Friday, February 3, 2023
Banner

MPV Listrik MG Mifa 9, Siap Menantang Alphard!

by Firdaus Ali
MG Mifa 9

Lebih banyak dikenal sebagai produsen SUV, kini MG menghadirkan MPV terbarunya bernama Mifa 9. Bukan di Indonesia, tapi di India Auto Expo 2023.

Walau demikian, spesifikasinya tetap menarik untuk dibahas, lantaran MG merupakan merek yang juga jualan mobil di Indonesia. Jadi bukan tidak mungkin pasar otomotif Tanah Air akan kebagian unit di masa depan. Terlebih pasar MPV premium di Indonesia punya penggemar yang cukup banyak, terbukti dengan larisnya Toyota Alphard.

Kehadiran MG Mifa 9, bukanlah pertama kalinya merek Inggris tersebut menampilkan MPV. Sebelumnya pernah ada MG 360M. Hanya saja bedanya untuk Mifa 9 punya spesifikasi yang lebih premium. Kemudian menggunakan sumber tenaga baterai sepenuhnya alias mobil listrik.

Sesungguhnya MPV MG elektrik ini bukanlah mobil yang benar-benar baru. MG mengandalkan basis dari saudaranya yang berada di bawah naungan raksasa otomotif asal Cina, SAIC yaitu Maxus G90. Jadi soal spesifikasi dan kemewahannya tidak perlu diragunkan lagi.

Oleh karena platformnya mengambil dari SAIC, maka bisa jadi kedepannya bukan MG yang jualan Mifa 9 di Indonesia. Ada pula kemungkinan Wuling. Pasalnya MG dan Wuling sama-sama berada di bawah payung SAIC. Hal tersebut pun pernah terjadi dengan MG Hector di India, yang ketika masuk Indonesia berubah namanya menjadi Wuling Almaz.

Baca juga  Toyota Innova Zenix Resmi Meluncur di Indonesia, World Premiere!

Eksterior MG Mifa 9

eksterior mg mifa 9 - tampak belakang

MG Mifa 9 memiliki dimensi eksterior bodi dengan panjang hingga 5,27 meter

MG Mifa 9 mempunyai desain eksterior yang elegan khas mobil MPV premium. Di mana hal itu bia terlihat dari banyaknya aksen krom yang disuguhkan.

Pada bagian depan terlihat perpaduan headlamp LED dengan bumper yang besar dengan lekukan yang apik. Kemudian, dibagian ujung kap mesin disematkan list krom. Tak hanya itu saja, dibagian ujung bawah bumper juga terdapak garis dengan aksen krom yang menjulur dari sisi kiri ke kanan.

Di bagian samping nyatanya juga tak luput dari aksen krom. Terlihat bagian bawah pintu geser elektrik dan pilar jendela juga ada garis aksen krom.

Pada bagian belakangnya, MG Mifa 9 menampilkan desain lampu yang bergaya horizontal menyambung dari kiri ke kanan. Tak lupa dibagian bawah bumper dan samping lampu juga disematkan aksen krom.

Oh ya, untuk menunjang penampilannya agar lebih eksklusif, pada bagian kaki-kaki Mifa 9 menggunakan velg alloy yang diperkirakan mempunyai dimensi 19 inch. Sementara bannya pakai 235/55.

Baca juga  5 Masalah Nissan Elgrand E52, Mirip Elgrand E51

Dikutip dari laman Carwale, secara keseluruhan mobil elektrik MPV dari Cina ini mempunyai dimensi panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.840 mm.  Jika disejajarkan dengan para rivalnya, dimensi dari Mifa 9 itu lebih panjang 325 mm dan lebih lebar 150 mm dari Toyota Alphard. Kemudian jika dibandingkan dengan dimensi Kia Carnival, mobil MPV premium ini lebih panjang 155 mm dan lebih lebar 15 mm.

Interior MG Mifa 9

interior mpv mg mifa 9 - jok belakang

Jok MG Mifa 9, sangat nyaman (sumber; Youtube Faisal Khan)

Sementara itu untuk interiornya MG Mifa 9 sangat eksklusif. Di mana pada ketika masuk ke dalam kabin, terasa premium. Total konfigurasi joknya cuma bisa untuk 6-orang dengan 2+2+2. Jok tengah terasa paling nyaman, lantaran punya dimensi paling besar. Ada pula fitur-fitur kenyamanan seperti meja lipat, monitor untuk hiburan di masing-masing jok, serta pijakan kaki.

Oh ya, seperti pada umumnya mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) premium, MG Mifa 9 juga telah mengadopsi panoramic sunroof. Alhasil kesan lapang dan mewah terpancar dari dalam kabin interiornya. Fitur kenyamanan lainnya adalah 12 speaker yang menjamin telinga pengemudi dan penumpang akan dimanjakan saat mendengar musik. Jika melihat spesifikasi interior MG Mifa 9 ini, dapat dipastikan Toyota Alphard kalah mewah.

Baca juga  Periklindo Electric Vehicle Show 2022, Catat Tanggalnya!

Kemudian bagian dashboard MPV elektrik ini tampak sangat modern dengan layar besar yang terintegrasi dari kiri ke kanan. Soal warna interior, pakai kombinasi terang putih dan abu-abu.

Terkait kapasitas bagasi untuk meletakkan barang. MG Mifa 9 diklaim mampu menampung hingga 466 liter.

Performa MG Mifa 9

interior mpv mg mifa 9 - dashboard

MPV listrik MG Mifa 9, interiornya sangat modern

Setelah tahu spesifikasi eksterior dan interior MPV MG Mifa 9, bagaimana dengan performa mobil listrik ini? Di atas kertas, MG memberinya kapasitas baterai besar mencapai 90 kW. Maklum, bodinya juga bongsor, jadi butuh sumber energi listrik yang banyak.

Kemudian untuk performa motor elektrik dari Mifa 9 bisa melontarkan torsi puncak 350 Nm dan tenaga maksimal 244 PS. Sementara untuk jarak tempuhnya dari kondisi baterai penuh, bisa melaju sejauh 530 Km.

Hingga saat ini, MG Mifa 9 hanyalah sebatas mobil yang dipamerkan di India. Belum ada informasi soal penjualannya secara massal. Walau demikian, hal tersebut menjadi bukti bahwa merek kendaraan Cina punya banyak senjata yang menarik untuk memikat pasar otomotif di mana saja.

Moladiners, itulah ulasan mengenai MG Mifa 9. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika