benz. Ini lebih merupakan mobil Cina daripada mobil Jerman. Dalam uji tabrak E-NCAP, skornya 90% di segmen Penumpang Dewasa. Hasil kategori Penumpang Anak sebesar 86%. Kinerja keselamatan Smart #3 pada segmen Pengguna Jalan Rentan meraih 84% dan segmen Safety Assist mendapat 85%.

9. Nio ET5

Nio ET5 jadi kendaraan teraman berdasarkan Euro NCAP melampaui Volkswagen ID.7

Nio ET5 jadi kendaraan teraman berdasarkan Euro NCAP melampaui Volkswagen ID.7

Seperti disebutkan, Nio ET5 tampaknya menjadi kendaraan Tiongkok teraman yang dinilai oleh Euro NCAP pada tahun 2023. Ini adalah model liftback listrik kelas atas dengan baterai yang dapat ditukar. Mobil ini meraih skor 96% di segmen Penumpang Dewasa. Performa kategori Penumpang Anak sebesar 85%. Liftback ini mendapat 83% pada segmen Pengguna Jalan Rentan. Dan kategori Active Safety mendapat 81%.

Terkait Keselamatan Orang Dewasa, Nio ET5 jadi yang terbaik dari sembilan mobil Tiongkok yang dinilai Euro NCAP pada tahun 2023. BYD Dolphin, Seal, dan Tang memiliki keselamatan Penumpang Anak terbaik. BYD Dolphin meraih hasil terbaik di antara sembilan mobil China di segmen Pengguna Jalan Rentan. Dan Smart #3 menduduki peringkat teratas dalam kategori Safety Assist.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika