Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Modifikasi Truk Isuzu Elf NMR 81 Tampil Beda Modal Rp 120 Juta

by Ivan
Modifikasi truk towing tampil lebih modis

Tren modifikasi truk kini berkembang lebih atraktif. Tidak sekadar tulisan di bak belakang ataupun modal klakson basuri bersuara lantang saja tapi belakangan digarap lebih proper.

Salah satunya ialah modifikasi truk towing dari Semarang berbasis Isuzu Elf NMR 81. Truk towing milik Denny Suwignyo ini tampil beda dengan sederet perubahan pada bodi plus penambahan fitur-fitur pendukung.

Modifikasi truk Isuzu Elf NMR 81 milik owner bengkel Titanium di bilangan Jalan Puspowarno Tengah, Semarang Barat ini diberi nama Kartika. “Kami melihat, bentuk atau aerodinamika dari sebagian truk towing sangat monoton. Berbeda dengan angkutan truk-truk jaman sekarang yang lebih apik,” buka Denny.

Tampilan modifikasi truk towing Kartika dari belakang

Tampilan modifikasi truk towing Kartika dari belakang

“Karena itu, kami berusaha membuat terobosan baru dengan desain truk yang lebih menguatkan aerodinamika dan memakai sedikit livery berbeda. Sehingga mengikuti desain kekinian seperti trend truk yang tidak pada umumnya,” tambahnya.

Seluruh proses pengerjaan modifikasi truk towing ini digarap Karosesi Kerja Keras Kita (K3) Semarang, yang dikenal sebagai karoseri resmi khusus truk towing.

Ubahan pada bagian samping

Ubahan pada bagian samping

Hasilnya truk ini terlihat lebih modern memancarkan aura ala truk-truk Eropa dengan paras simpel namun terlihat mewah dan elegan. “Kartika kami buat setelah melalui riset kurang lebih 6 bulan. Hal ini untuk mendapatkan aerodinamika truk towing modern namun tetap memperhatikan aspek safety. Agar sesuai dengan aturan pada surat keterangan rancang bangun (SKRB) dari Kementerian Perhubungan,” urai Denny.

Baca juga  Rahasia Desain dan Perawatan Kendaraan Komersial Isuzu

List Modifikasi

Modifikasi truk towing Kartika angkut G-Class

Modifikasi truk towing Kartika angkut G-Class

Denny cukup puas dengan hasil akhir pengerjaan modifikasi truk miliknya. Terlebih ubahan pada truk towing Kartika ini sudah ditambahkan sederet part-part modifikasi fungsional.

Mulai dari spion, Kartika mencomot spion milik bus Mercedes-Benz. Dengan spion berukuran gambot, driver bisa dengan leluasa kondisi di sisi kanan dan kiri truk dengan nyaman.

Ubahan bodi sepenuhnya handmade dan rancangan dari bengkel Titanium milik Denny sendiri. Sementara tambahan lain mencakup lampu sirine dari Strobo, Winch VR EVO 12 Gen 3 dari Warn berkekuatan angkut/tarik hingga bobot 5,5 ton.

Winch VR EVO 12 Gen 3 dari Warn

Winch VR EVO 12 Gen 3 dari Warn

“Untuk plat-plat, landasan tarik untuk mobil/motor yang akan diangkut kita pakai bahan-bahan tebal terbaik semua. Untuk biaya (modif) kurang lebih Rp 120 juta,” tutup Denny.

Dengan spesikasi serta faktor keamanan yang demikian, tak heran jika Kartika sekarang dipercaya PT. Marcedes-Benz Distribution Indonesia untuk mengangkut unit-unit yang terjual untuk diantar kepada pemiliknya.

Spesifikasi Truk Isuzu Elf NMR 81

Isuzu Elf NMR 81 punya tenaga standar 150 PS

Isuzu Elf NMR 81 punya tenaga standar 150 PS

Truk Isuzu Elf NMR 81 dilepas PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) pertengahan tahun 2021 merangsek segmen truk ringan di Indonesia. Salah satu yang menjadi sorotan diawal kemunculannya ialah potensi tenaga yang dimiliki.

Baca juga  Rahasia Desain dan Perawatan Kendaraan Komersial Isuzu

Isuzu Elf NMR 81 didukung mesin diesel commonrail berkapasitas 4.778 cc dengan keluaran tenaga mencapai 150 PS pada putaran 2.600 rpm plus semburan torsi 402 Nm mulai putaran 1.400-2.600 rpm. Dengan klaim kecepatan maksimal bisa menggapai 104 km/jam.

Dimensi truk Isuzu Elf NMR 81 memiliki panjang 6.000 mm, lebar 1.990 mm, dan tinggi mencapai 2.310 mm. Dengan bobot mencapai 8 ton lebih, truk yang juga tersedia dalam tipe bodi Tipper ini memiliki ground clearance setinggi 200 mm

Dengan sederet potensi yang dimiliki, truk Isuzu Elf NMR 81 bisa digunakan untuk beragam kebutuhan niaga seperti terjun di bidang konstruksi, mining, pertanian, perkebunan, ataupun mengangkut hasil perikanan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika