Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ekspor Toyota Indonesia Awal 2023, Sebanyak Ini!

by Firdaus Ali
ekspor toyota awal semester 2023

Ekspor Toyota semester awal 2023 capai 139.581 unit di semester awal tahun 2023. Menariknya, dari angka tersebut ada Fortuner, Innova Zenix dan Agya serta model lain.

Gaikindo mencatatkan kinerja ekspor CBU sebanyak 248.004 unit periode Januari-Juni 2023. Dalam hal ini, Toyota Indonesia menyumbangkan 56,2% pencapaian kinerja dengan 139.581 unit kendaraan bermerek Toyota, yang termasuk di dalamnya HEV Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross.

Pencapaian ini juga melampaui perolehan kinerja ekspor pada periode yang sama di tahun sebelumnya (Januari – Juni 2022) sebesar 2,6% yaitu di angka 136.045 unit.

“Antusiasme dan apresiasi positif selama Januari hingga Juni 2023 terhadap kehadiran sejumlah lini kendaraan Toyota Indonesia, termasuk primadona baru Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang juga sudah dilengkapi dengan varian elektrifikasi, mencatatkan angka total produksi untuk kebutuhan pasar domestik dan internasional hingga lebih dari 30.500 unit. Pencapaian ini memacu semangat kami berinovasi serta meningkatkan daya saing SDM nasional untuk menghadirkan kendaraan berteknologi tinggi lainnya. Kedepannya, kami pun berupaya untuk berkontribusi pada target dekarbonisasi Pemerintah Indonesia dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan beragam kebutuhan pilihan kendarannya masing-masing,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam (31/8/2023).

Baca juga  Toyota Voxy Terbaru Sudah Datang, Meluncur di IIMS 2022?

Sebagaimana diketahui, dalam kondisi pemulihan ekonomi global, potensi kendaraan elektrifikasi menjadi daya tarik dan juga menjadi kebutuhan konsumen untuk dapat berkontribusi lebih besar bagi bumi yang lebih hijau. Secara bertahap, peningkatan teknologi kendaraan ICE yang lebih efisien bahan bakar hingga penggunaan kendaraan elektrifikasi, menjadi gaya hidup baru untuk mereduksi emisi dan mewujudkan kehidupan lebih baik bagi generasi di masa depan.

Saat ini, masyarakat Indonesia dan konsumen global sudah memiliki opsi lebih banyak untuk berpartisipasi nyata melalui kendaraan yang mengusung tingkat emisi CO2 rendah serta memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Berikut pencapaian ekspor TMMIN di semester awal 2023:

  • Tipe SUV (Fortuner, Rush, Raize): 78.102 unit
  • Tipe MPV (Kijang Innova, Kijang Innova Zenix, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz): 49.767 unit
  • Tipe Sedan, Hatchback, LCGC (Yaris, Agya, Yaris Cross): 11.712 unit

Sekilas Perjalanan Ekspor TMMIN

ekspor toyota semester awal 2023

Eksport Toyota semester awal 2023 naik 2,6%

Ekspor Toyota semester awal 2023 mencapai 139.581 unit. Jika menengok perjalanan awalnya, terhitung sejak tahun 1987 Toyota Indonesia menjadi salah satu pemimpin ekspor mobil dari Indonesia, dengan jumlah pengiriman hampir 2,5 juta unit ke lebih dari 100 negara.

Baca juga  Tips Beli Toyota Vios Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

Hal ini didukung oleh besarnya kapasitas produksi pabrik PT TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) yaitu 250 ribu unit per tahun. Beberapa pasar utama ekspor kendaraan bermerek Toyota, antara lain ke Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin, Oceania, dan Australia.

“Kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas pembinaan Pemerintah Indonesia di bidang sektor otomotif serta dukungan sarana infrastruktur yang optimal, sehingga kami dapat meningkatkan volume ekspor lebih baik pada tahun ini. Kami juga akan melakukan ekspansi negara-negara tujuan ekspor produk buatan SDM bangsa terutama ke Kawasan Afrika yang semakin berkembang,” pungkas Bob Azam.

Moladiners, itulah ulasan mengenai capaian ekspor Toyota semester awal 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika