by

Biaya Pasang Sarung Jok Mobil, Sesuai Selera

Biaya pasang sarung jok mobil beragam. Semua itu tergantung dari material bahan yang dipakai, model, serta jumlah jok atau kursi di mobilnya.

Mayoritas pemilik mobil mengalami bosan dan ingin mengganti sarung joknya agar tampilan interior lebih fresh. Namun ada juga yang memasang sarung jok mobil dari awal mobil datang dari diler, alasannya agar sarung jok asli bawaan pabrik tidak kotor.

Umumnya pasang sarung jok mobil ada dua jenis cara pemasangannya, yaitu permanen dan semi permanen. Cara permanen memang jarang dilakukan, sebab sarung jok bawaan mobil akan dilepas terlebih dahulu baru kemudian dipasang sarung jok yang sesuai pemilik mobilnya.

Cara yang kedua adalah semi permanen. Cara ini yang kebanyakan dipilih pemilik mobil saat ingin memperbarui sarung jok mobilnya. Sebab, semi permanen hanya akan memasang sarung jok yang sudah terbentuk polanya dan bisa dicopot kapan saja.

“Kebanyakan konsumen pilih yang semi permanen, karena mereka khawatir sarung jok bawaan mobilnya malah rusak kalau dibongkar pasang jahitannya,” terang Yono, mekanik bengkel spesialis jok mobil di kawasan Cirendeu (15/10/2021).

Jenis kain sarung jok mobil umumnya ada lima macam, kulit asli, kulit sintetis premium, kulit sintetis, semi kulit, dan fabric atau kain. Nah penggunaan material yang berbeda juga akan berpengaruh terhadap harga.

Baca juga  5 Tips Beli Honda Civic FD Bekas, Jangan Menyesal!

Agar kamu dapat gambaran, berikut bahasan biaya pasang sarung jok mobil:

Biaya pasang sarung jok mobil berdasarkan jenis bahannya

  • Kulit sintetis

biaya pasang sarung jok mobil

Biaya pasang sarung jok mobil yang pertama adalah jika menggunakan jenis bahan sintetis. Bahan sintetis banyak digandrungi oleh pemilik mobil yang ingin tampil beda.

Pasalnya, harga yang dipatok untuk biaya pasang sarung jok mobil dengan kulit sintetis dibanderol kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 2 jutaan. Terjangkau bukan?

“Biaya pasang sarung jok mobil dengan memakai kulit sintetis kisaran Rp 800 ribu hinga Rp 1 jutaan untuk mobil sedan. Sedangkan untuk mobil dengan jok tiga baris seperti Avanza atau Xpander biayanya kisaran Rp 1,3 juta hingga Rp 2 jutaan.

  • Kulit sintetis premium

biaya pasang sarung jok mobil

Biaya pasang sarung jok mobil dengan menggunakan bahan material kulit sitetis premium sedikit lebih mahal dari kulit sintetis. Ada dikisaran Rp 2,5 jutaan untuk mobil sedan alias dua baris. Sedangakn untuk jok tiga baris dibanderol kisaran Rp 3,5 jutaan

Sebab meski sama-sama jenis kulit sintetis, untuk bahan sintetis premium lebih tebal serta warna lebih awet dan tidak mudah pudar. Selain itu juga pilihan warnannya beragam.

  • Fabric

biaya pasang sarung jok mobil

Jenis bahan fabric umumnya digunakan sebagai sarung jok mobil bawaan dari pabrik, seperti Toyota Avanza. Untuk biaya pasang sarung jok mobil menggunakan jenisbahan fabric ada dikisaran Rp 2 jutaan.

Baca juga  Segini Besaran Biaya Turun Mesin Mobil, Jangan Kaget!

“Jarang ya konsumen berniat mengganti sarung jok mobilnya dengan jenis bahan fabric. Meskipun ada biasanya konsumen yang membawa sendiri jenis bahan fabricnya. Sebab bahan fabric yang orisinil lebih mahal untuk mobil-mobil tertentu seperi Mercy Tiger,  bisa sampai Rp 12 jutaan untuk  bahannya saja, kalau ongkos pemasangannya kisaran Rp 3 juta untuk mobil sedan,” tambah Yono.

  • Kulit asli

biaya pasang sarung jok mobil

Biaya pemasangan sarung jok mobil dengan menggunakan bahan kulit asli tentu harganya lebih mahal, dimulai dari kisaran Rp 5 jutaan untuk mobil sedan. Penentuan harga selain jumlah jok mobil, tentunya juga merek dan warna. Umumnya yang memakai jenis bahan kulit asli akan melakukan pemasangan sarung jok secara permanen.

“Jenis bahan kulit asli ada beberapa, seperti merek Autoleder buatan Jerman dengan beberapa pilihan varian. Seperti Autoleder Catania, Autoleder Dakota dan Autoleder Monza,” kata Yono

Selain itu, untuk sarung jok mobil kulit asli ada juga merek Starhides dan Mastrotto.

Tips sebelum ganti sarung jok mobil

  • Sesuaikan budget

biaya pasang sarung jok mobil

Sebelum mengganti sarung jok mobil, ada baiknya siapkan budget sesuai kemampuan dan pilihan jenis bahan sarung joknya.

Baca juga  5 Pilihan Merek Alarm Mobil yang Bagus untuk Kamu

“Kalau mobilnya kelas menengah ke atas ya bagusnya pakai kulit asli. Kecuali mobil-mobil umum seperti Avanza atau Xpander, pakai kulit sintetis juga masih enak dilihatnya,” tambah Yono.

  • Pilih warna yang senada

Selera orang memang tidak bisa disalahkan. Namun agar terlihat lebih fresh dan elegan, baiknya sesuaikan warna sarung jok mobil yang akan dibeli dengan warna doortrim atau dashboardnya.

“Idealnya warna yang senada dengan warna doortrim atau dashboardnya. Namun ada juga pemilik mobil yang ingin tampil beda dengan memilih warna menyala alias kontras dengan dashboard atau doortrimnya,” jelas Yono.

  • Pilih bengkel spesialis jok terpercaya

Pemilihan bengkel spesialis jok mobil sangat berpengaruh dalam hasil dan harganya. Dalam beberapa kasus, ada beberapa bengkel spesialis jok mobil yang menawarkan harga murah untuk biaya pasang sarung jok mobil. namun setelah dipasang, belum ada satu tahun sarung sudah mulai robek atau warna memudar.

“Jangan asal pilih bengkel spesialis jok mobil yang menawarkan harga di bawah pasaran. Selain menggunakan bahan material yang tidak berkualitas, jahitannya juga kurang bagus dan rapi,” tutup Yono.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya pasang sarung jok mobil. untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru