by

Ducati XDiavel Black Star, Cruiser Paling Sporty

Motor cruiser anyar meluncur pada 2020, namanya Ducati XDiavel Black Star. Produk ini merupakan varian paling sporty yang dipunya oleh pabrikan asal italia tersebut.

Aura sporty muncul dari penggunaan kombinasi warna hitam, silver, dan merah. Cat hitam hadir di setengah tangki ke belakang. Sementara silver dimunculkan pada setengah tangki ke depan, termasuk kover lampu dan sepatbor.

Lalu yang membuat aura sporty semakin keluar, kemunculan aksen merah di beberapa komponen seperti tangki dan kover mesin bagian atas. Keistimewaan lain darinya, jok pakai bahan suede yang pasti membuat nyaman pengendara dan penumpang saat duduk.

Ducati XDiavel Black Star juga menggunakan pelek forged yang mampu mengurangi bobot motor hingga 2 Kg. Soal ukuran ban, di depan 120/70-17 inci dan belakang 240/45-17 inci. Merek karet bundar yang dipakai adalah Pirelli Diablo Rosso III.

“Varian XDiavel Black Star menunjukkan para penikmat motor sisi sporty dari cruiser Ducati, dengan livery dan peralatan yang terinspirasi mobil sport,” seperti dikutip dari rilis resmi yang Moladin terima.

Baca juga  Rekomendasi Motor 2 Silinder Murah untuk Harian

Mesin yang Lebih Bertenaga

ducati xdiavel black star
Model XDiavel 2021 sudah pakai mesin dengan standar Euro5

Selain punya tampilan sporty, Ducati XDiavel Black Star juga memiliki mesin anyar. Kini jantung mekanis berkubikasi 1.262cc miliknya sudah sesuai dengan standar emisi Euro 5.

Di samping lebih ramah lingkungan, performanya pun meningkat dari sebelumnya. Mesin itu bisa melontarkan torsi 127 Nm (13 kgm) pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 160 hp pada 9.500 rpm.

“Peningkatannya 8 hp dan 0,2 kgm dibanding mesin versi Euro 4,” tulis rilis Ducati.

Lebih istimewa lagi, 80 persen dari torsi puncaknya dihasilkan pada putaran mesin rendah atau sekitar 2.100 rpm. Ini berarti pengendara dengan mudah melaju santai, tanpa perlu sering-sering menurunkan gigi. Cukup pelan-pelan saja membuka gas bila mau berkendara rileks. Hal tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan para bikers impikan atas motor cruiser idaman.

Terkait fitur-fitur yang dipunya, Ducati XDiavel Black Star juga menunjang performa mesin tersebut. Ada Ducati Traction Control (DTC), riding modes, Bosch cornering ABS, cruise control, dan Ducati Power Launch (DPL).

Baca juga  Royal Enfield Meteor 350, Retro Canggih dan Murah!

Ada pula sistem pencahayaan full LED serta panel instrumen dengan layar TFT yang warna-warni. Menariknya lagi, panel instrumen tersebut bisa terkoneksi smartphone via Bluetooth.

Varian Ducati XDiavel Dark

ducati xdiavel dark 2021
Ini merupakan varian lain dari XDiavel yang pakai warna bodi hitam pekat

Selain Ducati XDiavel Black Star, pabrikan asal Italia tersebut juga meluncurkan varian lain yaitu XDiavel Dark. Ciri khasnya punya bodi warna hitam pekat. Pewarnaan seperti ini terinspirasi 20 tahun lalu, ketika Ducati Monster 600 Dark menggunakannya pada 1998.

Lalu soal mesin, tidak ada perbedaan antara kedua varian tersebut. Bisa dikatakan perbedaan cuma ada di pewarnaan saja.

Jadi mau pilih motor cruiser yang mana? XDiavel Black Star atau Dark? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Terbaru