Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Chevrolet Aveo Gen-3 Hadir, Wuling Alvez Versi Hatchback?

by Firdaus Ali
Chevrolet Aveo Gen-3

Chevrolet Aveo Gen-3 resmi debut untuk pasar Mexico. Mobil merek Amerika ini hadir dengan pilihan dua model: sedan dan hatchback. Menariknya lagi, diduga kuat basis yang digunakan oleh Aveo terbaru serupa dengan Wuling Alvez.

Yup, brand Chevrolet memang mendapat respon positif di pasar otomotif Mexico. Sebelumnya, mobil ini hadir dengan model sedan, dan kali ini hadir dengan pilihan hatchback. Berbanding terbalik dengan Indonesia, di mana Aveo lebih dikenal sebagai mobil hatchback.

Chevrolet Aveo Gen-3 ini diproduksi hasil kolaborasi perusahaan SAIC-GM-Wuling di Cina. Jadi tidak aneh kalau kami yakin bahwa basisnya adalah Wuling Alvez. 

Soal tampilan eksterior, Chevrolet Aveo 2023 hadir dengan aura modern. Hal itu bisa terlhat dari garis-garis body yang tegas berpadu dengan headlamp halogen segi empat dengan sudut tajam, LED DRL serta bumper dan grill yang diberikan aksen garis krom terlihat apik.

Bagian samping juga menarik untuk diperhatikan, utamanya jendela pintu yang desainnya tajam mengecil ke arah belakang. Sementara untuk bagian belakangnya juga hadir dengan lekukan garis tegas meyesuaikan perpaduan keseluruhan bentuk mobil, beberapa menyebut bagian belakang mirip dengan kepunyaan Audi A3 dari sisi lampu dan bumpernya.

Oh ya, untuk Chevrolet Aveo Hatchback ditawarkan dengan warna khusus, yaitu “Hello Yellow”. Di mana warna kuning yang diusung terlihat lebih eye catching.

Untuk Chevrolet Aveo model sedan, desain eksteriornya tidak seagresif model hatchback. Lekukan body terlihat lebih sederhana. Bagian grill terlihat mengusung desain yang sama dengan model harchback, namun untuk bumper desainnya lebih simpel yang dilengkapi dengan foglamp.

Bagian samping juga terlihat tidak ada garis dan lekukan body yang agresif. Dan untuk bagian belakangnya, Chevrolet Aveo Gen-3 model sedan terlihat menggunakan model lampu yang sama dengan Aveo Hatchback, terdapat list krom di atas tatakan plat nomor mobil, serta lubang knalpot dengan bentuk trapesium.

Interior Chevrolet Aveo 2023 Serupa Wuling Alvez

interior chevrolet aveo gen-3 - 2023

Dashboard, head unit, setir, dan tuas persneling Chevrolet Aveo 2023 persis Wuling Alvez

Masuk ke dalam bagian kabin interior, kedua model Chevrolet Aveo Gen-3 mengusung desain yang simpel pada bagian dashboardnya. Dimana terdapat head unit touchscreen berukuran 8 inchi yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta mendukung fitur mobil seperti kamera belakang untuk kebutuhan parkir.

Untuk mendukung kenyamanan penumpang, Chevrolet Aveo Gen-3 sudah dilengkapi dengan AC otomatis, 4 spiker sound system, kamera mundur dan sensor parkir. Sementara itu, untuk fitur keselamatan, semua trim sudah dilengkapi dengan 6 Airbags dan rem cakram.

Jika dilihat dari tampilan interiornya, kabin Chevrolet Aveo Gen-3 mirip dengan kabin interior dari Wuling Alvez. mulai dari bentuk setir, dashboard dan joknya. Hal ini wajar saja, sebab Chevrolet Aveo Gen-3 dibangun hasil kerjasama perusahaan SAIC-GM-Wuling di Cina.

Sama halnya dengan kabin interiornya, bagian mesin juga sama dengan Wuling Alvez yang baru saja meluncur di IIMS 2023. Yaitu jantung pacu Chevrolet Aveo Generasi ketiga ini mengadopsi mesin bensin berkubikasi 1.5-liter empat silinder yang dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT 6-percepatan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Chevrolet Aveo Gen-3 yang resmi debut di Mexico dengan dua model, Sedan dan Hatchback yang jika dilihat dari mesin dan kabin interiornya menggunakan basis Wuling Alvez. Soal harga, memang belum ada informasi resmi. Walau demikian, beberapa media otomotif di Mexico memprediksi bahwa Chevrolet Aveo terbaru dijual kisaran mulai 13,965 Dollar US atau kisaran Rp 215 jutaan.

Tentu menarik, kalau Aveo hadir di Indonesia lagi. Bukan tidak mungkin Wuling menjualnya untuk model hatchback atau sedan. Pasti akan menarik! Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika