Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bukan Digoreng, Harga Suzuki Jimny 3 Pintu Diproyeksi Naik

by Ivan
Suzuki Jimny

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 benar-benar menjadi panggung bagi Jimny 5 pintu yang resmi dihadirkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Meski sampai saat ini varian Suzuki Jimny 3 pintu juga masih dijual resmi.

Yang mengejutkan harga resmi Suzuki Jimny 5 pintu sudah dirilis resmi mulai Rp 462-478,6 juta. Meski sayangnya di lapangan, praktik uppring price alias goreng harga yang dilakukan oknum sales nakal sempat bikin harga Jimny 5 pintu melejit di kisaran Rp 550 jutaan.

Lebih menarik lagi, hal yang sama juga bakal dialami pada harga Suzuki Jimny 3 pintu yang diproyeksi naik meski dengan alasan berbeda.

Suzuki Jimny 5 pintu konsep camping

Suzuki Jimny 5 pintu konsep camping

Seperti kita ketahui bersama, Suzuki Jimny kini ditawarkan dalam dua ‘rasa’ di pasar Indonesia. Salah satunya ialah versi 5 pintu yang baru diluncurkan dengan status CBU dari Maruti Suzuki India, sedangkan yang lainnya memiliki konfigurasi 3 pintu asli CBU dari Jepang.

Terlepas dari hangatnya isu goreng-menggoreng harga Jimny 5 pintu. Antusiasme pecinta Jimny pada model 3 pintu juga tidak terbantahkan hingga kini dan membuat harganya terus melambung memasuki akhir Februari 2024 ini.

Baca juga  Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur 2022, Jadi Hybrid?

Terlebih dengan terpuruknya kurs rupiah terhadap dolar AS dalam beberapa tahun biikin harga mobil impor menjadi lebih mahal. Faktanya PT SIS bahkan sudah 2 kali mengoreksi naik harga Suzuki Jimny 3 pintu hingga kini. Bersaing dengan deretan importir umum yang berlomba-lomba menjual mobil ini dengan status NOS (New Old Stock) dan harga yang tinggi tentunya.

Test drive Suzuki Hybrid

Test drive Suzuki Hybrid

Terkait gelapnya harga Jimny 3 pintu ini, tim Moladin sudah pernah mengonfirmasi langsung pihak Suzuki Indonesia.

“Jimny 3 pintu masih dijual, untuk indennya sampai saat ini di beberapa warna (tertentu) mungkin 1 sampai 1,5 bulan. Tergantung pengurusan BBNKP di wilayah setempat. Tapi di beberapa warna seperti Kinetic Yellow atau Jungle Green, memang level permintaannya masih tinggi sehingga estimasi (inden) bisa 3 sampai 4 bulan,” kata Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS, (1/2).

“Harga jimny 3 pintu gelap itulah yang terjadi dalam mekanisme pasar. Pasar yang menentukan (harga) karena tidak terjadi balancing antara supply and demand. Jadi demandnya sangat tinggi tapi supplainya sangat rendah sehingga mengakibatkan mekanisme pasar upping (price),” kilah Harold.

Baca juga  Suzuki Jimny 5 Pintu Siap Mengaspal Pertengahan Januari 2023, Lebih Gagah!

Bahan Baku Naik, Harga Suzuki Jimny 3 Pintu di Jepang Naik, Indonesia…?

Harga Suzuki Jimny 3 Pintu diproyeksi naik

Harga Suzuki Jimny 3 Pintu diproyeksi naik

Berdasarkan situs Suzuki Jepang, tercatat bahwa Jimny sudah mengalami sedikit perubahan spesifikasi untuk memenuhi standar regulasi. Hal ini berlaku untuk Jimny 660cc dan versi 1.5 liter yang disebut Jimny Sierra.

Seiring dengan perubahan yang dilakukan untuk keperluan regulasi, Suzuki Jepang mengatakan bakal ada revisi harga yang disebabkan oleh kenaikan harga bahan baku.

Di seluruh jajaran model Jimny di Jepang, kenaikan harga rata-rata berkisar di bawah 100.000 Yen atau sekitar Rp 10,4 juta. Hal tentu menimbulkan pertanyaan Apakah Jimny 3 pintu diimpor utuh dari Jepang akan mengalami kenaikan harga juga tahun ini ?

Harga Suzuki Jimny 3 pintu yang dijual di Indonesia sendiri terbagi 4 berdasarkan varian. Pertama ada Suzuki Jimny MT (Single Tone) berbanderol Rp 443,9 juta, kemudian ada Suzuki Jimny AT (Single Tone) dengan banderol Rp 457,5 juta.

Suzuki Jimny 3 pintu tampil ikonik

Suzuki Jimny 3 pintu tampil ikonik

Dua varian lain ialah model dua warna terdiri dari harga Suzuki Jimny MT (Two Tone) dijual seharga Rp 446,9 juta dan Suzuki Jimny AT (Two Tone) dengan banderol Rp 460,5 juta.

Baca juga  Peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu di GIIAS 2023?

Namun berkaca pada kenaikan harga bahan baku Jimny di Jepang, bukan tidak mungkin pelan tapi pasti akan kembali ada koreksi harga Suzuki Jimny 3 pintu tanpa perlu digoreng-goreng oleh oknum sales. Intinya hanya fans setialah yang akan tetap berharap mendapatkan mobil ikonik ini dengan sederet keunggulan yang dimilikinya.

Pasalnya bagi kami, Suzuki Jimny 3 pintu jauh lebih memorable dan lebih pas jadi collector item. Hadir sebagai Jimny generasi keempat dengan kiprah menginjak separuh abad, mobil ini tetaplah warisan abadi bagi mereka pecinta mobil 4×4 yang legendaris dan bisa diandalkan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika