Selasa, Mei 21, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Isuzu Skill Competition 2024 Adu Keterampilan Mekanik dan Partman, Ada Kategori SMK Lho!

by Ivan
Isuzu Skill Competition 2024 ajang adu keterampilan mekanik

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali menggelar Isuzu Skill Competition 2024 yang merupakan ajang bergengsi untuk para After Sales diler Isuzu di seluruh Indonesia.

Isuzu Skill Competition 2024 (ISC) kembali digelar secara luring dan dikompetisikan berjenjang mulai dari tingkat bengkel, seleksi tingkat diler, hingga ke tingkat nasional. Hasilnya pelaksanaan ISC ke-26 mampu mendapatkan respon yang positif dari para peserta di seluruh diler Isuzu yang tersebar di Indonesia.

Yusak Kristian Solaeman – President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, bahwa selain kategori untuk mekanik dan partman, tahun ini juga ditambahkan kategori baru untuk SMK.

“Langkah ini menunjukkan komitmen Isuzu dalam memaksimalkan pengembangan pengetahuan dan keterampilan SDM di tingkat SMK. Isuzu juga telah secara aktif melaksanakan program-program seperti Isuzu Education Partner, Pembekalan Wawasan Dunia Kerja, Praktek Kerja Industri, dan lainnya, untuk turut serta memajukan pendidikan SMK di Indonesia,” ujar Yusak Kristian di Jakarta.

Uji keterampilan mekanik, partman hingga calon mekanik dari kelas SMK perlu ditingkatkan untuk menyelaraskan pencapaian Isuzu yang terus bertumbuh sepanjang tahun 2023.

PT IAMI klaim market share Elf mencapai 25.9%, bertumbuh 0.8% di tahun 2023
PT IAMI klaim market share Elf mencapai 25.9%, bertumbuh 0.8% di tahun 2023

PT IAMI mengklaim jika di tahun 2023, market share Elf mencapai 25.9%, bertumbuh 0.8% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, market share Giga mencapai angka 17.0%, bertumbuh 4.0% dari tahun sebelumnya.

Pangsa pasar Isuzu Traga juga mencatatkan pencapaian yang baik dengan mencapai angka 41.7%, bertumbuh sebesar 1.5% dari tahun sebelumnya. Pencapaian penjualan yang baik tersebut tentunya dapat tercapai dengan dukungan after sales yang kuat, yang dapat dilihat dari pencapaian service share CV Isuzu yang mencapai angka 53.8%.

Baca juga  Dipimpin Elf, Market Share Isuzu Melejit di Kuartal 1 2024 Naik 31,4%

Pencapaian yang luar biasa tersebut juga tak lepas dari usaha keras jajaran diler dalam menjalankan strategi bisnis CV serta adanya kesadaran akan pentingnya sinergi yang baik antara Sales, Service, dan Spare Part (Triple Action Strategy).

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa peran After Sales pada bisnis CV sangatlah penting. Dibutuhkan manpower berkompetensi tinggi untuk mampu menuntun Isuzu mencapai visinya. Oleh karena itu, melalui Isuzu Skill Competition ini, harapannya dapat menjadi wadah bagi team After Sales untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme serta dapat mewujudkan tujuan world class people baik untuk mekanik, partman, dan juga SMK,” tambah Yusak Kristian.

Pemenang Isuzu Skill Competition 2024 Berpeluang ke Jepang

Pemenang Isuzu Skill Competition 2024 berpuluang berkompetisi di Jepang
Pemenang Isuzu Skill Competition 2024 berpuluang berkompetisi di Jepang

Yohanes Pratama – Director of Business Solution PT. IAMI mengatakan sangat senang sekali melihat antusiasme dari seluruh partisipan. Acara ini tidak hanya menjadi momen yang penting untuk merayakan dedikasi tim After Sales Isuzu, tetapi juga menjadi kesempatan untuk showcasing keterampilan luar biasa bagi tim After Sales Isuzu.

Isuzu Jepang juga memiliki pemahaman yang sama akan hal ini dan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi After Sales. Dalam mendukung hal tersebut, Isuzu Jepang akan melanjutkan I-1 Grand Prix untuk kategori LCV pada November 2024 dan CV pada Mei 2025. Pemenang kompetisi Isuzu Skill Competition tahun ini berkesempatan untuk mewakili Indonesia pada I-1 Grand Prix berikutnya.

Baca juga  Rahasia Desain dan Perawatan Kendaraan Komersial Isuzu

“Selama bertahun-tahun, Indonesia memiliki reputasi yang baik dalam I-1 Grand Prix, secara konsisten menduduki peringkat teratas. Mari bersama-sama bekerja keras dalam beberapa bulan mendatang untuk memenangkan kompetisi tersebut,” ujar Yohanes.

Yohanes menambahkan, dengan adanya ISC 2024, harapan Isuzu bisa menggapai kompetensi dan kualitas lebih tinggi dalam layanan aftersales. Didukung seluruh ekosistem Isuzu, terjadi deliver value proposition “Fast & Easy Process” dengan baik, sehingga dapat menghasilkan keunggulan kompetitif yang kuat.

ISC ke 26 turut dihadiri oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik Indonesia sebagai bentuk kolaborasi antara dunia industri dan pendidikan.

“Kami sangat senang mendengar Isuzu mengadakan program ISC yang diselenggarakan setiap tahun dan sudah lama program ini dijalankan karena peserta terutama para pelajar di SMK bisa lebih paham soal kondisi di dunia kerja yang sesungguhnya,” ujar Wulan Aprilianti selaku Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Yusak Kristian Solaeman – President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia
Yusak Kristian Solaeman – President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia

Sementara Uuf Brajawidagda Plt Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik Indonesia sangat mengapresiasi program ISC yang diselenggarakan oleh Isuzu selama puluhan tahun.

Baca juga  Pasang Piggyback di Motor Injeksi, Ubah Bagian Ini Biar Lebih Ngacir!

“Pendidikan vokasi ini lebih intens masuk ke dunia kerja nyata. Ini bagus karena siswa-siswi SMK bisa semakin adaptif dan saya harap semua ini bisa dieskalasi dengan yang lainnya,” kata Uuf.

Daftar Pemenang Isuzu Skill Competition 2024

Pemenang Siswa SMK ISC 2024

Juara 1: Pinaka Riyan Dika – SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kab. Semarang – (Zirang Isuzu Salatiga)
Juara 2: Moh Zaenal Arif – SMK Putra Pangkalan Bun – (Borneo Isuzu Sampit)
Juara 3: Ibni Fairuz Juma – SMKN 55 Jakarta – (Karabha Isuzu Jakarta)

Pemenang Kategori Partman

Juara 1: Agus Priyanto – Asco Isuzu
Juara 2: Albert Putra Kumambong – Astra Isuzu Jateng
Juara 3: Zufardin Muhammad – Astra Isuzu Jatim

Pemenang Kategori Mekanik

Juara 1: Arif Warsito – Tunas Isuzu
Juara 2: Yudi Prayogo – Zirang Isuzu
Juara 3: Oki Maryono – Astrido Isuzu

Simak Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika